Alur Pendaftaran CPNS SSCASN BKN dan Seleksinya




Alur SSCASN BKN
Alur SSCASN BKN

Alur Pendaftaran CPNS SSCASN BKN dan Seleksinya

Alur Pendaftaran CPNS SSCASN BKN dan Seleksinya. Pada tahun 2021 ini BKN telah merilis berbagai formasi pengadaan CPNS di berbagai kabupaten, kota, dan kementerian. Pendaftaran CPNS ini dilakukan secara online atau daring sehingga harus benar-benar diperhatikan cara pendaftarannya dan alur pendaftaran juga jenis-jenis seleksi yang dilakukan agar dapat diterima sebagai peserta seleksi CPNS.

Simak Alur pendaftaran dan seleksi yang nantinya akan berjalan, yaitu :

1. Pendaftaran Akun

Untuk melakukan pendaftaran akun peserta, calon peserta harus mendaftar dengan mengakses ke website resmi SSC ASN BKN yaitu pada url : https://sscasn.bkn.go.id. Jika belum mempunyai akun, silahkan membuat akun terlebih dahulu. Namun jika sebelumnya sudah mempunyai akun, anda cukup langsung login saja dengan akun yang sudah pernah dibuat. Setelah membuat akun, lengkapi semua form yang dibutuhkan termasuk mengunggah KTP dan Swafoto. Perlu diperhatikan bahwa file yang diunggah ukuran file-nya harus tidak lebih dari 200 kilobytes.

2. Mendaftar Formasi

Setelah pendaftaran akun berhasil, bukan berarti langkah pendaftaran sebagai peserta seleksi sudah berakhir sampai disitu. Namun, peserta terlebih dulu harus memilih jenis seleksi yang diinginkan. Setelah memilih jenis seleksi yang diinginkan kemudian peserta harus memilih formasi yang diinginkan. Lalu silahkan mengunggah dokumen-dokumen yang sudah ditentukan pada website tersebut.

Lakukan semua langkah tersebut kemudian cek resume anda dan jika semuanya sudah sesuai, silahkan untuk mengakhiri pendaftaran. Jangan lupa untuk mencetak kartu informasi akun dan kartu pendaftaran akun yaa.

Baca Juga : Formasi CPNS PPPK 2021 Provinsi Sumatera Utara

3. Seleksi Administrasi

Pada tahap seleksi administrasi ini panitia melakukan verifikasi dan seleksi data-data yang sudah diisi oleh para pelamar. Setelah melakukan verifikasi kemudian panitia akan mengumumkan hasil seleksi administrasi tersebut. Pelamar diberi kesempatan untuk menyanggah hasil seleksi administrasi tersebut jika pelamar sudah dinyatakan tidak lulus. Setelah masa sanggah sudah selesai, panitia akan mengumumkan hasil sanggahan tersebut. Jika semua proses seleksi administrasi dan proses sanggah sudah berakhir, para peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat melakukan cetak kartu ujian.

4. Seleksi Kompetensi Dasar

Seleksi pertama yang akan dilangsungkan adalah seleksi kompetensi dasar. Peserta melakukan seleksi kompetensi dasar berbasis komputer di lokasi tes yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara. Setelah melakukan tes kompetensi dasar tersebut, panitia mengumumkan hasil tes kompetensi dasar para peserta. Peserta yang sudah dinyatakan lulus oleh panitia dapat melanjutkan ke seleksi berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang.

5. Seleksi Kompetensi Bidang

Hampir sama dengan alur sebelumnya, panitia yang sudah lulus SKD dapat melakukan ujian seleksi kompetensi bidang secara online berbasis komputer di lokasi tes yang sudah ditentukan masing-masing kabupaten, kota, atau kementerian terkait. Setelah selesai melakukan seleksi kompetensi bidang, panitia mengumumkan hasil seleksi kompetensi bidang tersebut.

6. Pengumuman Kelulusan

Pengumuman kelulusan dilakukan oleh panitian dengan menggabungkan hasil seleksi kompetensi dasar dan hasil seleksi kompetensi bidang. Hampir sama dengan proses seleksi administrasi, pada pengumuman kelulusan ini peserta dapat dan diberikan waktu oleh panitia untuk menyanggah hasil gabungan seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang. Setelah masa sanggah selesai, panitia kembali mengumumkan hasil sanggah tersebut. Pada proses pengumuman hasil sanggah ini, pengumuman kelulusan bersifat mutlak dan tidak dapat kembali disanggah oleh peserta. Peserta yang sudah dinyatakan lulus kemudian dapat melakukan pemberkasan.

Itulah tadi alur dan tahapan pendaftaran hingga seleksi pada SSCASN BKN. Semoga dapat bermanfaat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.