Cara Menambah Keamanan Router Mikrotik




Cara Menambahkan Keamanan Router Mikrotik

Cara menambah keamanan router mikrotik diperlukan karena biasanya ketika kali pertama melakukan setting pada router mikrotik seringkali ada hal-hal yang lupa ditambahkan sehingga router mikrotik kita menjadi lebih rentan.

Beberapa cara yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk menambahkan keamanan pada router mikrotik kita diantaranya adalah :

  1. Update Username dan Password Router Secara Berkala

Secara default username dari router mikrotik adalah “admin” dan passwordnya ” ” (blank). Untuk menambah keamanan dari perangkat router mikrotik kita, sebaiknya user bawaan pabrikan tersebut bisa kita hapus, ubah, atau dinon-aktifkan untuk mencegah username dan password tersebut digunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab.

Untuk masuk ke daftar user pada router mikrotik, klik “System > Users”.

System > Users
Daftar User

Sebelum mengubah, mengedit, atau menghapus user admin, sebaiknya create dulu user dan password baru yang ingin digunakan untuk mengakses router mikrotik kita.

Jangan lupa perlakukan password akun kita seperti celana dalam yang sering-sering diganti. Memang sih, keamanan selalu berbanding terbalik dengan kenyamanan. hehehe…..

2. Matikan Service Router yang Tidak Diperlukan

Dalam router mikrotik yang baru, beberapa service dan port masih terbuka. Cara menambah keamanan router mikrotik adalah dengan menonaktifkan beberapa service yang tidak terpakai. Cara untuk melihat daftar service tersebut bisa diakses melalui “IP > Services“.

IP > Services
Daftar Services

Pada umumnya, jika router mikrotik kita hanya berfungsi sebagai perangkat jaringan saja, maka yang perlu diaktifkan adalah service “winbox” nya saja. Untuk service yang lain bisa dinonaktifkan. Untuk lebih menambah keamanan router mikrotik kita, Port pada service winbox bisa diganti dengan port yang lain. Namun demikian cara ini terbilang tricky, karena kita harus ingat betul port winbox yang telah kita ganti menjadi port berapa.

3. Daftarkan IP Address yang Dapat Mengakses Router

Cara menambah keamanan router mikrotik kita berikutnya dapat ditambahkan IP Address yang dapat login dengan menggunakan user yang sudah kita buat sebelumnya.

Allowed Address

Caranya dengan masuk pada “System > User” kemudian double click pada user kita, dan tambahkan IP Address pada “Allowed Address”.

1 Trackback / Pingback

  1. Cara Reset Router Mikrotik RB450G - Takur Singh Page

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.