Cara Membuat Roadmap di PowerPoint




Cara Membuat Roadmap di PowerPoint

Cara Membuat Roadmap di PowerPoint. Microsoft PowerPoint adalah alat yang hebat. Dan penggunaannya lebih dari sekadar membuat presentasi PowerPoint yang indah. Dari membuat poster hingga mengubah ide presentasi menjadi video, Anda dapat melakukan lebih banyak hal dengan alat ini. Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara membuat peta jalan di PowerPoint.



Apa itu Roadmap?

Roadmap adalah gambaran tingkat tinggi dari visi dan arah proyek dari waktu ke waktu. Sebuah peta jalan yang khas meliputi:

  • Tujuan
  • Milestones
  • Hasil utama

BACA JUGA : CARA MENAMBAHKAN TANDA TANGAN DIGITAL DI MICROSOFT WORD

Meskipun peta jalan secara visual menunjukkan keseluruhan strategi dan pekerjaan yang diperlukan untuk mencapai milestone, peta jalan terkadang juga digunakan untuk menyajikan garis waktu tentang bagaimana perusahaan telah berkembang dari waktu ke waktu.

Bisakah Anda Menambahkan Peta Jalan ke Presentasi PowerPoint?

Ya, Anda dapat menambahkan peta jalan ke presentasi PowerPoint. Microsoft memiliki perpustakaan template garis waktu yang kaya, termasuk template garis waktu peta jalan produk, garis waktu pertumbuhan, dan banyak lagi.
Namun, Anda mungkin memerlukan langganan ke Microsoft 365 untuk mengunduh template premium.

Cara Membuat Peta Jalan di PowerPoint

Ada beberapa elemen desain yang dapat Anda mainkan saat membuat peta jalan di PowerPoint. Bergantung pada tema presentasi, Anda dapat menggabungkan berbagai ikon, bentuk, dan elemen lain dalam presentasi peta jalan Anda.
Berikut ini adalah proses langkah demi langkah untuk membuat peta jalan di PowerPoint:

Langkah. 1 Cara Membuat Peta Jalan di PowerPoint

Klik pada tab Baru dan kemudian pilih Presentasi Kosong untuk membuka slide presentasi PowerPoint yang kosong.

Langkah. 2

Setelah membuka slide kosong, Anda akan melihat dua kotak teks tempat Anda dapat menambahkan judul dan subjudul presentasi. Hapus kedua kotak teks untuk memiliki slide presentasi putih kosong yang jelas.

Langkah. 3

Klik pada tab Insert dan buka menu Shapes. Sisipkan bentuk garis di slide Anda. Sesuaikan untuk menempatkannya secara horizontal.

Langkah. 4

Pilih garis dan klik pada tab Shape Format. Masuk ke menu Shape Outline untuk mengubah warna garis. Anda juga dapat menambah tebal garis dan membuatnya lebih tebal dengan memilih opsi Weight dari bagian drop-down yang sama.

Langkah. 5

Klik menu Insert lagi dan pilih bentuk oval. Tahan tombol ctrl dan shift bersama-sama, buat lingkaran kecil dan letakkan di salah satu ujung garis.

Langkah. 6

Pilih lingkaran dan Pergi ke Shape Format. Klik pada tab Shape Fill dan ubah warna lingkaran sesuai keinginan.

Langkah. 7

Pergi ke menu Shape lagi dan masukkan hollow circle. Buat hollow circle lebih tipis dan letakkan di sekitar lingkaran yang baru saja Anda buat. Setelah memilih hollow circle, Anda dapat mengubah warna hollow circle dari tab Shape Fill.

Pilih hollow circle dan buat duplikatnya (dengan mengklik ctrl+D). Ubah warnanya dan letakkan di atas desain hollow circle yang dibuat sebelumnya. Dengan menahan tombol ctrl dan shift bersamaan, buat hollow circle kedua sedikit lebih besar.

Langkah. 8

Pilih garis lurus dan buat duplikatnya. Buka tab Format Shapes dan klik Rotate. Pilih Putar Kanan 90°. Tempatkan garis vertikal tepat di tengah hollow circle. Menahan tombol shift, Anda dapat mengubah ukuran garis.

Langkah. 9

Pilih bentuk busur dari menu Shapes di bawah tab Insert. Pindahkan titik kuning, buat bentuk lingkaran dan letakkan di sekitar desain lingkaran berongga yang kita buat sejauh ini.

Seret titik kuning dan ubah arah busur sehingga sesuai dengan desain peta jalan yang disajikan di bawah ini. Anda dapat mengubah warna garis dan berat bentuk busur dari menu Shape Format.

Langkah. 10

Pilih lingkaran oval. Tahan ctrl dan shift, seret ke ujung lain dari garis vertikal seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Klik pada tab Text Box dari menu Insert untuk menambahkan kotak teks. Anda dapat menambahkan kotak teks sebanyak permintaan desain template peta jalan Anda.

Setelah kotak teks ditambahkan ke peta jalan, Anda dapat mengubah ukuran, warna, dan jenis font.

Langkah. 11

Pilih seluruh desain. Tahan ctrl dan shift seret semuanya ke kanan dan itu akan menduplikasi. Sesuaikan kotak teks dan garis horizontal sesuai kebutuhan desain.

Langkah. 12

Setelah Anda selesai dengan menduplikasi dan menyesuaikan semua elemen, ubah warna garis dan bentuk. Klik menu Shape Format. Pergi ke Shape Fill, pilih warna yang sesuai, dan isi bentuk dengan itu. Ubah warna garis dari tab Shape Outline.

Desain template roadmap Anda akan terlihat seperti di bawah ini:

Langkah. 13

Setelah peta jalan Anda siap, buat nama file dan simpan untuk digunakan di masa mendatang. Ada beberapa opsi untuk menyimpan file.

Pilih format .pptm untuk menyimpan file sehingga Anda dapat mengeditnya dengan mudah di masa mendatang.

Untuk mencetak file, simpan dalam format .jpg atau .pdf.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.