Cara Kerja Algoritma Youtube Tahun 2022




youtube
youtube

Cara Kerja Algoritma Youtube Tahun 2022

Cara Kerja Algoritma Youtube Tahun 2022. Algoritma YouTube dirancang untuk membantu penonton menemukan video yang ingin mereka tonton dan memaksimalkan kepuasan penonton dalam jangka panjang. Mirip dengan platform media sosial lainnya, algoritma YouTube telah berkembang seiring dengan perkembangan situs dan jaman.

Kondisi Youtube untuk sekarang ini kira-kira adalah seperti ini:

  • Saat ini diperkirakan ada 2,1 miliar pengguna YouTube di seluruh dunia
  • Dalam satu menit internet, 694.000 jam dihabiskan oleh pengguna internet untuk menonton YouTube
  • Lebih dari 500 jam konten baru diunggah ke YouTube setiap menit
  • Pendapatan iklan global adalah 19,77 miliar dolar AS, menjadikan Youtube 10,9% dari total pendapatan Google Pada tahun 2020
  • 74% orang dewasa mengatakan mereka telah menggunakan YouTube, mengalahkan semua jejaring sosial lainnya.
  • Penggunaan tertinggi berikutnya adalah Facebook sebesar 68%.

Dengan kehadiran yang begitu mendominasi, tentunya kita ingin memahami bagaimana algoritma YouTube bekerja. Baca terus untuk mempelajari lebih lanjut tentang algoritma YouTube sehingga dapat mengembangkan Channel Youtube Anda.

Baca Juga : Tips Aman Menggunakan Sosial Media

Algoritma Youtube Sebelum Tahun 2022

YouTube telah secara signifikan menyesuaikan algoritmanya beberapa kali dalam kurun waktu belakangan ini. Akibatnya, perubahan ini berdampak langsung pada video yang diposting dan cara pengguna menemukan video atau konten tersebut.

2005 – 2011 (Klik & Views)

Pada tahun-tahun awal kemunculannya, YouTube adalah tentang berapa banyak penonton yang melihat video dan berapa banyak orang yang mengklik untuk menontonnya. Pada tahun 2006, iklan Ronaldinho Nike menjadi video pertama yang mencapai 1 juta tampilan di platform ini. Kemudian pada tahun 2008, video Evolution of Dance menjadi yang pertama mencapai 100 juta views. Namun, karena klik dan penayangan sangat dihargai, video clickbait mendominasi platform, sehingga menjauhkan minat pengguna.

2012 (Durasi Menonton)

Pada tahun 2012, YouTube mengumumkan metrik baru “Durasi Menonton” untuk digunakan dalam pencarian dan algoritma konten video yang Disarankan. YouTube memutuskan bahwa sebuah video dimana orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton harus lebih dihargai dalam algoritmanya.

2015-2016 (Kepuasan & Personalisasi)

Pada tahun 2016, YouTube merilis makalah tentang algoritma untuk sistem rekomendasinya. Menurut makalah tersebut, riwayat tontonan pengguna, riwayat pencarian, dan riwayat penyelesaian video – semuanya berkontribusi untuk menghasilkan rekomendasi yang lebih dipersonalisasi dari sebelumnya. Selain itu, perusahaan menggunakan survei untuk mengumpulkan informasi tentang apa yang disukai pengguna.

2016 – Sekarang (Demonetisasi & Pembaruan Kebijakan)

Meskipun demonetisasi berlaku sejak 2012, platform tersebut tidak mulai memberi tahu pembuat konten tentang pelanggaran pedoman konten mereka hingga 2016. Iklan yang berjalan bersama video yang mempromosikan konten ofensif atau kekerasan, membuat banyak perusahaan besar menarik iklan mereka. YouTube lebih lanjut memperbarui algoritmanya untuk memiliki kebijakan yang lebih ketat tentang iklan dan memperketat persyaratan kelayakannya ke dalam Program Mitra.

Cara Kerja Algoritma Youtube Tahun 2022 Saat Ini?

Pada tahun 2021, YouTube memberikan lebih banyak wawasan tentang algoritma dan cara kerja sistem rekomendasinya. Di atas segalanya, YouTube ingin pemirsa menikmati video dan tetap berada di platform ini selama mungkin.

YouTube menggunakan tiga kategori utama untuk mempersonalisasi rekomendasi:

  1. Personalisasi: riwayat dan tindakan tontonan pengguna
  2. Performa: minat menonton video, durasi penayangan, kepuasan
  3. Faktor eksternal: minat topik, bagaimana kinerja pesaing Anda, relevansi dengan musim saat ini

Ada tujuh area di YouTube di mana algoritma memiliki efek di dalamnya. Mari kita lihat lebih dekat tujuh area tersebut.

youtube
youtube

1. Home

Home atau Beranda adalah tempat pertama seseorang mendarat ketika mereka membuka YouTube dan merupakan salah satu sumber lalu lintas teratas untuk sebagian besar saluran. Semakin sering Anda menggunakan YouTube dan berinteraksi dengan video, Beranda Anda akan semakin dipersonalisasi. Selain itu, langganan saluran Anda juga muncul di sini.

Peringkat untuk Home didasarkan pada dua faktor:

  • Performa: Berdasarkan data demografi yang mereka kumpulkan tentang Anda, mereka akan menampilkan video yang menarik dan memuaskan penonton yang serupa dengan Anda
  • Personalisasi: Histori tontonan, penayangan saluran, dan minat topik Anda sendiri

Berikut adalah beberapa tips dari YouTube untuk mengoptimalkan video Anda agar muncul di halaman Beranda seseorang:

  • Berpura-puralah Anda adalah pemirsa baru saluran Anda dan tinjau video Anda secara objektif. Apakah Anda ingin menonton mereka?
  • Unggah secara konsisten untuk menciptakan ekspektasi dari pemirsa Anda Lakukan apa yang berhasil untuk Anda.
  • Buat konten dengan gaya atau topik yang mirip dengan yang telah dinikmati pemirsa Anda.
  • Periksa Sumber Lalu Lintas YouTube Analytics Anda untuk melihat seberapa sering saluran Anda muncul di laman Beranda orang lain

2. Video Yang Disarankan

Video yang Disarankan atau Suggested Video adalah video yang muncul di sisi kanan saat Anda menonton video. Jika Anda membiarkan video Anda saat ini selesai diputar, video yang disarankan akan diputar berikutnya secara otomatis.

Video yang muncul di bagian Disarankan didasarkan pada beberapa faktor seperti:

  • Video mana yang sering ditonton bersamaan
  • Bagaimana video berhubungan satu sama lain sebagai topik umum
  • Riwayat tontonan pengguna sendiri

Untuk mengoptimalkan algoritma yang merekomendasikan video Anda, gunakan beberapa tips di bawah ini:

  • Buat seri: publikasikan video yang terkait satu sama lain. Jangan lupa untuk mengubahnya menjadi daftar putar.
  • Perhatikan bagian akhir video Anda. YouTube memiliki fitur seperti daftar putar, tautan, kartu, layar akhir, untuk membantu Anda memandu penonton ke video Anda yang lain
  • Buat video dalam format yang sedang tren
  • Miliki gaya judul dan thumbnail yang konsisten untuk video Anda

3. Pencarian

Mesin pencari YouTube sangat kuat. Bagaimanapun, platform ini dimiliki oleh Google. Ingatlah bahwa hasil pencarian tidak sepenuhnya didasarkan pada video dengan penayangan terbanyak, jadi memahami SEO YouTube dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi.

Apa yang menentukan video mana yang muncul di hasil penelusuran?

  • Relevansi: Seberapa baik kata kunci terkait dengan apa yang cocok dengan judul, deskripsi, dan konten video
  • Keterlibatan: Video yang memiliki keterlibatan terbanyak terkait dengan kueri pencarian
  • Waktu tonton: Video dengan durasi menonton yang lama dan terkait dengan kueri pencarian

Berikut adalah beberapa cara untuk mengoptimalkan video Anda agar muncul di hasil pencarian. Meskipun mungkin masuk akal, mengisi deskripsi Anda dengan kata kunci bukanlah cara yang tepat.

  • Teliti kata kunci apa yang diketik pengguna untuk menemukan video Anda
  • Tulis deskripsi YouTube yang lebih baik: Tulis deskripsi cerdas yang dapat ditelusuri, dimaksimalkan, dan informatif – timestamp untuk perubahan topik adalah salah satu cara untuk mendapatkan deskripsi yang informatif
  • Manfaatkan alat terjemahan untuk membantu Anda menjangkau pemirsa global
  • Periksa tab Trending Anda untuk melihat video dan ide topik apa yang mungkin cocok dengan saluran Anda

Tab Trending YouTube mengkompilasi video paling populer saat itu serta mengidentifikasi pembuat konten yang semakin populer. Hasil ini khusus untuk negara pengguna dan bertujuan untuk menggabungkan popularitas dengan hal baru. Misalnya, bagian Creator On The Rise dan Artist On The Rise menampilkan saluran baru dan diperbarui setiap hari.

Tab Trending memperhatikan atribut berikut:

  • Jumlah penonton
  • Tingkat pertumbuhan penayangan
  • Dari mana asalnya (lokasi)

Muncul di tab Trending adalah kemenangan besar bagi konten kreator. Tetapi Anda tidak dapat membayar untuk muncul di sana, Anda hanya dapat mencoba dan membuat video yang mungkin cocok di sana.

Berikut beberapa tipsnya:

  • Buat video yang menarik dan dapat dibagikan secara luas. Itu berarti membuat video yang akan menarik banyak orang, bukan hanya pelanggan Anda.
  • Periksa analytics Anda untuk melihat seberapa sering video Anda muncul di tab Trending
  • Konsisten dalam kualitas dan jadwal. Agar memenuhi syarat untuk bagian Kreator dan Artis Naik Daun, Anda harus mencapai tingkat pelanggan tertentu dan memenuhi metrik lain seperti pertumbuhan penayangan dan pelanggan.

5. Subscribers & Subscription

Pelanggan adalah pemirsa yang memilih untuk melihat lebih banyak konten dari Anda. Saat seseorang berlangganan saluran Anda, video Anda akan muncul di tab Langganan mereka. Pelanggan adalah penggemar terbesar Anda dan memberikan keterlibatan terbanyak pada video Anda. Selain itu, langganan video juga muncul di halaman Beranda.

Meningkatkan jumlah pelanggan adalah tujuan utama bagi banyak channel YouTube. Untuk melakukan ini, ada beberapa tips yang ditawarkan YouTube:

  • Minta pemirsa untuk berlangganan pada channel Anda
  • Bersikaplah tulus tentang mengapa berlangganan itu penting.
  • Didik pemirsa Anda tentang mengapa jumlah pelanggan penting bagi Anda dan saluran Anda.
  • Periksa jumlah pelanggan Anda di analytics dan buat video serupa dengan video yang berkinerja baik.

6. Notifikasi

Notifikasi adalah peringatan yang dikirim ke pengguna baik melalui push notifikasi atau email. Default untuk notifikasi adalah dari saluran yang sering Anda tonton atau yang telah Anda langgani. Pengguna dapat mengedit frekuensi notifikasi dari tombol berlangganan.

Namun, ada batasan untuk notifikasi. Penonton akan menerima maksimal tiga video per upload/streaming langsung per saluran dalam jangka waktu 24 jam.

Pemberitahuan adalah cara yang bagus untuk memberi tahu pelanggan Anda tentang konten baru yang Anda hasilkan. Untuk mendorong pelanggan mengaktifkan notifikasi, gunakan tips berikut:

  • Berlangganan dan dapatkan notifikasi dari saluran lain sehingga Anda dapat memahami cara kerjanya dari sudut pandang pelanggan.
  • Periksa analytics Anda untuk melihat berapa banyak waktu tonton yang dihasilkan dari video yang muncul di notifikasi.
  • Kabarkan dan jelaskan pemberitahuan kepada pemirsa Anda.
  • Publikasikan video pada waktu yang optimal untuk pemirsa Anda.

7. Mode Terbatas

Mode terbatas atau Restricted Mode adalah fitur opsional di YouTube yang dapat Anda gunakan untuk memfilter konten yang berpotensi dewasa. Mode ini harus diaktifkan agar dapat diterapkan. Untuk melihat apakah video Anda muncul dalam Mode Terbatas, Anda harus mengaktifkannya dan mengunjungi video Anda secara langsung.

Algoritma yang digunakan untuk Mode Terbatas didasarkan pada deteksi otomatis konten video Anda:

  • Narkoba dan alkohol
  • Mengandung adegan seksual
  • Kekerasan
  • Konten dewasa
  • Bahasa yang tidak senonoh dan dewasa
  • Konten yang menghasut dan merendahkan




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.