5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Jantung

Kebiasaan Buruk Bagi Jantung
Kebiasaan Buruk Bagi Jantung
5 Kebiasaan Buruk Bagi Jantung

Apa sajakah 5 kebiasaan buruk yang dapat merusak jantung itu? Tahukah anda jika anda makan gorengan satu kali dalam rentang waktu seminggu maka resiko terkena penyakit jantung meningkat sebesar 7% ? Atau jika anda tidur dengan durasi sembilan jam atau lebih maka resiko terkena penyakit jantung akan meningkat sebanyak 5%? Silahkan simak beberapa kebiasaan buruk yang dapat memicu resiko terkena penyakit jantung berikut ini : 

1.     Menu Buruk
Kerusakan jantung secara pelan dan pasti dapat dipicu oleh makanan dengan menu yang buruk. Makanan tersebut diantaranya adalah menu makanan yang banyak mengandung lemak dan gula sehingga dapat menyebabkan obesitas dan memperbesar peluang terkena resiko penyakit jantung. Tumpukan lemak di perut, dan berat badan yang berlebih dapat memperbesar resiko adanya penyakit jantung sebanyak 12%. Kadar garam yang berlebih dalam makanan sehingga makanan agak terasa asin juga dapat meningkatkan hipertensi. Hipertensi dapat memicu frekuensi tekanan yang dialami jantung menjadi semakin tinggi dan dapat menyebabkan serangan jantung. Menu makanan yang sehat dapat menurunkan resiko penyakit jantung sebesar 18%, menurut penelitian.

Kebiasaan Buruk Bagi Jantung
Kebiasaan Buruk Bagi Jantung


2.     Stress
Apabila anda mengalami stress secara berkepanjangan, sangat dianjurkan agar anda berkonsultasi dengan ahli terapi. Karena dampak dari stress dapat merusak tubuh dan menaikkan tekanan darah sehingga dapat menyebabkan melemahkan jantung anda. Hormon kartisol akan diproduksi oleh tubuh ketika seseorang mengalami stress. Hormon kartisol inilah yang membuat jantung bekerja dengan keras dalam memompa darah sehingga dapat merusak jantung.


3.     Kurangnya Olahraga
Memang sangat terdengar yaman jika memiliki pekerjaan yang lebih banyak dihabiskan dengan duduk di belakang meja secara terus menerus, namun jantung anda tidak terlalu menyukainya. Obesitas dapat disebabkan karena frekuensi bergerak dan berolahraga semakin sedikit, hal ini dapat menyebabkan berat badan yang semakin bertambah.
Menurut sebuah penelitian, resiko serangan jantung dan obesitas dapat dikontrol dan serangan jantung dapat diminimalisir jika anda lebih sering berolahraga. Jantung dapat berada dalam kondisi sehat jika melakukan olahraga ringan seperti berjalan dan lari-lari kecil setiap hari dalam seminggu selama 30 menit.

Baca Juga : Kopi Mampu Mencegah Sirosis


4.     Merokok
Bentuk rokok apapun sangat beresiko untuk jantung anda. Untuk saat ini sebanyak 30% penyakit jantung yang menyebabkan kematian disebabkan oleh rokok. Serangan jantung disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah oleh flek yang tertimbun di arteri dan menyempitkan pembuluh darah oleh bahan kimia yang terdapat pada tembakau.


5.     Kualitas Tidur
Setelah seharian bekerja, tubuh dapat diistirahatkan dengan tidur. Akan tetapi, tidur terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan dan dapat berakibat buruk bagi jantung. Selain itu, kurangnya durasi tidur juga dapat mengganggu nafsu makan dan keseimbangan hormon di dalam tubuh yang dapat berakibat buruk bagi jantung. Agar anda memiliki jantung yang sehat, anda perlu tidur cukup selama 7-8 jam dengan kualitas yang baik.

Dengan demikian, silahkan untuk lebih menyayangi jantung anda dengan menjaga pola hidup yang baik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.