Dalgona Coffee dan Fakta Ilmiah Dalam Pembuatannya

Dalgona Coffee dan Fakta Ilmiah

Dalgona Coffee dan Fakta Ilmiah sebelumnya apa itu Dalgona Coffee? Pada dasarnya Dalgona Kopi adalah minuman yang terbuat dari kopi dan gula dalam bentuk krim kocok dan disajikan dengan susu. Dalgona, kata itu sendiri mengacu pada permen Korea manis yang memiliki warna dan rasa yang sama dengan kopi Dalgona.

Dalgona Coffee dan Fakta Ilmiah
Permen dalgona
Source: cookpad

Ketika kita teliti lagi, kopi dengan model seperti kopi Dalgona berasal dari India. Kopi tersebut biasanya disebut phenti kopi hui atau smoothie.

Baca Juga :

Nahhh sekarang pergi ke pertanyaan kedua, apa jenis kopi harus digunakan ??

Pertanyaan ini penting karena tidak semua jenis kopi bisa dipakai untuk membuat Dalgona Coffee.

Kopi instan tanpa limbah ata ampas adalah jenis kopi yang diperlukan untuk membuat kopi Dalgona.

Dimulai darisini marilah kita coba untuk membahas fakta ataupun prinsip saintifik dibalik Kopi Dalgona.

Pada dasarnya untuk menjadi Dalgona Coffee, kopi wajib diaduk sampai menjadi berbentuk seperti whipped cream.

Karena kopi instan mengandung minyak yang jauh di bawah kopi baru digiling.

Minyak adalah agen hidrofobik membuat busa terbentuk ketika pengadukan cepat hancur, sehingga memakai kalua kopi biasa tidak akan berhasil.

Dalgona Coffee dan Fakta Ilmiah

Rendahnya tingkat minyak dalam membuat ketebalan forth ketika diaduk dan ikatan koloid menjadi lebih semakin stabil. Gula jadi bikin froth yang dibentuk dapat bertahan lebih lama.

Sebagai gambaran, berikut kira2 proses terjadinya Dalgona Coffee bisa secara sederhana diurutkan sebagai berikut Foam creation->Thickening process->solidification process.

Proses penebalan itu sendiri terjadi ketika proses pencampuran terus menerus menyebabkan molekul air didorong keluar dari busa yang telah sudah terbentuk. Fenomena ini terjadi karena perbedaan tekanan di permukaan busa.

Fenomena ini terus berlanjut sampai gelembung dapat dibentuk lebih dekat dan lebih dekat bersama-sama dan membuat link yang lebih kuat. Biasanya memerlukan waktu sekitar 2-10 menit.

Viskositas atau kekentalan larutan juga mempengaruhi tingkat proses penebalan, oleh karena itu gula sangat penting dalam larutan kopi untuk menaikkan viskositasnya.

Segera setelah itu gelembung yang berdekatan dan menciptakan hubungan yang kuat kemudian terciptalah gelembung yang lebih besar. Tapi ini akan menjadi masalah.

Menurut variasi tekanan persamaan Laplace dalam ukuran gelembung akan hilang dengan cepat gelembung2 terbentuk karena gelembung besar akan menghilangkan gelembung kecil

Menggunakan mixer tangan sangat disarankan karena akan membuat ukuran gelembung yang cenderung seragam dan busa yang terbentuk lebih berkelanjutan dan awet. Dapat juga dengan menggunakan milk frother yang lebih kecil dan lebih terjangkau harganya.

Seperti yang sudah dijabarkan di atas, kadar minyak akan menentukan keberhasilan produksi Kopi Dalgona. Oleh karena itu sangat dianjurkan menggunakan jenis spray-dried coffee kopi instan.

Sumber: Twitter @KemFazHaz

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.