Perbedaan Kabel Internet Cat5 vs Cat5e vs Cat6 vs Cat6a




Perbedaan Kabel Internet Cat5 vs Cat5e vs Cat6 vs Cat6a

Perbedaan Kabel Internet Cat5 vs Cat5e vs Cat6 vs Cat6a. Ketika kita berbicara tentang kabel UTP atau kabel jaringan internet, maka kita akan dihadapkan dengan banyak pilihan yang tersedia di pasaran. Sebagai seorang customer tentu saja hal yang kita inginkan adalah mendapatkan kabel dengan kinerja yang bagus dan juga harga yang murah.

Artikel kali ini akan membahas tentang beberapa kabel UTP atau kabel jaringan internet yaitu Cat5, Cat5e, Cat6, dan Cat6a yang bisa anda jadikan opsi sesuai dengan kebutuhan jaringan internet di kantor atau rumah anda.

Perbedaan Secara Umum

Pertama, mari kita lihat ikhtisar kabel Cat5, Cat5e, dan Cat6. Cat5, atau Kategori 5, adalah standar kabel jaringan Ethernet yang ditetapkan oleh Asosiasi Industri Elektronik dan Asosiasi Industri Telekomunikasi (umumnya dikenal sebagai EIA/TIA).

Baca Juga : Perbedaan RAID 0, RAID 1, RAID 5, RAID 6, dan RAID 10

Kabel Cat5 menggunakan generasi kelima dari teknologi Ethernet twisted pair dan berisi empat pasang kabel tembaga yang mendukung Fast Ethernet. Cat5e, atau Cat5 yang disempurnakan, dirancang untuk mendukung Gigabit Ethernet dengan lebih baik dengan memanfaatkan keempat pasangan kabel. Dan kabel Cat5e juga mempertahankan kompatibilitas mundur dengan peralatan Fast Ethernet.

Sebagai generasi keenam dari kabel Ethernet twisted pair, Cat6 berisi empat pasang kabel tembaga dan menggunakan semua pasangan ini untuk memberi sinyal guna mendapatkan tingkat kinerja yang lebih tinggi — mendukung Ethernet 10G. Cat6a juga mendukung kinerja dari Ethernet 10G biasanya diperuntukkan untuk kebutuhan di dalam datacenter.

Cat5 vs Cat5e vs Cat6 vs Cat6a
Cat5 vs Cat5e vs Cat6 vs Cat6a

Kecepatan

Kebutuhan akan kecepatan data juga penting dalam hal memilih kabel UTP atau kabel jaringan internet. Selain itu, kompatibilitas kabel dan perangkat kartu jaringan anda juga harus diperhatikan. Untuk kabel Cat5, dapat menangani kecepatan 10/100 Mbps (Fast Ethernet) dengan bandwidth hingga 100 MHz; untuk kabel Cat5e, dapat mendukung 1 Gigabit Ethernet dengan bandwidth hingga 100MHz; lalu Cat6 dapat mendukung kecepatan data yang lebih tinggi dari 10 Gigabit Ethernet dengan bandwidth hingga 250 MHz; sedangkan Cat6a mampu mendukung kecepatan data 10 Gigabit Ethernet dengan bandwidth hingga 500 Mhz.

Penggunaan

Kabel Cat5, Cat5e, dan Cat6 biasanya diperuntukkan jaringan internet rumah dan kantor. Sedangkan Cat6a biasanya lebih diaplikasikan untuk jaringan internet kantor dan datacenter. Selain untuk jaringan internet kantor dan datacenter, kabel Cat6 dan Cat6a juga biasanya digunakan untuk kebutuhan koneksi broadband dan aplikasi video digital. Hal ini dikarenakan Cat6 dan Cat6a memiliki kinerja transmisi yang lebih baik dan rendahnya persentase signal loss ketika transmisi data sedang berlangsung.

Harga

Dibandingkan dengan kabel Cat5e, biaya kabel Cat6 biasanya 10 hingga 20% lebih mahal karena kecepatan transmisi yang lebih tinggi. Namun, biaya kabel ini relatif rendah, yang hanya menghabiskan sebagian kecil dari total anggaran setelah Anda mempertimbangkan semua peralatan lainnya (rak, server, sakelar, router, dll).

Untuk pertimbangan aplikasi Anda, Cat6 mungkin menjadi pilihan yang lebih baik jika kecepatan data yang lebih tinggi diperlukan. Biaya tambahan dapat menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang.

Kesimpulan

Pastikan untuk memahami jenis-jenis kabel Ethernet ini dan pilih yang sesuai untuk proyek rumah atau bisnis Anda. Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu atau menjadi panduan bagi Anda yang bingung dalam memilih kabel Ethernet.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.