Cara Mendapatkan Subsidi Listrik PLN




PLN
PLN

Cara Mendapatkan Subsidi Listrik PLN

Cara Mendapatkan Subsidi Listrik PLN. Seperti kita tahu sebelumnya, subsidi atau stimulus bantuan biaya listrik PLN dapat diklaim melalui Whatsapp, aplikasi PLN Mobile, dan juga melalui website resmi pln yaitu www.pln.co.id. Namun demikian ada perbedaan tata cara mendapatkan subsidi listrik PLN di periode April – Juni 2021 ini.

Seperti yang saya kutip dari Kompas, Bob Saril yang merupakan Direktur Niaga dan Manajemen pelanggan mengungkapkan bahwa PLN telah berkomitmen untuk mendukung upaya pemerintah dan siap mensukseskan agenda tersebut dalam memberikan keringanan berupa stimulus dan subsidi listrik PLN bagi pelaku usaha maupun warga yang lain yang terdampak oleh Covid. Beliau juga dengan yakin dalam pelaksanaannya akan berjalan dengan baik.

PLN
PLN

Adapun untuk kategori stimulus dan subsidi pada periode April – Juni 2021 adalah sebagai berikut :

  1. Stimulus atau subsidi 50% untuk maksimal penggunaan 720 jam bagi masyarakat kecil dan pelaku usaha yang memiliki daya 450VA.
  2. Stimulus atau subsidi 25% untuk maksimal penggunaan 720 jam bagi golongan rumah tangga dengan daya listrik 900VA.
  3. Subsidi 50% rekening minimum disertai dengan gratis biaya abonemen untuk golongan sosial, industri, dan bisnis.

Potongan Langsung

Berbeda dengan sebelumnya yang harus melalui Whatsapp, website resmi PLN, maupun melalui aplikasi resmi PLN Mobile, untuk periode April-Juni 2021 ini pelanggan PLN tidak perlu melakukan klaim namun akan otomatis langsung mendapatkan potongan ketika mengisi pulsa listrik bagi pelanggan prabayar.

Sedangkan untuk pelanggan pascabayar, tagihan listrik secara otomatis terpotong oleh diskon tersebut. Nah sama halnya dengan kategori sosial, industri, dan bisnis terkait dengan digratiskannya biaya abonemen dan potongan biaya rekening minimum sebesar 50% juga dipotong di tagihan listriknya langsung.

Namun demikian, untuk tetap menjaga dan mengawal program ini agar terlaksana dengan baik, PLN telah membuka kanal aduan di aplikasi resmi PLN. Aplikasi resmi PLN Mobile tersebut dapat diunduh di Android maupun iOS. Silahkan melaporkan di kanal atau saluran resmi PLN tersebut apabila ada hal-hal yang dirasa kurang pas dengan kebijakan stimulus dan subsidi listrik PLN dalam upaya pemberian bantuan bagi masyarakan terdampak Covid-19 tersebut.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.