Cara Mengecek Bansos Kemensos




Cek Bansos
Cek Bansos

Cara Mengecek Bansos Kemensos

Cara Mengecek Bansos Kemensos. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa dimasa pandemi COVID-19 ini Pemerintah telah mengucurkan beberapa stimulus bantuan bagi masyarakat terdampak pandemi yang diantaranya adalah berupa Sembako, BLT (Bantuan Langsung Tunai), Bantuan Program Keluarga Harapan, dan juga Bantuan Langsung Tunai Dana Desa.

Seperti yang telah dilansir dari Siaran Pers Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, bahwasanya alokasi pemberian bantuan seyogyanya telah berakhir pada bulan April 2021, namun demikian program bantuan ini akan diperpanjang hingga bulan Mei-Juni 2021.

Menko PMK, Muhadjir Effendy, sendiri berpesan bahwa penting adanya sebuah pengawasan yang ketat agar bansos dapat tersalurkan dengan baik ke penerima bantuan dan dapat dibelanjakan. Adapun dokumen-dokumen yang perlu dipersiapkan oleh penerima diantaranya adalah NIK (Nomor Induk Kependudukan / No KTP), Nama, Tanggal Lahir, dan Alamat.

Masih menurut Menko PMK, sebuah hal penting juga adalah terkait dengan integrasi data penerima bantuan. Sehingga harapannya data-data penerima bantuan tidak saling tumpang tindih dan valid.

Untuk mengecek Bansos Kemensos bisa dilakukan melalui laman resmi Kemensos di : cekbansos.kemensos.go.id

Adapun langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengecek Bansos Kemensos tersebut adalah :

  1. Buka laman resmi Kemensos melalui web browser pada perangkat komputer atau smartphone anda melalui alamat cekbansos.kemensos.go.id
  2. Kemudian pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa.
  3. Isian “Nama Penerima Manfaat” diisi dengan nama lengkap sesuai dengan yang tertera di KTP
  4. Setelah itu isikan kode Captcha sesuai dengan kata yang muncul di kotak verifikasi Captcha
  5. Kemudian klik “Cari Data”

Jika nama tersebut terdaftar sebagai penerima manfaat bansos, maka akan muncul data identitas penerima, alamat, dan periode bantuan tersebut. Namun bila nama tersebut tidak terdaftar, maka tidak akan muncul data apapun pada laman resmi kemensos tersebut.

Perlu diketahui bahwa setiap bantuan yang diterima oleh penerima manfaat bantuan mempunyai mekanisme yang berbeda-beda dalam pencairannya. Sehingga sangat penting bagi penerima manfaat agar mencari informasi lebih lanjut tentang bantuan sosial yang diterimanya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.