Cara Kerja GPS dan Penerapan Pada Smartphone

Seiring berkembangnya jaman, perangkat handphone tak lagi hanya mampu beroperasi untuk pesan singkat dan telepon. Namun dewasa ini, smartphone mulai menjamur di pasaran. Salah satu fitur yang dimiliki smartphone adalah GPS (Global Positioning System). Dengan software dan paket data yang tepat dari provider telekomunikasi, maka smartphone yang dilengkapi dengan fitur GPS mampu bekerja untuk memberikan informasi lokasi kita, menunjukkan arah tujuan yang kita kehendaki, dan dapat juga memberikan informasi tentang lokasi-lokasi di sekitar kita seperti hotel, SPBU, dan bahkan ATM.

Cara kerja GPS Receiver hampir sama dengan sinyal telepon, yaitu dengan menggunakan gelombang radio. Namun, tidak layaknya sinyal seluler yang menggunakan tower, GPS ini menggunakan 30 satelit yg saat ini berada di orbit bumi. Saat ini GPS hanya menggunakan 27 satelit, dan 3 satelit lainnya digunakan untuk backup apabila terjadi kerusakan satelit. Oleh karena itulah GPS lebih akurat dalam menunjukkan lokasi karena tidak terhalang oleh beberapa faktor penghalang seperti tower seluler.

Trilateration

Agar GPS dapat menentukan lokasi kita, paling tidak kita harus berada dalam jangkauan 3 satelit. Untuk menentukan lokasi secara akurat, penerima sinyal GPS menggunakan prinsip trilateration. Trilateration merupakan metode penentuan lokasi berdasarkan perpotongan tiga lingkaran. Titik hasil persinggungan ketiga bola inilah yang menjadi lokasi penerima sinyal GPS, atau dalam hal ini merupakan lokasi orang yang membawa alat penerima tersebut.

Dengan adanya GPS Receiver pada smartphone, maka handheld kita dapat berfungsi sebagai penunjuk jalan apabila bepergian dan arah yang ditunjukkan cukup akurat. Selain itu, dibeberapa handheld seringkali dijumpai perangkat GPS yg diintegrasikan oleh voice AI seperti Siri di iPhone, yang dapat membantu menemukan lokasi melalui suara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*