Tips Aman Menggunakan Sosial Media




Sosial Media
Sosial Media

Tips Aman Menggunakan Sosial Media

Tips Aman Menggunakan Sosial Media. Dengan meningkatnya konektivitas internet yang cepat dan menjadi gaya hidup saat ini, media sosial telah muncul sebagai semacam standar untuk terhubung dan tetap berhubungan dengan teman, keluarga, rekan kerja, guru, dan banyak orang yang lainnya.

Platform seperti Facebook dan Instagram memungkinkan Anda untuk berbagi potongan-potongan kehidupan Anda, LinkedIn lebih tentang koneksi profesional. Twitter memungkinkan Anda berbagi pemikiran dan pendapat Anda dan mengetahui apa yang orang lain katakan. Secara keseluruhan, interaksi media sosial mendorong komunikasi dua arah antara orang-orang dan bahkan berfungsi sebagai saluran populer untuk menjalin pertemanan, melamar pekerjaan, dan banyak lagi. Pada saat yang sama, Anda harus berhati-hati tentang keamanan dan privasi saat Anda menggunakan platform ini.

Baca Juga : Cara Kerja Algoritma Youtube

Oleh karena itu, menjadi penting untuk memahami apa yang harus dibagikan, berapa banyak yang harus dibagikan, dan dengan siapa harus dibagikan saat Anda berjejaring secara pribadi dan profesional. Berikut adalah beberapa aturan dasar yang telah Anda cakup sepenuhnya dalam hal keamanan media sosial.

Inilah tips agar Anda tetap aman dalam menggunakan sosial media :

  1. Kenali dan Verifikasi Teman Sosial Media Anda

Jauh sebelum Anda berpikir untuk berhati-hati dengan informasi yang Anda bagikan, penting adanya untuk waspada terhadap orang-orang yang terhubung dengan Anda. Selain keluarga, teman, dan kenalan, Anda mungkin juga ingin terhubung dengan orang yang tidak Anda kenal demi memperluas jaringan Anda. Tapi yang harus Anda sadari adalah tidak semua akun sosial media memuat profil asli, pada jaman sekarang ini banyak sekali orang yang sengaja untuk membuat akun palsu. Jika Anda tidak yakin tentang keaslian suatu akun, tidak dikenal, atau akun yang mengaku milik seorang kenalan, sangatlah penting untuk memverifikasinya terlebih dahulu.

Banyak pengguna membuat akun palsu untuk menggambarkan diri mereka sebagai orang lain atau membuat pernyataan palsu untuk menggiring sebuah opini, menyebarkan hoax, atau tujuan lainnya. Selanjutnya, akun palsu dapat diatur untuk mengirim koneksi ke situs jahat atau melakukan penipuan online. Pemeriksaan berkala pada koneksi Anda sangat penting agar Anda dapat mendeteksi yang palsu dan segera untuk menghapusnya dari pertemanan sosial media Anda.

  1. Batasi Privasi Kehidupan di Media Sosial Anda

Aplikasi media sosial saat ini telah memiliki pengaturan privasi efektif yang memungkinkan Anda mengubah profil sosial media Anda menjadi lebih privat. Dengan melakukannya, Anda dapat memastikan bahwa hanya teman atau pengikut Anda yang dapat melihat kiriman Anda atau berinteraksi dengan Anda. Sederhananya, Anda dapat menjadi penjaga gerbang untuk akun Anda dalam sosial media dan mencegah akses yang tidak sah ke akun sosial media Anda.

Pembatasan privasi dalam beberapa aplikasi sosial media tentunya sangat berbeda antara sosial media yang satu dan lainnya. Beberapa fitur diantaranya adalah anda dapat menyeleksi siapa saja yang dapat melihat postingan Anda dalam akun sosial media Anda. Sebelum Anda mulai menggunakan platform sosial media, ada baiknya agar Anda mengatur halaman privasi Anda terlebih dahulu. Juga, pahami bagaimana Anda dapat mengerjakan privasi setiap posting jika Anda tidak ingin semua orang di koneksi sosial media Anda melihatnya.

  1. Berhati-hatilah Dalam Membagikan Postingan Di Sosial Media

Berhati-hati dalam membagikan informasi adalah kunci dari keamanan di sosial media. Anda mungkin sangat senang membagikan segala hal kepada seluruh teman pada jejaring media sosial Anda. Namun demikian, membagikan tanggal lahir, alamat rumah, atau nomor telepon Anda bukanlah ide yang bagus karena dapat menimbulkan risiko keamanan fisik atau online.

Selanjutnya, Anda harus sangat berhati-hati dengan informasi keuangan Anda seperti nomor kartu kredit, informasi perbankan, atau kata sandi. Jika informasi ini jatuh ke tangan yang salah, Anda mungkin akan kehilangan uang atau bahkan membahayakan rekening bank Anda. Bahkan detail pribadi dan keuangan yang kecil dapat membuat Anda menjadi korban kejahatan seperti pencurian identitas dan penguntitan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga : Cara Backup Pesan Whatsapp di Google Drive

Perhatikan juga bahwa apa pun yang Anda bagikan yang mungkin sementara ‘dapat dihapus’ bisa saja muncul di tempat lain. Di internet hanya sedikit hal yang benar-benar hilang, tidak peduli seberapa hati-hati Anda. Jika Anda tidak ingin keluarga Anda melihatnya, jangan membagikannya di media sosial meskipun menggunakan akun anonim.

  1. Hati-hati Terhadap Postingan dan Gambar yang Anda Bagikan

Sudah menjadi sebuah kewajiban bahwa Anda harus berhati-hati dengan detail pribadi dan keuangan Anda ketika datang ke jejaring media sosial. Selain itu, Anda juga harus waspada terhadap postingan dan gambar, terutama jika Anda memiliki banyak pengikut yang mencakup orang yang tidak Anda kenal secara pribadi. Ada banyak sekali peniru dan orang-orang dengan niat jahat di luar sana yang bisa saja mengambil foto profil Anda dan berpura-pura menjadi Anda untuk niat yang jahat, sehingga penting untuk memahami nilai privasi.

5. Hindari Membagikan Posting Lokasi Anda

Kesalahan lain yang sering dilakukan pengguna sosial media adalah memposting lokasi mereka secara virtual. Hal ini dapat membahayakan keselamatan Anda di kehidupan nyata. Mungkin terasa menyenangkan untuk menyombongkan diri bahwa Anda sedang berlibur ke luar negeri atau mengunjungi lokasi wisata populer di sebuah kota, tetapi Anda akhirnya secara tidak sadar telah memberi tahu orang tak dikenal bahwa tidak ada orang di rumah. Demikian pula, penipu dan juga predator dapat dengan mudah menemukan sasaran empuk di tempat-tempat check-in turis dan tempat-tempat populer di kota tersebut.

  1. Buat Kata Sandi yang Kuat dan Gantilah Secara Berkala

Aturan keamanan jejaring sosial lain yang tidak boleh Anda abaikan adalah perlindungan akun Anda. Keamanan akun jejaring sosial sama pentingnya dengan keamanan komputer Anda atau akun online lainnya. Hal yang paling utama adalah Anda memerlukan kata sandi yang kuat yang mampu mencegah peretas mendapatkan akses ke akun Anda dan memposting spam atau konten berbahaya melaluinya.

Selain kata sandi yang kuat, pergantian kata sandi secara berkala juga dapat meningkatkan keamanan akun Anda dari para hacker atau peretas yang mencoba masuk ke akun media sosial Anda secara ilegal. Ada pepatah bilang bahwa “perlakukanlah kata sandi Anda seperti celana dalam, yaitu dengan sering menggantinya”. hehe…

Nah, semoga artikel ini bermanfaat dan Anda bisa terhindar dari bahaya dalam menggunakan sosial media. Ciao.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.