Cara Menambahkan Virtual Memory Di Windows 7

Cara menambahkan virtual memory
Cara menambahkan virtual memory
Cara Menambahkan Virtual Memory

Cara menambahkan virtual memory di windows 7 untuk meningkatkan performa komputer. Virtual memory merupakan sebuah memori tambahan yang dapat ditambahkan dari ruang kosong (space) pada HDD anda.

Fungsi Virtual Memory
  1. Menangani Kelebihan ‘beban’ RAM

RAM dengan kapasitas 2 Gigabyte dapat menampung data melebihi kapasitas maksilmalnya (contoh: 2,3 Gigabyte), lantas hampir dapat dipastikan komputer akan mempunyai beban yang cukup berat dan berakibat komputer akan mengalami lag, hang, hingga not responding. Kemungkinan terburuknya adalah RAM diforsir bekerja melebihi kemampuannya dan mengalami over-heat (panas berlebih) sehingga merusak chip pada RAM tersebut. Oleh karena itu virtual memory mampu berperan aktif dalam menangani beban yang berlebih tersebut. Kapasitas virtual memory dapat diambil dari kapasitas HDD, bahkan sistem operasi linux mewajibkan komputer memiliki partisi SWAP untuk virtual memory. Besarnya kapasitas partisi SWAP biasanya 2 kali lipat dari kapasitas RAM fisik, contoh: jika RAM yang terpasang berkapasitas 2GB, lalu kapasitas partisi SWAP yang harus diatur idealnya adalah sekira 4GB.

  1. Berperan sebagai RAM Cadangan Tapi Tidak Menggantikan Fungsi RAM

Secara general, RAM berfungsi menyimpan data yang akan diproses oleh prosesor atau data dari aktivitas komputer yang sedang berjalan (misalnya data dari aplikasi yang sedang digunakan oleh komputer), dengan adanya Virtual Memory bukan lantas kemudian komputer tidak membutuhkan RAM dan dapat beroperasi tanpa RAM yang terpasang dikomputer. RAM masih sangat diperlukan pada proses booting, tanpa RAM komputer tidak mampu melakukan proses booting. Hal tersebut cukup beralasan karena kehadiran RAM yang akan lebih dulu diperiksa oleh ROM (BIOS) saat pertama komputer melakukan booting, sedangkan virtual memory terletak di HDD (atau salah satu partisi HDD), tanpa adanya hard disk komputer masih tetap bisa beroperasi (misalnya menggunakan live CD/DVD sistem operasi linux atau linux live USB, bahkan sudah ada versi windows live CD/DVD/USB).

Cara menambahkan virtual memory
Cara menambahkan virtual memory
  1. Menyimpan Data Dari RAM Tapi Tidak Meneruskan Ke Prosesor

Mari kita asumsikan virtual memory ini sebagai memori cadangan (walaupun memang seperti itu) yang membantu komputer mengatasi kekurangan kapasitas memori. Akant tetapi berbeda dengan RAM, virtual memory tidak meneruskan data yang tersimpan untuk kemudian diproses oleh prosesor. Maka, jika ada data yang tersimpan di virtual memory akan (dan wajib) diproses, virtual memory akan melanjutkan ke Random Access Memory dan Random Access Memory yang akan meneruskan ke prosesor. Begitupun dengan data yang ada di dalamnya, kita tidak dapat mengaksesnya layaknya data-data umum (dokumen, gambar, dan lain sebagainya). Bahkan OS linux menempatkan virtual memori pada partisi dengan file system khusus yang bernama “SWAP” ( yang telah kita bicarakan di poin sebelumnya), jadi partisi lain selain SWAP tidak akan mampu dijadikan ruang untuk virtual memori pada OS linux.

  1. Data Yang Tersimpan Pada Virtual Memory Bersifat Sementara

Seperti layaknya data didalam RAM yang akan kosong setelah komputer shutdown atau mati, paging file atau data yang ada di dalam partisi SWAP juga akan dihapus setelah komputer mati. Berbeda memang dengan konsep penyimpanan data di HDD meskipun media yang digunakan sama (virtual memory mengambil kapasitas HDD). 

Baca Juga : Moodle Untuk E-Learning

Adapun cara menambahkan virtual memory di windows 7 adalahs sebagai berikut :

  1. Silahkan Klik Kanan pada My Computers lalu pilih Properties
Cara menambahkan virtual memory
Cara menambahkan virtual memory My Computers > Properties
  1. Selanjutnya pilih Advanced Setting
Cara menambahkan virtual memory
Cara menambahkan virtual memory Advanced Setting
  1. Pada window System Properties, klik Tab : Advanced, pada bagian Performance pilih Settings
System Properties
  1. Kemudian di Performance Options pilih tab Advanced dan klik Change
Performance Options > Advanced > Change
  1. Hilangkan tanda contreng pada  “Automatically manage paging file size fo all drives”. Pada bagian Custom size masukkan value Initial size : sekitar 1 GB (1000 MB), sesuaikan dengan ruang kosong hardisk anda dan sesuaikan dengan RAM komputer anda dan Maximum size: sekitar 5 GB (5000 MB), sesuaikan dengan ruang kosong hardisk anda dan sesuaikan dengan RAM komputer anda. Kemudian Klik tombol Set
Setting Initial Size dan Maximum Size
  1. Hasil konfigurasi yang sudah dilakukan diatas akan tampak seperti gambar di bawah ini
Hasil Setting Virtual Memory

Sekian artikel ini dibuat sebagai catatan pribadi bagi saya dan juga sebagai bentuk berbagi ilmu pengetahuan bagi anda semua.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.