Doa Sebelum Makan

doa sebelum makan
doa sebelum makan

Doa Sebelum Makan

Doa sebelum makan seringkali diajarkan oleh orang tua kepada anak-anak mereka pada usia dini.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah mencurahkan rahmat-Nya kepada kita semua sehingga kita masih diberi kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah. Pentingnya mengajarkan bacaan doa kepada anak bertujuan untuk menanamkan kebiasaan berdoa disaat hendak melakukan segala aktivitas.

Pentingnya Mengajarkan Doa Kepada Anak

Menanamkan nilai-nilai keagamaan untuk anak sejak usia dini sangatlah penting. Karena seperti yang kita ketahui bahwa masa kanak-kanak adalah masa keemasan. Masa kanak-kanak adalah masa dimana otak anak berkembang pesat dan ingatannya sangatlah kuat. Oleh karena itu tanamkanlah nilai-nilai yang baik pada anak sejak anak usia dini. Menanamkan nilai-nilai yang baik pada anak sejak anak usia dini bertujuan supaya nilai itu tertanam kuat pada diri anak dan kelak tidak akan mudah terpengaruh oleh pengaruh luar. Manfaatkanlah masa keemasan anak tersebut dengan sebaik-baiknya, tanamkanlah hal-hal yang baik dan positif bagi anak.

Doa juga bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kita kepada Tuhan. Mengajarkan doa tersebut dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari anak. Contoh doa yang dapat kita ajarkan pada anak yaitu seperti doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum tidur, doa selesai tidur, doa masuk dan keluar wc, doa bercermin, doa masuk dan keluar rumah, dan masih banyak lainnya.

Mengajarkan doa pada anak sejak usia dini sangatlah efektif dan mudah karena otak anak masih sangatlah mudah dan kuat untuk mengingat sesuatu. Manfaat dari mengajarkan doa pada anak sejak anak usia dini adalah agar anak terbiasa berdoa ketika akan melakukan sesuatu. Jika semua orang tua menyadari akan pentingnya mengajarkan doa pada anak maka kelak bangsa ini niscaya akan menjadi bangsa yang damai dan sejahtera. Dan mengajarkan doa pada anak tanpa kita sadari kita juga telah mengembangkan dan mengasah kemampuan kognitif atau kemampuan otak anak.

Berikut ini adalah lafadz bacaan doa sebelum dan sesudah makan atau minum beserta latin dan terjemahannya.

Doa Sebelum Makan

Bacaan doa diatas dibaca ketika kita hendak makan, ditujukan sebagai rasa syukur kita kepada Allah Swt yang telah memberikan rezeki sehingga kita masih dapat makan, dan juga mencegah setan yang hendak mengganggu saat kita sedang makan.

Untuk lebih menarik anak-anak, silahkan klik link video youtube ini :

Doa Sebelum Makan dan Doa Sesudah Makan

Atau bisa kunjungi link youtube berikut ini : https://www.youtube.com/watch?v=Vqy2AUaOXDE

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.