Contoh Soal PPPK P3K Guru Kelas SD PGSD




Contoh Soal PPPK P3K Guru Kelas SD PGSD

Contoh Soal PPPK P3K Guru Kelas SD PGSD. Berikut contoh soal tes seleksi PPPK P3K teknis guru kelas SD PGSD tahap 2 tahun 2021.
Dengan mempelajari contoh soal PPPK P3K guru kelas SD PGSD diharapkan bapak ibu dapat mampu dengan mudah mengerjakan soal pada tes seleksi tersebut.

1. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi dimana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau Menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Kognitif
C. Humanistic
D. Behaviorisme
E. konstruktivisme
Jawaban: E

2. Seorang guru menjumpai kebiasaan belajar yang kurang tepat yang dilakukan oleh salah seorang siswanya sehingga kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Langkah awal yang tepat untuk mengatasi kesulitan belajar demikian yaitu ….
A. Tunjukkan akibat atau dampak kebiasaan belajar yang salah terhadap prestasi belajar
B. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan aspirasinya secara rasional
C. Ciptakan iklim sosial yang sehat antara guru dengan siswa, dan antar siswa di dalam kelas
D. Susun aturan dan batasan-batasan dalam proses pembelajaran
E. Berikan kesempatan memperoleh pengalaman yang menyenangkan atau memperoleh sukses dalam belajar meskipun prestasinya minimal
Jawaban: E

3. Seorang guru yang mengembangkan tujuan pembelajaran untuk menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ….
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
E. Lembar Penilaian
Jawaban: B

4. Dalam mempersiapkan pembelajaran seorang guru akan selalu bertemu dengan istilah Silabus dan RPP. Silabus dan RPP sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai berikut ….
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan RPP mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh setiap guru, sedangkan Silabus dibuat oleh tim guru
D. Silabus dan RPP keduanya disusun oleh setiap satuan Pendidikan
E. Dalam Silabus dijelaskan metode, media pembelajaran, sumber belajar, Langkah-langkah pembelajaran, dan evaluasi secara rinci
Jawaban: A

5. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berfikir dan bertindak kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan tepat, adalah ….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
Prediksi Soal Kompetensi Pedagogik 1
D. Picture and Picture
E. Kontekstual
Jawaban: C

6. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ….
A. Memberikan acuan
B. Melaksanakan tes awal
C. Memberikan bimbingan
D. Membuat kaitan
E. Mengingatkan motivasi
Jawaban: D

7. Factor yang penting dipertimbangkan oleh seorang guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah dalam proses pembelajaran adalah ….
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta didik yang mengikuti pembelajaran
D. Motivasi belajar siswa
E. Ruang yang tersedia
Jawaban: B

8. Seorang guru harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah ….
A. Media pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B. Sebuah media dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. Semua media pembelajaran sama cara pemanfaatannya
D. Media dapat digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
E. Memilih media tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan

Jawaban: D

9. Jika seorang guru ingin melakukan penilaian portofolio pada proses pembelajaran, maka penilaian portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan penilaian menyeluruh terhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil tes harian dan sumatif tiap siswa
C. Memberikan tugas kepada siswa untuk dikerjakan di rumah
D. Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
E. Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajaran dan tes remedial

Jawaban: D

10. Berdasarkan data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 orang sehingga mengikuti program remedial, sedangkan yang dinyatakan tuntas mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat dilakukan oleh guru dengan cara ….
A. mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Diberikan bahan ajar berupa modul
C. Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
D. Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
E. Memberi tugas mengerjakan lembar kerja siswa

Jawaban: A

11. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing peserta didik baru kolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek (materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru merupakan strategi pembelajaran ….
A. Project Based Learning
B. Kontekstual
C. Discovery Learning
D. Problem Based Learning
E. Inquiry Learning

Jawaban: A

12. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dengan mengintegrasikan teknologi merupakan kompetensi pada aspek ….
A. Penguasaan terhadap karakteristik peserta didik
B. Penguasaan pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
C. Pengembangan kurikulum
D. Penyelenggaraan pembelajaran yang mendidik
E. Berkomunikasi pada peserta didik

Jawaban: B

  1. Teori ini memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubungan antara rangsangan dari luar (stimulus) dan balasan dari siswa (respon) yang dapat diamati. Semakin sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah ….
    A. Behaviorisme
    B. Kognitif
    C. Humanistic
    D. Sibernetik
    E. konstruktivisme

Jawaban: A

  1. Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ….
    A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
    C. Memberikan tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrumen tesnya yang sesuai
    D. Diberi soal serupa untuk memastikan tingkat keberhasilan belajar
    E. Diberikan materi bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang memiliki kesulitan yang tinggi

Jawaban: E

Sumber : Mantra Sukabumi




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.