Papan Karnaedis

Papan Karnaedis (Plank of Carneades) adalah sebuah cerita tentang sebuah kapal yang karam dan self-defense in relation to murder.

Diceritakan bahwa sebuah kapal tenggelam kemudian awak-awak kapal terlempar ke laut lepas, kemudian ada puing kapal yang mengapung di lautan itu. Seorang awak kapal A meraih puing tersebut agar tetap mengapung, kemudian datanglah awak kapal B yang juga berenang menuju puing tersebut untuk meraih puing yang sama dengan awak kapal A agar dirinya juga tidak tenggelam.

Sesampainya di puing tersebut, awak kapal A menampik tangan awak kapal B sehingga pegangan awak kapal B ke puing tersebut terlepas yang menyebabkan awak kapal B tenggelam dan kemudian meninggal dunia. Awak kapal A pun tetap terapung dan ditemukan oleh tim SAR, selamat sampai daratan. Papan Karnaedis, bukan merupakan pembunuhan namun adalah usaha menyelamatkan diri. Karena diyakini tindakan awak kapal A adalah tindakan survival.

Dalam hidup ini, kita tak jarang mengalami suatu situasi yang kurang lebih sama dalam situasi Papan Karnaedis. Sebuah dilema dalam menghadapi situasi, antara saya, anda, atau kita. Dan tak jarang pula hasilnya adalah, diri sendiri. Entah anda, atau saya. Namun itulah hakekat dari manusia, ego, ketika tidak bisa menyelamatkan orang lain dalam sebua situasi maka naluri manusia akan menyelamatkan diri sendiri daripada semua tak terselamatkan.

Konon, dunia ini kejam. Mungkin itu benar adanya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*