Macam Istilah Mainan Toys Diecast Online

Libero Toys
Libero Toys

Macam istilah mainan toys diecast online sangat beragam. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Libero Toys
Libero Toys
    • Mint dapat diartikan mulus/sama seperti bawaan pabrik
    • MIB  = Kependekan dari ‘Mint In Box’. Maksudnya adalah barang atau item yang dijual dalam kondisi ‘mint’ dan berada dalam kotak aslinya, namun bisa saja terdapat cacat pada box-nya seperti robek/ada bekas tergores/sobekan selotip/penyok atau lainnya. Atau mungkin seal asli dari pabriknya pernah dibuka untuk melihat isinya namun kemudian di-seal lagi. Jadi jangan marah kalau ada seller yang menjual barang dengan kondisi MIB tapi box-nya ngga perfect.
    • MISB = Mint In Sealed Box. Ini grade-nya lebih tinggi dari MIB. Memiliki arti bahwa baik item maupun box-nya berada dalam kondisi mint/perfect. Seal pertama dari pabriknya tidak pernah dibuka sama sekali.
    • MOC = Mint On Card. Sama seperti MIB, namun box diganti dengan kata ‘card’. Maksud dari ‘card’ ini adalah cara packaging dari figur-figur barat di mana ada bagian ‘papan’ dari karton dan untuk membungkus isinya menggunakan mika (contohnya Hot Wheels, Johnny Lightning, Matchbox, dll). ‘Card’ ini juga ada yang menyebutnya ‘blister’.
    • MOSC = Mint On Sealed Card. Sama juga seperti MISB, ‘card’ maupun isi barangnya sama-sama baru.
    • NRFB = Never Removed From Box. Sama seperti artinya, yaitu barangnya tidak pernah dikeluarkan dari box sehingga belum pernah dipegang-pegang oleh siapapun. Istilah ini jarang digunakan seller di Indonesia.
    • NOS = New Old Stock. Istilah yang juga jarang dipakai seller di Indonesia. Artinya adalah barang ini merupakan barang lama, yang karena satu atau lain hal, baru diketahui oleh seller bahwa dia memiliki barang tersebut. Jadi kondisinya baru/mint tapi box-nya bisa saja penuh debu karena merupakan barang yang sudah disimpan sejak lama.
  • BIB = Back In Box. Sesuai artinya yang berarti dimasukan kembali ke box, biasanya si penjual hanya membuka figur ini sekali untuk dipajang beberapa saat namun setelah itu dikembalikan ke box aslinya. Biasanya untuk BIB ini hanya figurnya yang dipajang, namun aksesori masih tetap pada tempatnya. Walaupun pada dasarnya barang bekas, tapi BIB secara logika bisa dibilang kualitasnya lebih baik.
  • Blister

Blister adalah sebuah bentuk kemasan dalam penjualan sebuah diecast, dimana kemasan tersebut terdiri dari plastik bening dan kertas karton (card) yang di segel (heat seal coating), dimana dalam kemasan blister umumnya terdapat lubang yang memungkinkan diecast tersebut digantung. Contohnya adalah kemasan Hot Wheels.

Macam istilah mainan toys dan diecast online yang lainnya adalah :

Mint

Istilah para kolektor untuk menyebut die-cast dalam kondisi istimewa (seperti baru), namun tanpa kemasannya. Biasanya bekas pajangan, bukan bekas dimainkan.

 

Super Mint / Rare

Istilah para kolektor untuk menyebut die-cast dalam kondisi istimewa sekali (seperti baru) serta berada dalam kemasannya. Karena die-cast yang super mint susah didapat, sering juga disebut rare. Rare beda istilah dengan rare (langka) di Hot Wheels, misalnya Hotwheels Super Treasure Hunt. Rare-nya Hot Wheels karena memang dibuat dalam jumlah terbatas (sedikit).

Macam istilah mainan toys dan diecast online yang lainnya adalah :

Chip

Istilah ini dipakai untuk noda atau goresan berbentuk titik (bocel) pada mobil die-cast.

Macam istilah mainan toys dan diecast online yang lainnya adalah :

Scratch

Istilah ini dipakai untuk goresan berbentuk garis pada cat mobil die-cast.

Macam istilah mainan toys diecast online yang lain adalah :

Akrilik

Sejenis plastik/fiber berwarna bening biasanya dipakai untuk membuat rak die-cast. Atau ada juga die-cast yang dikemas menggunakan kotak akrilik supaya kelihatan lebih eksklusif.

– Blister : bungkusnya hotwheels

Macam istilah mainan toys dan diecast online yang lainnya adalah :

– AKTA : yg blisternya “AKTA” itu ada keterangan soal si mobil yg bersangkutan di belakang bungkusnya. Isinya baca post gw yg ada gambarnya itu ya. Gak ada istilah hotwheels tanpa akta itu palsu. Yg ada adalah blister hotwheels ber-akta hanya keluar di pasar amerika aja. Jadi yg beredar disini trus gak ada aktanya ya sama orinya dengan yg ber-akta.

Untuk para kolektor yg tetep nyimpen hotwheels di bungkus alias blister-nya gak di loose atawa di buka kaya’ ane, itu ada nilai tambah tersendiri. Hotwheels dengan blister ber-akta biasanya yg jual bukan toko maenan biasa. Karena mereka dapetinnya langsung import dari US sana.

Macam istilah mainan toys dan diecast online yang lainnya adalah :

– LOOSE : artinya blister udah dibuka. Ada yg masih disimpen ato langsung dibuang. Buat kolektor kategori yg suka nge-loose, akta ato gak akta ya sebodo teuing. Gak ngaruh buat mereka. Toh nilainya sama2 aja.

Macam istilah mainan toys dan diecast online yang lainnya adalah :

– Gantungan : kalo ini bener2 harafiah kok artinya gan. Harga gantungan ya berarti harganya sama kaya’ kalo di dapetin di toko2 maenan biasa. Kaya’ toys city, toys kingdom, etc.

Macam istilah mainan toys dan diecast online yang lainnya adalah :

super mint /rare : istilah para kolektor untuk menyebut diecast dalam kondisi istimewa (seperti baru)serta berada dalam kemasannyaaa,karna diecast supermint susah didapat maka sering disebut rare (langka) ,misalnya tomi merah,atau tomi box hitam,tomi limited.

Macam istilah mainan toys dan diecast online yang lainnya adalah :

first shot“, itu kondisi dimana mobil baru abis cetak, bener2 base keliatan dasarnya mulai dari exterior sampe interior. pokoknya abis cetak langsung digabung jadi 1, ga dikasih warna dulu.. nah first shot itu sama aja kayak zamac, cuma beda penyebutan

factory sealed“,  itu terdiri dari satu paket edisi tertentu lengkap yg digabung dalam 1 kemasan besar, disegel langsung dari pabrik dan produksinya terbatas.. kira2 begitu

  • “error” : produk cacat yg tidak disengaja dari pabrik, seperti beda posisi, missing tampo, salah blister, dll. biasanya ini kebetulan dan kejadian langka yg unik. makanya kadang2 harga jualnya juga tinggi :)”chase car”. hmm gimana yaa jelasinnya, yaa kira2 itu mobil kayak ada tandanya / signature tesendiri yg unik dan juga produksinya lebih sdikit.. contohnya hotwheels edisi phil’s garage sama larry’s garage, yg masing2 di bbrp mobil tertentu ada tanda tangannya mereka di bagian bawah / chassisnya.. agak susah nyarinya tuh, cuma faktor keberuntungan aja hehe 🙂

     

    Display Case : Kotak/box diecast yanf berbahan Plastik/acrilik..

     

    ZAMAC  : Singkatan dari  Zinc, Aluminum, Magnesium, and Copper alloy, yang merupakan bahan dasar dari diecast.

    macam istilah mainan toys diecast online adalah :

  • FYI for your info : info untuk anda / sekedar info
  • WIP work in progres / proses : masih / sedang dalam tahap pengerjaan
  • NFS not for sale : tidak untuk dijual
  • KOLPRI : koleksi pribadi
  • FYEO  for your eyes only : sekedar untuk dilihat saja
  • OB open bid : harga pembukaan { dipakai dlm lelangan}
  • BIN buy it now : langsung membeli dgn harga yg sdh ditetapkan  { dipakai dlm lelangan}
  • WTB want to buy : ingin membeli / sedang mencari
  • WTS want to sale :  menjual / menawarkan
  • BNIB BRAND NEW IN BOX : adalah barang yang hanya baru dibuka dari dalam kardusnya saja atau belum pernah digunakan sama sekali. BNIB biasanya digunakan penjual untuk meyakinkan calon pembeli bahwa barang yang dijualnya benar-benar masih baru dan masih orisinil.
  • BNOB BRAND NEW OPEN BOX : barang masih baru seperti dari pabrik tetapi sudah dibuka segelx , biasanya karena di cek terlebih dahulu or hal2 lainya
  • TS THREAD STATER :Thread Starter merupakan orang yang membuat thread / orang yg pertama membuat pernyataan
  • COD cash on delivery :  adalah transaksi yang dilakukan penjual dan pembeli dengan cara bertemu langsung di titik pertemuan yang telah disepakati / bayar ditempat
  • DP DOWNPAYMENT : uang muka / pembayaran di awal
  • CP CONTAC PERSON : biasanya berisi nomor telepon, pin BBM, akun whatsapp, YM, LINE dari si penjual yang bisa dihubungi untuk bertanya seputar barang yang dijual.
  • PO PRE ORDER : adalah cara berjaualan yang mengharuskan pembeli melakukan pemesanan dan pembayaran DP terlebih dahulu
  • KW KWALITAS : menjelaskan bahwa barang yang dijual bukanlah barang asli melainkan barang tiruan. KW biasanya terbagi menjadi 3 yaitu KW Ori, KW1 dan  KW2. Semakin kecil angka yang mengikuti tulisan KW semakin mirip pula barang ataupun kualitas barang seperti barang aslinya. Harganya pun lebih murah dibanding barang Original.
  • ORI ORIGINAL : barang yang dijual adalah barang asli bukan tiruan atau KW. Harga barang ORI jauh lebih mahal dibanding barang KW karena kualitasnya yang sudah pasti terjamin
  • PM PRIVATE MESSAGE : digunakan untuk ajang diskusi antar penjual dan pembeli untuk mengetahui informasi tentang barang yang dijual secara lebih detil lagi
  • OEM ORIGINAL EQUIPMENT MANUFACTURE : penjelasan mengenai barang yang dijual adalah barang original pabrik namun tidak dikemas dalam kemasan bagus. Barang-barang yang biasanya dijual dengan label OEM adalah sparepart. Barang OEM bisa didapatkan dari copotan produk asli yang sudah tidak dipakai atau pembelian dalam jumlah yang besar.  
  • TT TUKAR TAMBAH :  biasa dilakukan ketika ada calon pembeli yang bersedia menukar barang yang diinginkan penjual dengan barang yang dimilikinya + uang cash or barang lainx
  • ONGKIR ONGKOS KIRIM : merupakan salah satu rules yang harus disepakati oleh penjual maupun pembeli. Biasanya besarnya ongkir tergantung jasa pengiriman yang digunakan, jarak pengiriman, dan berat paket pengiriman. Ongkir bisa ditanggung pembeli ataupun penjual tergantung kesepakatan.
  • REKBER REKENING BERSAMA : adalah sistem pembayaran dalam jual beli barang / jasa yang menggunakan fasilitas pihak ke tiga (penyedia jasa rekber) untuk membantu keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Jasa rekber biasanya menarik sejumlah fee sebagai keuntungannya.
  • Clampshell : Jenis box figure yang terbuat dari bahan plastik bening
  • POA :Point Of Articulation (Sendi Gerak)
  • PVC : PolyVinyl Cast (Bahan plastik figure)
  • BootLeg :Barang-barang bajakan/tiruan dr suatu karakter/merk yg serupa aslinya
  • Knock-Off : Barang-barang tiruan dr suatu karakter/merk yg tdk mirip aslinya
  • Vintage : Barang-barang jadul/lama/dr era sblm 80an s/d akhr 90an
  • Peg Warmer : Figure yg tdk laku2 shg dipajang terus di gantungan display toko, gak ada kegunaannya, selain cm utk ‘menghangatkan / meramaikan’ gantungan display tokonya
  • Chogokin : Action Figure dng sebagian besar part body & asesorisnya terbuat dr bahan metal
  • Model Kit : Sebuah bentuk/model (bs action figure, bs kendaraan, dll) yang harus dirakit terlebih dahulu
  • Revoltech : Action Figure berukuran kecil yg mempunyai terobosan baru di bagian artikulasi/sendi gerak (gak gampang lethoy)
  • RAH  :Real Action Hero (cth: RAH light yagami, kotaro minami)
  • RAH : Robot Animation Heroine (cth: RAH DX Aina Saharin, RAH DX Lunamaria)
  • Pre panited/Painted : sudah di cat, model yg finished alias completed model misalkan resin kit pre painted artinya sudah jadi kaya PVC
  • Unpainted  :belum di cat, bisa juga diartikan model yg masih perlu dirakit dan perlu di cat terlebih dahulu baru bisa menjadi suatu completed model
  • Resin : bahan dasar berupa plastik keras, biasa disebut resin untuk mengacu pada produk-produk berbentuk resin kit
  • Statue : figure/model berbahan dasar porcelain, kebanyakan diangkat dari toko comic US, jadi biasanya dipakai untuk mengacu pada produk2 Marvel, DC, dll yg berupa patung, baik setengah badan (bust) maupun full body statue (FBS)
  • Soft Viyl : suatu figure/model berbahan dasar vynil namun tidak padat di dalam bagian2 model tersebut, alias dalamnya kopong, sehingga ringan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*