Cara Login Otomatis Hotspot Mikrotik Dengan Mac Address




Cara Login Otomatis Hotspot Mikrotik Dengan Mac Address
Cara Login Otomatis Hotspot Mikrotik Dengan Mac Address

Cara Login Otomatis Hotspot Mikrotik Dengan Mac Address

Cara Login Otomatis Hotspot Mikrotik Dengan Mac Address. Hotspot adalah layanan yang luar biasa di MikroTik Router. MikroTik Hotspot populer digunakan di ISP, Hotel, Bandara, Kedai Kopi, kantor Enterprise dan banyak organisasi lainnya. Secara default Hotspot MikroTik menggunakan metode login HTTP CHAP dimana user harus memasukkan username dan password untuk mendapatkan layanan internet.

Terkadang kita mungkin menghadapi permasalahan bahwa beberapa pengguna dapat memasukkan username dan password untuk mendapatkan layanan internet atau kita tidak dapat meminta beberapa pengguna untuk memasukkan username dan password mereka sendiri untuk mendapatkan internet karena suatu alasan (misal: bos atau atasan). Dalam hal ini terkadang kita perlu mengizinkan beberapa pengguna untuk mendapatkan internet tanpa halaman login Hotspot.

Untuk mengatasi situasi ini MikroTik memperkenalkan login Hotspot otomatis menggunakan MAC Address. Pada artikel ini saya akan membahas cara mengaktifkan login Hotspot dengan metode MAC sehingga kita dapat mengizinkan beberapa pengguna login otomatis di Layanan Hotspot.

Konfigurasi Login Hotspot Dengan Mac Address

Login dengan metode MAC Address di Hotspot MikroTik memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses internet tanpa halaman login. Jadi, jika kita mengizinkan setiap pengguna login dengan MAC Address, dia akan mendapatkan akses internet secara otomatis tanpa otentikasi dari halaman login Hotspot. Untuk mengizinkan login otomatis oleh MAC di Hotspot MikroTik, kita harus melakukan langkah-langkah berikut dalam konfigurasi Hotspot.

Baca Juga : Cara Reset Router Mikrotik RB450G

  • Mengaktifkan Login dengan MAC Address di Hotspot MikroTik
  • Membuat Pengguna Hotspot dengan MAC Address Perangkat Pengguna Tersebut

Mengaktifkan Login dengan MAC Address di Hotspot MikroTik

Login dengan metode MAC Address memang secara default dinonaktifkan di MikroTik Hotspot. Jadi, jika kita ingin mengizinkan otentikasi MAC di Hotspot MikroTik, kita harus mengaktifkan login dengan metode MAC di profil Server Hotspot. Langkah-langkah berikut akan menunjukkan cara mengaktifkan login dengan metode MAC di profil Hotspot MikroTik.

  • Login MikroTik Router dengan Winbox menggunakan kredensial login pengguna izin penuh atau admin.
  • Buka item menu IP > Hotspot. Jendela hotspot akan muncul.
  • Klik pada tab Profil Server dan kemudian klik pada profil server yang aktif.
  • Dari jendela profil server aktif, klik pada tab Login dan kemudian klik pada kotak centang MAC Addresss.
  • Dari mode otentikasi MAC kita dapat memilih MAC sebagai username atau MAC sebagai username dan password. Mesin otentikasi Hotspot MikroTik dan Otentikasi Server RADIUS Userman MikroTik memungkinkan otentikasi MAC tanpa password tetapi banyak Server RADIUS tidak mengizinkan otentikasi tanpa password. Jadi, akan aman untuk memilih mode otentikasi MAC baik username dan password dan saya juga akan lebih memilih metode ini. Jika Anda ingin menyimpan MAC sebagai username dan password, pilih MAC sebagai username dan password dari MAC Auth.
  • Dimungkinkan juga untuk menggunakan MAC sebagai username dan password umum untuk semua pengguna sehingga Server RADIUS tidak menolak otentikasi. Jika Anda ingin mempertahankan opsi ini, pilih MAC sebagai username dari MAC Auth. Menu dropdown mode dan masukkan password umum Anda di MAC Auth. Dalam hal ini MikroTik akan mengirimkan MAC sebagai username dan password umum ke mesin otentikasi pengguna mana pun.
  • Klik Apply dan tombol OK.

Membuat Hotspot User dengan MAC Address Perangkat User Tersebut

Setelah mengaktifkan login otomatis dengan MAC Address, sekarang kita akan mengkonfigurasi pengguna di Hotspot MikroTik dengan MAC Address perangkat user tersebut. Caranya dapat dibaca pada langkah-langkah berikut ini :

  • Dari jendela Hotspot klik pada tab User dan kemudian klik TANDA PLUS (+). Jendela Hotspot User baru akan muncul.
  • Pilih server aktif Hotspot dari menu dropdown Server.
  • Kumpulkan MAC Address perangkat yang diizinkan dan masukkan bidang input Nama.
  • Karena kami telah memutuskan untuk memasukkan MAC sebagai username dan password, masukkan MAC Address di bidang input password juga.
  • Pilih profil yang dibuat yang ingin Anda terapkan pada MAC Address ini dari menu dropdown Profil.
  • Klik Apply dan tombol OK.
Cara Login Otomatis Hotspot Mikrotik Dengan Mac Address

Kita dapat membuat pengguna sebanyak yang kita butuhkan dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Sekarang untuk mencobanya, silahkan jelajahi situs apa pun dari perangkat yang diizinkan. Jika semuanya OK, Anda akan menemukan bahwa perangkat bisa mendapatkan internet tanpa otentikasi dari halaman login Hotspot. Jadi, login otomatis dengan alamat MAC di Hotspot MikroTik sekarang berfungsi dan melewati halaman login Hotspot untuk perangkat yang diizinkan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.