E-book Atlas Pelabuhan-Pelabuhan Bersejarah Di Indonesia

E-book Atlas Pelabuhan-Pelabuhan Bersejarah Di Indonesia

E-book Atlas Pelabuhan-Pelabuhan Bersejarah Di Indonesia merupakan rangkaian dari empat atlas sebelumnya yaitu Atlas Prasejarah Indonesia, Atlas Sejarah Indonesia Masa Klasik, Atlas Sejarah Indonesia Masa Islam dan Atlas Sejarah Indonesia Masa Kolonial.

Sebagai negara yang dua pertiga luas wilayahnya berupa lautan, sudah selayaknya Indonesia menyandang julukan sebagai Negara”archipelago”

E-book Atlas Pelabuhan-Pelabuhan Bersejarah Di Indonesia
E-book Atlas Pelabuhan-Pelabuhan Bersejarah Di Indonesia

Negara  “archipelago”bukan hanya berarti Negara kepulauan, melainkan lebih dari itu karena bermakna negara laut utama, karena archi dalam bahasa Yunani berarti ‘utama’, sedangkan pelages bermakna ‘laut’. Hal ini berarti konsep kewilayahan yang tepat untuk Indonesia adalah Negara kelautan atau negara maritim.

Menurut seorang ahli, laut mengandung dinamika yang menciptakan kesatuan, hubungan antar manusia dan antar bangsa melalui transportasi laut, perdagangan dan pertemuan budaya. Selain itu laut juga merupakan jembatan penghubung  yang penting dan strategis bagi bangsa Indonesia yang ingin menjadi bangsa yang maju dan diperhitungkan oleh dunia internasional, terlebih letak posisi kepulauan Indonesia yang sangat strategis karena mengapit dua benua (Asia dan Australia) dan menghubungkan dua samudera (Hindia dan Pasifik).

Baca juga : E-Book Sejarah Dunia Yang Disembunyikan

Dalam rangka meningkatkan pemahaman mengenai sejarah Indonesia terutama sejarah maritimnya, maka Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya, Direktorat Jenderal Kebudayaan, pada tahun 2013 melakukan kegiatan penyusunan Atlas Pelabuhan-Pelabuhan Bersejarah di Indonesia.  Atlas Pelabuhan-Pelabuhan Bersejarah di Indonesia ini menyoroti dinamika pelabuhan-pelabuhan di Indonesia yang pernah berperan penting dalam dinamika perekonomian dan politik di Nusantara sejak masa kuno hingga kurun kolonial. Kajian dalam buku ini selain menggunakan perspektif sejarah juga menggunakan kajian geografi sejarah  untuk memperlihatkan para pembaca lokasi-lokasi pelabuhan-pelabunan bersejarah tersebut berada dalam bentuk peta.

Untuk memahami hal tersebut diperlukan penelitian sejarah maritim yang dapat menguak dinamika kemaritiman tersebut pada masa lalu sehingga kita dapat belajar dan mengambil hikmah dari peristiwa sejarah kemaritiman di Indonesia. Dalam kaitan dengan studi sejarah maritime, aspek pelabuhan merupakan subyek yang sangat penting untuk diketahui. Karena fungsi laut sebagai jembatan penghubung tidak akan berjalan baik tanpa kehadiran pelabuhan-pelabuhan yang bertebaran diseluruh wilayah kepulauan Indonesia.

Diharapkan buku ini dapat memberikan informasi kepada para pembaca tentang perjalanan sejarah bangsa Indonesia dari sisi kemaritimannya.

Download e-book : http://pladollmo.com/32D7

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.