Berkenalan Dengan Teknologi Wifi 6 (802.11ax)

Wifi 6 802.11.ax
Wifi 6 802.11.ax

Berkenalan Dengan Teknologi Wifi 6

Berkenalan Dengan Teknologi Wifi 6. Wi-Fi 6 adalah standar Wi-Fi yang muncul yang memungkinkan akan menggantikan standar 802.11ac saat ini dengan throughput yang lebih tinggi dan diharapkan mampu mengatasi kinerja konektivitas wireless yang buruk dalam sebuah area dimana banyak pengguna yang memanfaatkan koneksi wireless tersebut.

IEEE (The Institute of Electrical and Electronics Engineers), yang merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan lebih dari 400ribu ahli dalam bidang teknik di seluruh dunia, melakukan langkah lain guna meningkatkan kinerja Wi-Fi dengan standar baru yang disebut 802.11ax atau Wireless dengan tingkat efisiensi yang tinggi yang menjanjikan peningkatan empat kali lipat dalam throughput rata-rata per pengguna.

Baca Juga : Cara Blokir Download Berdasarkan Ukuran File di Mikrotik

Sebelumnya, teknologi wireless sudah sampai pada 802.11ac dimana secara teoritis teknologi wireless tersebut sudah menawarkan kecepatan hingga 1,3 Gbps. Namun kecepatan koneksi wireless tersebut dirasa belum mampu mengakomodir beberapa titik area publik dimana para pengguna masih saja mengeluhkan kecepatan koneksi wireless yang dirasa masih sangat lambat.

Berkenalan Dengan Teknologi Wifi 6
Wifi 6 (802.11ax)

Well, time flies, technology changes. Apalagi pada masa pandemi seperti ini dimana kebutuhan akses internet semakin penting karena banyaknya kebutuhan akan konektivitas yang dapat diandalkan untuk mengakomodir konferensi video dan maraknya penggunaan Internet of Things (IoT) dalam kantor-kantor maupun area publik. Sehingga itulah yang melatarbelakangi lahirnya Wifi 6 atau 802.11ax tersebut.

Solusi apa yang ditawarkan Wifi 6 (802.11ax)

Permasalahan mendasar pada koneksi wireless sebenarnya adalah bahwa bandwidth yang tersedia dibagi kepada beberapa perangkat baik itu komputer, laptop, maupun smartphone. Selain itu, dalam sebuah area publik atau kantor yang padat dengan pengguna, banyaknya akses poin yang tersebar dapat overlapping dan para pengguna memungkinkan untuk berpindah-pindah akses poin dalam sebuah area tersebut.

Kabar baik datang dari teknologi wireless Wifi 6 (802.11ax) dimana teknologi tersebut secara teori mampu untuk menyediakan jangkauan yang luas dan peningkatan kinerja wireless yang cukup signifikan. Dalam teorinya, Wifi 6 (802.11ax) mampu melewatkan bandwidth hingga 3,5Gbps dan dengan mengadopsi teknologi LTE, mampu meneruskan empat aliran koneksi bandwidth secara simultan dalam sebuah perangkat end-point dengan total bandwidth hingga 14 Gbps. Wow!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.