Cara Memperbaiki CCTV Hikvision Ngeblink




Cara Memperbaiki CCTV Hikvision Ngeblink

Cara Memperbaiki CCTV Hikvision Ngeblink. Penggunaan CCTV sekarang ini sangat banyak ditemui baik untuk keperluan pribadi maupun untuk tempat usaha, kantor, dan perusahaan. CCTV menjadi kebutuhan penting sebagai upaya menambah keamanan dalam sebuah tempat atau area tertentu.

Jenis CCTV pun terbagi menjadi dua yaitu IPCam dan Analog. IPCam merupakan cctv yang berbasis network dan dapat diakses melalui aplikasi smartphone atau melalui web browser komputer dan laptop. Sedangkan cctv analog hanya bisa diakses melalui DVR untuk melihat rekaman dan tangkapan langsung cctv tersebut.

Hikvision sendiri sebenarnya terhitung pemain baru dalam dunia cctv karena sebelumnya sudah ada beberapa brand cctv terkenal seperti panasonic, bosch, dll. Dalam segi harga, Hikvision memang menyediakan harga yang cukup terjangkau dengan kualitas yang lumayan cukup untuk kebutuhan standar CCTV. Saya sendiri juga pakai Hikvision untuk kebutuhan cctv di kantor. Btw, ini bukan artikel promosi ya. Tapi barangkali pihak Hikvision ingin endorse juga boleh..heheee..

Nah, kembali ke pokok bahasan yang ingin saya share dalam artikel ini. Beberapa waktu yang lalu cctv di kantor mulai aneh karena dalam beberapa waktu tertentu ada semacam blinking pada tangkapan layar maupun rekaman di cctv nya. Sekilas info, cctv kantor saya ini menggunakan Hikvision IP Cam DS-2CD3123G0-I(S) untuk indoor dan DS-2CD3023G0-I untuk camera outdoornya. Karena saya pakai IP Cam, maka untuk video recorder-nya adalah NVR bukan DVR. Perbedaan NVR dan DVR tunggu artikel selanjutnya ya…hehe..

Baca Juga : Cara Mempercepat Booting Komputer

Oke, lalu bagaimana mengatasi permasalahan IPCam ngeblink tersebut ? Menurut pengalaman saya adalah sebagai berikut ini :

  1. Silahkan login ke dalam NVR melalui web browser dengan memasukkan username dan password adminnya. Biasanya untuk Hikvision, browser yang disupport adalah internet explorer. Well, saya tau itu mungkin terdengar so last decade, tapi percayalah it works. hehe..

2. Pilih tab configuration. Dalam tab configuration ada beberapa pilihan untuk konfigurasi kamera, storage network, user management, dll. Dalam permasalahan yang saya hadapi tersebut, dugaan saya yang menyebabkan blinking pada device IP Cam Hikvision tersebut adalah karena fitur motion detection.

3. Untuk menghilangkan fitur motion detection pada IPCam Hikvision, maka dalam tab configuration tersebut pilih menu Event dan pilih Basic Event. Lalu pilih kamera yang dikehendaki dan hilangkan centang pada checkbox Enable Motion Detection dan Enable Dynamic Analysis for Motion kemudian jangan lupa klik Save.

Setelah anda hilangkan Enable Motion Detection dan Enable Dynamic Analysis for Motion maka silahkan pantau kamera tersebut pada tab Live View untuk melihat hasil dari configurasi tadi. Pada pengalaman saya, camera yang dihilangkan fitur tersebut tidak berkedip lagi baik pada Live View maupun Playback-nya.

Namun demikian jika anda memiliki puluhan atau ratusan kamera pada sebuah NVR, maka untuk melakukan konfigurasi seperti tadi dapat memakan waktu yang lumayan lama. Karena untuk menghilangkan centang pada fitur motion detection tersebut tidak bisa dilakukan secara berjamaah alias harus satu IPcam dalam satu waktu. Sehingga, siapkan koyo cabe untuk tangan anda. hehhe..

Demikianlah artikel ini dibuat sesuai dengan pengalaman saya dalam mengatasi troubleshooting IPCam Hikvision yang blinking alias berkedi-kedip. Semoga dapat bermanfaat. Apabila ada pertanyaan silahkan drop di kolom komentar yaa..

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.