Tips Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak




Cara Belajar Efektif
Cara Belajar EfektifTips mengatasi kecanduan gadget

Tips Mengatasi Kecanduan Gadget

Tips mengatasi kecanduan gadget sangat diperlukan karena saat ini gadget adalah suatu kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dalam kehidupan manusia. Gadget dewasa ini umum dimiliki oleh seluruh rentang umur dari anak kecil hingga orang tua.

Gadget kini bak pisau bermata dua. Di satu sisi mempunyai banyak manfaat akan tetapi di sisi yang lain gadget juga mempunyai dampak negatif terutama bagi anak kecil dan anak-anak dibawah umur.

Dewasa ini seorang anak dengan mudah mempunyai akses ke gadget milik orangtua. Bagi anak-anak, gadget lebih cenderung digunakan untuk bermain game alih-alih untuk kegiatan positif lainnya. Hal tersebut dapat memicu kecanduan gadget pada anak.

Lalu, cara apa saja yang dapat dilakukan untuk mencegah kecanduan gadget bagi anak?

Berikut ini adalah tips mencegah kecanduan gadget pada anak :

1. Mengatur Waktu Anak
Tips mengatasi kecanduan gadget
Tips mengatasi kecanduan gadget

Langkah pertama adalah batasi anak dalam mengoperasikan atau bermain gadget. Orang tua juga perlu mendampingi anak-anak selama bermain gadget. Selain pendampingan, buat jadwal untuk anak dalam bermain gadget dengan rentang waktu tertentu sehingga tidak mengganggu proses belajar anak dan dapat mengurangi kecanduan pada gadget tersebut.

2. Ajak Anak Beraktivitas di Luar Rumah

Manfaatkan waktu luang untuk mengajak anak bermain di luar rumah. Dengan bermain di luar rumah, anak-anak dapat belajar bersosialisasi dan bergaul dengan teman sebayanya. Selain itu permainan aktif yang disediakan dapat melatih sensor motorik pada anak sehingga dapat mendukung pertumbuhan anak dengan baik.

Baca Juga : 5 Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Jantung

3. Sediakan Alternatif Permainan

Berikan permainan alternatif pada anak seperti permainan-permainan edukasi lainnya. Orang tua juga perlu untuk mengetahui minat anak sehingga permainan-permainan alternatif yang ditawarkan dapat membuat anak tertarik. Dengan demikian, anak tersebut dapat lepas dari gadget.

4. Menggunakan Sistem Reward

Cara berikutnya yang dapat dipakai adalah dengan menggunakan sistem reward. Siapkan reward bagi anak ketika tidak bermain gadget dalam rentang waktu tertentu. Reward tersebut dapat berupa mainan baru, makanan yang disukai oleh anak, atau hal-hal lainnya.

5. Tegas dan Disiplin

Sikap tegas dan disiplin juga harus dimiliki orang tua untuk mencegah anak kecanduan gadget. Jangan memanjakan anak untuk terus bermain gadget, orang tua harus berani dan tega dalam mengambil sikap tegas dan disiplin demi kebaikan anak. Dengan demikian anak dapat lebih bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya dan dengan teman-teman sebayanya yang lain.

Itulah tips untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak. Yuk, sebagai orang dewasa maupun orangtua menjadi contoh yang baik dan memperhatikan anak-anak agar bahaya dari kecanduan gadget bisa dihindarkan.

Artikel ini juga sudah tayang di : https://bit.ly/39b2gNo




1 Trackback / Pingback

  1. Cara Pemberian ASI Bagi Ibu Positif Covid - Takur Singh Page

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.