Cara Kerja Wifi 6 802.11ax

Wifi 6 802.11.ax
Wifi 6 802.11.ax
Cara Kerja Wifi 6 802.11ax

Cara Kerja Wifi 6 802.11ax. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara kerjanya alangkah baiknya bisa berkenalan dulu dengan teknologi Wifi 6 802.11ax di artikel ini : Berkenalan dengan Wifi 6 (802.11.ax)

Teknologi Wifi 6 802.ax11 menggunakan berbagai macam teknik wireless yang telah dipahami dengan baik dan mengkombinasikannya sedemikian rupa sehingga tercipta sebuah teknologi yang cukup signifikan daripada teknologi wireless yang sebelumnya.

Berkat QAM modulasi tertinggi, Wifi 6 802.11ax mampu memberikan peningkatan troughput murni hingga sampai 40 persen. Hal tersebut sangat memungkinkan untuk mengirimkan lebih banyak data dalam satu paket. Hal tersebut juga berimbas pada pemanfaatan spektrum yang lebih efisien. Dengan kata lain, misalnya Wifi 6 802.11ax membuat sebuah channel yang luas dan membagi channel tersebut menjadi beberapa sub-channel yang lebih sempit. Maka, dengan demikian jumlah channel yang tersedia menjadi lebih banyak dan memudahkan perangkat pengguna dalam menemukan jalur ke perangkat akses poin menjadi lebih jelas.

Wifi 6 802.11ax

Dalam hal download dari perangkat akses poin ke perangkat pengguna, teknologi awal pada wireless terdahulu hanya mengijinkan satu transmisi dalam satu waktu per perangkat akses poin. Namun demikian, Wave 2 sebuah teknologi yang diterapkan pada wireless 802.11ac mulai menggunakan MU-MIMO yaitu Multi-User, Multi-Input Multiple Output dimana sebuah perangkat akses poin mampu mengirimkan empat proses transmisi data secara bersamaan dalam sebuah perangkat akses poin. Nah, sedangkan untuk Wifi 6 802.11ax dengan teknologi beamforming mampu mengirimkan delapan proses transmisi data pada sebuah akses poin. Dengan teknologi beamforming tersebut juga mampu mengarahkan transmisi data ke perangkat pengguna secara lebih akurat.

Dan yang lebih penting lagi adalah dukungan OFDMA atau Orthogonal Frequency Division Multiple Access, yaitu sebuah teknologi pangkalan seluler LTE dimana dengan teknologi tersebut dapat memungkinkan setiap aliran transmisi MU-MIMO dapat dibagi menjadi empat aliran tambahan sehingga mampu meningkatkan bandwidth efektif per pengguna sebesar empat kali.

Jadi dapat dianalogikan seperti berikut :

Teknologi Wifi atau wireless terdahulu itu ibarat di dalam sebuah bank yang terdapat banyak sekali antrian pengunjung yang dilayani hanya dengan satu orang teller. Sedangkan MU-MIMO ibarat empat teller yang melayani empat baris antrian pelanggan. Dan OFDMA ibarat seorang teller yang mampu melayani empat pelanggan dalam satu waktu.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.