Cara Daftar Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa




Laman Registrasi LTMPT
Laman Registrasi LTMPT
Cara Daftar Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa

Cara Daftar Akun LTMPT 2021 Bagi Siswa. Penting bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi dan berniat akan mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau jalur UTBK Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) untuk mempunyai akun LTMPT. LTMPT sendiri merupakan sebuah lembaga yang memfasilitasi dan menyelenggarakan tes masuk Perguruan Tinggi secara terukur juga tersetruktur.

Lantas, bagaimana cara mendaftar agar siswa mempunyai akun LTMPT? Sebenarnya langkah-langkah pendaftarannya cukup mudah. Namun demikian, diharapkan bagi para siswa yang eligible untuk teliti dan mengisi data-data yang dibutuhkan secara valid dan bersungguh-sungguh.

Laman Registrasi LTMPT
Laman Registrasi LTMPT

Cara pendaftaranya kurang lebih sebagai berikut :

  1. Siswa dapat mengakses ke url https://portal.ltmpt.ac.id kemudian klik pada link Daftar Disini.
  2. Klik tombol daftar, kemudian isikan data-data yang diminta kurang lebih adalah NISN, NPSN, dan Tanggal Lahir.
  3. Kemudian pastikan mengisikan alamat email yang masih aktif dan password yang anda inginkan
  4. Lalu pihak LTMPT akan melakukan verifikasi dan konfirmasi yang nantinya akan dikirimkan ke email yang telah didaftarkan. Inilah mengapa ketika mendaftar dan mengisikan alamat email harus dipastikan betul bahwa email tersebut aktif dan siswa bisa login ke email tersebut. Selain folder inbox, tidak ada salahnya juga siswa mengecek folder spam pada email untuk memastikan email konfirmasi dari LTMPT sudah sampai ke email siswa.
  5. Setelah akun siswa dikonfirmasi dan verifikasi, siswa dapat login ke dalam website LTMPT https://portal.ltmpt.ac.id dengan menginputkan alamat email dan password yang telah siswa daftarkan sebelumnya.
  6. Jika siswa berhasil masuk, siswa akan langsung diarahkan ke halaman dashboard portal LTMPT. Setelah itu silahkan pilih menu VERVAL (Verifikasi dan Validasi data sekolah atau siswa)
  7. Pada tahapan ini sangat penting karena siswa harus teliti dan memperhatikan secara seksama ketika mengisikan data atau memeriksa data yang ada. Apabila ada kesalahan data, silahkan untuk menghubungi pihak sekolah agar data tersebut dapat diperbaiki dan klik tombol “Perbarui Data“.
  8. Jika sudah selesai memeriksa data siswa, kemudian klik tombol “Selanjutnya” untuk masuk dan memulai verifikasi data riwayat sekolah.
  9. Hampir sama dengan tahapan verifikasi data siswa, silahkan untuk meneliti kembali data riwayat sekolah. Jika ditemukan data yang tidak sesuai, silahkan hubungi sekolah untuk perbaikan datanya. Setelah dirasa datanya valid semua, klik tombol “Perbarui Data“.
  10. Seusai memverifikasi data diri siswa dan riwayat sekolah, tekan tombol “Selanjutnya” untuk proses unggah foto terbaru siswa. Perhatikan ketentuan foto yang ada di halaman tersebut agar foto siswa dapat terunggah dengan baik.
  11. Setelah proses unggah foto sudah dilakukan, kemudian cek kembali data-data yang sudah diisikan pada halaman konfirmasi data. Sekali lagi, penting untuk diperhatikan secara seksama dan teliti data-data yang sudah diisikan. Jika data-data tersebut dirasa sudah benar, langkah selanjutnya adalah mencentang pernyataan dan melakukan klik pada tombol “Simpan Permanen“.
  12. Seusai menyimpan permanen, data-data tersebut tidak dapat diubah lagi. Silahkan download bukti permanennya dan simpan dengan baik bukti permanen tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat, jika ada kesulitan silahkan bertanya di kolom komentar. 🙂

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.