Sumber Pemborosan Yang Tak Disadari

pemborosan
pemborosan

Banyak orang yang tidak ingin hidup boros. Jika Anda memiliki kebiasaan pemborosan, Anda akan mudah terjebak dalam kondisi terlilit utang dan sulit untuk mencapai berbagai tujuan finansial. Salah satu hal gawat yang bisa terjadi, adalah tidak bisa pensiun di hari tua karena tidak punya tabungan yang cukup sehingga harus bekerja seumur hidup.

pemborosan
pemborosan

Agar Anda bisa belajar untuk hidup hemat, sebaiknya Anda mengenal lebih dulu berbagai macam sumber pemborosan yang sering tidak disadari.

7 Sumber Pemborosan

1. Benda sekali pakai

Jika Anda membeli baju baru dan tidak pernah dipakai lagi untuk menghadiri suatu pesta atau perayaan, maka benda tersebut disebut benda sekali pakai. Atau, kalau Anda membeli banyak perabotan plastik yang tujuannya langsung dibuang setelah dipakai sekali, maka benda-benda tersebut juga termasuk benda sekali pakai.

Gunakan benda yang bisa dipakai berulang kali. Untuk baju, cobalah manfaatkan baju lama yang masih ada. Kalau memang ingin membeli baju baru, carilah baju yang kira-kira dapat digunakan lagi untuk momen-momen lain agar tidak terbuang percuma.

2. Email promosi diskon

Apakah Anda pernah subscribe di situs yang menawarkan kupon produk diskon? Jika Anda tipe orang yang sulit mengendalikan keinginan berbelanja, maka sebaiknya hindari berbagai email promosi penawaran kupon diskon tersebut dengan melakukan unsubscribe.

3. Spanduk diskon

Spanduk dan banner diskon juga mempermudah Anda untuk luluh terhadap godaan pemborosan. Hal ini mungkin sulit dihindari jika Anda sering melewati tempat belanja. Cobalah untuk membawa teman yang tidak mudah tergoda diskon dan promo lain agar Anda bisa diingatkan olehnya untuk tidak boros.

4. Pakai kendaraan untuk jarak dekat

Jika Anda memiliki keperluan di tempat lain yang jaraknya tidak jauh, jangan malas untuk berjalan kaki. Selain lebih sehat, Anda juga bisa menghemat dari biaya kendaraan umum ataupun biaya bensin. Selain itu, usahakan agar seluruh urusanmu beres dalam sekali jalan agar tidak membuang waktu untuk bolak-balik.

5. Sering makan di luar

Keseringan makan di luar rumah seperti restoran juga mudah membuat Anda terjebak dalam gaya hidup boros. Cobalah membuat variasi dengan memasak makanan bersama-sama di rumah teman atau pasangan untuk alternatif. Selain lebih hemat, memasak bersama juga lebih menyenangkan.

6. Biaya administrasi ATM dan transfer

Saat sedang kepepet sehingga Anda terpaksa menarik uang tunai dari ATM bersama, mungkin hal itu tidak masalah. Namun, kalau alasan Anda melakukannya hanya karena malas berjalan jauh untuk mengambil uang dari ATM bank Anda , sebaiknya kuatkan niatmu karena biaya administrasi ATM jika dikumpulkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan biaya yang lumayan.

Hal yang sama juga berlaku untuk transfer antar bank. Cobalah gunakan bank yang sama dengan bank pihak yang akan menerima transfer uang dari Anda jika memungkinkan. Misalnya saat belanja online, Anda bisa minta tolong melalui teman Anda yang punya rekening bank sama dengan pilihan bank yang disediakan toko online. Kemudian, Anda tinggal menggantinya sejumlah uang yang Anda transfer.

7. Pembayaran tagihan minimum

Bagi Anda yang pengguna kartu kredit, jangan biasakan untuk membayar tagihan dalam jumlah minimum karena hal itu akan menyebabkan Anda menunggak biaya bunga yang tinggi!

Gunakan kartu kredit dengan bijak agar Anda bisa tetap berhemat dan selalu lakukan pembayaran penuh. Jika Anda sedang mencari katu kredit yang tepat untuk kebutuhan Anda , manfaatkan situs pembanding produk keuangan populer.

Sumber : Okezone

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*