Raspberry Pi Zero, Hanya 5 US Dollar

Raspberry Pi Zero
Raspberry Pi Zero

Raspberry Pi, Generasi Awal

Raspberry Pi Zero hampir sama dengan produk-produk keluarga Pi lainnya. Ketika Raspberry Pi pertama kali diluncurkan pada tahun 2012, hal itu merupakan sebuah momen yang sangat revolusioner. Bukan karena kemampuan komputasinya, ya walaupun untuk sebuah PC seukuran KTP Raspberry Pi termasuk dalam kategori powerful, namun karena harganya yang hanya 25 USD yang sangat cocok untuk pembelajaran komputer.

Sekarang ini, Raspberry Pi Foundation dari Inggris membuat langkah baru dengan produk Raspberry Pi Zero, sebuah model Raspberry Pi yang lebih kecil dengan harga hanya 5 USD.

Raspberry Pi Zero

Raspberry Pi Zero tidak memiliki keyboard, layar, mouse, dan bahkan casing. Namun, ini merupakan sebuah komputer dengan fungsionalitas yang tinggi. Didukung dengan 1GHz Broadcom BCM2835 processor, RAM 512 MB, sebuah slot microSD, sebuah slot mini-HDMI, dan dua slot microUSB Рsatu untuk data, dan satunya lagi untuk power.

Raspberry Pi Zero
Raspberry Pi Zero

Dengan spesifikasi tersebut, dia lebih unggul dibanding dengan Raspberry Pi pertama yang hanya memiliki 700MHz prosesor dan RAM berukuran 256MB. Namun, Raspberry Pi Zero masih tetap dibawah Raspberry Pi 2 Model B keluaran Februari 2015 dengan 900 MHz quad-core prosesor dan ukuran RAM 1GB. Namun dengan dimensi 65mm x 30mm x 5mm, sejauh ini Raspberry Pi Zero menjadi Raspberry Pi paling kecil dalam jajaran anggota keluarga Raspberry Pi.

Namun sekali lagi, keunggulan utamanya adalah harga. Hanya dengan 5 USD, alih-alih untuk membeli pulsa paket internet, anda bisa mendapatkan sebuah mini PC tersebut. Bayangkan, dengan harga sebuah paket karaoke plus pemandunya, anda dapat membeli banyak komputer kecil ini dan membangun sebuah infrastruktur super komputer mini di rumah.

Introducing PIZERO from Raspberry Pi Foundation on Vimeo.


Di sisi software, Raspberry Pi Zero mengusung OS Raspbian, sebuah sistem operasi berbasis Debian Linux dan beberapa aplikasi seperti Scratch, Minecraft, dan Sonic Pi.

Mulai kemarin, beberapa retailer di Inggris meluncurkan diskon untuk mini PC ini. Jika anda ingin memilikinya, anda harus membelinya dengan cepat. Raspberry Pi Foundation telah membuat beberapa puluh ribu unit namun mereka mengharapkan permintaan pasar yang besar dalam waktu dekat.

Tertarik untuk membangun mini Bitcoin mining? Go get them.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*