DOJ IRS Investigasi Binance Exchange




Darrin Zammit Lupi / Reuters
Darrin Zammit Lupi / Reuters

DOJ IRS Investigasi Binance Exchange

DOJ IRS Investigasi Binance Exchange. Pertukaran cryptocurrency terbesar saat ini, Binance Exchange, tengan diinvestigasi oleh DOJ (Departemen Kehakiman) dan IRS (Internal Revenue Service) Amerika Serikat untuk investigasi pencucian uang dan penggelapan pajak. Dikutip dari Bloomberg, penyelidikan federal tersebut masih bersifat rahasia, namun demikian DOJ dan IRS tengah “mencari informasi dari individu-individu yang telah memiliki wawasan bisnis dengan Binance”.

Tuduhan untuk Binance tersebut didasari atas bisnis Binance yang berjalan tanpa pengawasan dari pemerintah, kurangnya kantor pusat perusahaan, penawaran praktek bisnis yang fleksibel dan cenderung lunak serta tidak memungut pajak.

Dalam menanggapi penyelidikan tersebut, juru bicara Binance menyatakan bahwa Binance exchange telah menjalankan kewajiban hukum dan telah bekerjasama dengan regulator dan penegak hukum secara kolaboratif.

Mereka menambahkan bahwa Binance exchange telah berusaha dengan keras untuk membangun sebuah program kepatuhan yang kuat dengan menggabungkan prinsip anti pencucian uang yang bisa digunakan oleh lembaga pemerintahan untuk mendeteksi aktivitas ilegal dan aktivitas-aktivitas mencurigakan lainnya.

Cryptocurrency dan Bitcoin telah menerima kritikan keras terkait dengan hubungan penggunaannya pada aktivitas-aktivitas kriminal. Janet Yallen, Menteri Keuangan Amerika Serikat, pada Januari lalu menyatakan keprihatinannya yang mendalam terhadap cryptocurrency terkait dengan pendanaan teroris dan aktivitas ilegal lainnya. Sedangkan tokoh keuangan Amerika Serikat lainnya, Charlie Munger, mengaitkan industri cryptocurrency dengan aktivitas “penculikan” dan “pemerasan”.

Ini bukan pertama kalinya Binance Exchange mengalai masalah hukum. Baru-baru ini, usaha Binance Exchange untuk masuk dalam perdagangan token saham telah menyita perhatian khusus regulator Eropa yang diantaranya adalah Otoritas Pelaku Keuangan (FCA) Inggris dan BaFin Jerman. Sedangkan pada bulan Maret tahun ini, Binance Exchange telah memperkerjakan mantan Senator Amerika Serikat, Max Baucus, untuk menangani segala hal yang berkaitan dengan legal term atau peraturan hukum.

Binance Exchange sendiri telah menjadi sebuah exchange cryptocurrency terbesar di dunia dengan penggunanya yang konon telah mencapai 100 juta pengguna di seluruh dunia. Selain Binance, peringkat kedua exchange cryptocurrency terbesar di dunia adalah Huobi.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.