Contoh Soal Pretest PPG Pedagogik (2)




PPG
PPG

Contoh Soal Pretest PPG Pedagogik (2)

Contoh Soal Pretest PPG Pedagogik (2). PPG merupakan sebuah program pendidikan setelah program sarjana dimana bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar memiliki keahlian khusus dalam menjalani profesi sebagai guru.

Pada artikel ini adalah contoh soal pretest PPG mata uji pedagogik lanjutan dari artikel sebelumnya :

Contoh Soal Pretest PPG Pedagogik (2) dapat disimak pada artikel ini

Baca Juga : Contoh Soal TKP PPPK

  1. Dalam memilih dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
    A. Sahih
    B. Kebermanfaatan
    C. Layak dipelajari
    D. Menarik minat
  1. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola….
    A. Kausal
    B. Spiral
    C. Kronologis
    D. inquiri
  1. Memilih media pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
    Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria…
    A. tujuan
    B. sasaran didik
    C. ketersediaan
    D. konteks penggunaan
  1. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih media pembelajaran adalah…
    A. Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
    B. Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
    C. Pendidik harus menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
    D. Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
  1. Pada saat mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat dibagi ke dalam..
    A. media yang memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
    B. media yang dpat didengar saja dan media yang dapat dilihat
    C. media tradisional dan media berbasis TIK
    D. media dua dimensi dan media tiga dimensi
  1. Di ruang media tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal ini.
    Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah…
    A. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
    B. Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
    C. Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
    D. Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
  1. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
    A. media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
    B. sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
    C. media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
    D. memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
  1. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
    Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
    A. Menampilkan objek yang terlalu besar
    B. Membuat konkrit konsep yang abstrak
    C. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
    D. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
  1. Media memiliki fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal menggunakan medianya saja.
    Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
    A. Menampilkan objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
    B. Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
    C. Membuat konkret konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
    D. Menampilkan objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
  1. Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
    A. book
    B. forum
    C. blog
    D. e-portofolio

Contoh Soal Pretest PPG Pedagogik (2)

  1. Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
    Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
    A. program mencari informasi
    B. program desktop publishing
    C. program untuk menjelajahi laman
    D. program penciptaan laman
  1. Saat kita akan informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
    Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah…
    A. www.yahoo.com
    B. www.gmail.com
    C. www.hotmail.com
    D. www.cari-data.com
  1. Seorang guru akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah…
    A. Microsoft Database
    B. Microsoft PowerPoint
    C.Microsoft Desktop Publishing
    D. Microsoft Word
  1. Seorang guru dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan presentasi adalah….
    A. Microsoft Database
    B. Microsoft Spread Sheet
    C. Microsoft powerpoint
    D. Microsoft Desktop Publishing
  1. pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
    Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran…
    A. portofolio
    B. saintifik
    C. penemuan
    D. autentik
  1. Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum.
    Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ….
    A. projek based learning
    B. discovery Learning
    C. Problem Based Learning
    D. Inquiry learning
  1. Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat.
    Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ….
    A. Project based learning
    B. inquiry learning
    C. Discovery learning
    D. problem based learning
  1. Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
    1) Penentuan Pertanyaan Mendasar,
    2) Mendesain Perencanaan Proyek,
    3) Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
    4) Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
    5) Menguji Hasil (Assess the Outcome),
    6) Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
    Urutan yang benar adalah ….
    A. 1-2-3-4-5-6
    B. 1-3-2-4-5-6
    C. 1-3-2-5-6-4
    D. 1-2-3-5-4-6
  1. Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
    1) Mengorganisasi siswa dalam belajar
    2) Orientasi siswa pada masalah
    3) Membimbing penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
    4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
    Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang tepat adalah ….
    A. 1-2-3-4
    B. 2-3-1-4
    C. 3-2-1-4
    D. 2-3-1-4
  1. Kriteria keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
    A. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
    B. Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
    C. Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
    D. Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
  1. Fungsi KKM adalah sebagai berikut, kecuali….
    A. sebagai acuan peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
    B. merupakan target satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
    C. dapat digunakan sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
    D. Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.
  1. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
    A. Pencapaian standar kompetensi
    B. Pencapaian kompetensi dasar.
    C. Pencapaian tujuan pembelajaran
    D. Pencapaian standar kelulusan
  1. Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
    A. Menilai tingkat pencapaian hasil belajar siswa
    B. Menambah bahan pelajaran baru
    C. Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
    D. Memilih waktu yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
  1. Instrumen yang diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
    A. Pedoman observasi
    B. Kuesioner
    C. Pedoman wawancara
    D. Tes hasil belajar
  1. Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
    A. Buku sumber yang digunakan
    B. Kurikulum dan silabus
    C. Indikator pencapaian kompetensi
    D. Kemampuan awal siswa
  1. Salah satu prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus terpadu artinya:
    A. penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
    B. penilaian merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
    C. penilian berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
    D. penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
  1. Instrumen penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
    A. Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
    B. Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
    C. Bahasa yang digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
    D. Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
  1. Untuk mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
    A. Mean
    B. Modus
    C. Median
    D. Simpangan baku
  1. Standar penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
    A. Penilaian hasil belajar peserta didik
    B. Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
    C. Penilaian silabus dan RPP
    D. Penilaian standar kompetensi lulusan
  1. Penilaian adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….
    A. Objektivitas.
    B. Transparan
    C. Bermakna
    D. Menyeluruh
  1. Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
    A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
    B. memberikan test tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
    C. memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
    D. diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan tinggi
  1. Dasar rancangan program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan belajar ….
    A. proses pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
    B. tujuan pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
    C. sasaran terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
    D. strategi yang dipilihhanya berbentuk test ulang
  1. Salah satu prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan guru ….
    A. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
    B. Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar siswa
    C. Menggunakan rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
    D. merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
  1. . Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
    A. Nilai batas ambang kompetensi
    B. Nilai minimal yang dicapai peserta didik
    C. Nilai maksimal yang dicapai peserta didik
    D. Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

Contoh Soal Pretest PPG Pedagogik (2)

  1. Penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
    A. Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
    B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
    C. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
    D. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial
  1. Penilaian hasil belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ….
    A. Konstruktivisme
    B. Authentic assesment
    C. Efektif
    D. kondusif
  1. Pendekatan tes ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
    Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
    A. Penilaian berkelanjutan
    B. penilaian menyeluruh
    C. penilaian acuan patokan
    D. penilaian acuan norma
  1. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik peserta didik.
    Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ….
    a. Penilaian berkelanjutan
    b. Penilaian autentik
    c. Penilaian acuan patokan
    d. Penilaian acuan norma
  1. Menggambarkan sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
    A. tujuan penilaian
    B. prinsip penilaian
    C. fungsi penilaian
    D. hasil penilaian
  1. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
    A. prinsip penilaian
    B. tujuan penilaian
    C. fungsi penilaian
    D. bentuk penilaian.
  1. Assesment hasil belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
    A. objektif
    B. adil
    C. kooperatif
    D. terpadu.
  1. Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
    A. adil
    B. objektif
    C. valid
    D. sistematis
  1. Penilaian yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
    A. adil
    B. akuntabel
    C. valid
    D. sistematis
  1. Penilaian yang dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
    A. adil
    B. objektif
    C. valid
    D. sistematis
  1. Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar peserta didik, kecuali….
    A. ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
    B. menggunakan acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
    C. ditindaklanjuti dengan program remedial dan pengayaan
    D. dilakukan pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek

Kunci Jawaban :

Baca Juga : Contoh Soal TWK Dan Pembahasannya

  1. A
  2. B
  3. D
  4. B
  5. A
  6. A
  7. C
  8. B
  9. A
  10. C
  11. C
  12. A
  13. D
  14. C
  15. B
  16. A
  17. D
  18. A
  19. B
  20. C
  21. D
  22. B
  23. D
  24. A
  25. C
  26. D
  27. D
  28. D
  29. A
  30. A
  31. D
  32. C
  33. C
  34. A
  35. C
  36. B
  37. D
  38. C
  39. C
  40. B
  41. C
  42. C
  43. B
  44. D
  45. D




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.