Macam Jenis dan Nama Ikan Koi




Jenis ikan koi
Jenis ikan koi

Macam Jenis dan Nama Ikan Koi

Macam Jenis dan Nama Ikan Koi. Ikan Koi menjadi kegemaran baru di kalangan masyarakat. Namun demikian, tak banyak yang mau dan mampu untuk memelihara ikan hias ini. Ya, ikan hias ini termasuk dalam salah satu jenis ikan mewah dimana harga per ekornya bisa mencapai jutaan rupiah dan perawatan kolam ikannya juga memerlukan usaha yang sangat telaten dan teliti sehingga memang jenis ikan hias ini biasanya dimiliki oleh orang-orang dengan golongan ekonomi menengah keatas.

Jenis ikan koi bervariasi dengan warna yang berbeda-beda. Apa saja jenis ikan koi yang biasanya ada di pasaran? Berikut ini adalah jenis-jenis ikan koi beserta dengan penjelasannya, diurutkan berdasarkan alfabet :

  1. Asagi

Ikan koi Asagi mempunyai ciri-ciri yaitu tubuh ikan berwarna agak biru dan pada pangkal sirip dada terdapat warna merah. Warna Merah pada pangkal sirip dada tersebut biasa disebut Motoaka.

Ikan Koi Asagi
Ikan Koi Asagi

2. Bekko

Ikan Koi Bekko hanya memiliki 2 warna sederhana dalam tubuhnya yaitu hitam dan putih. Tidak ada tanda warna merah seperti ikan koi umumnya pada jenis ikan ini walaupun ikan ini dikembangbiakkan dari ikan koi Taisho Sanke.

Ikan Koi Bekko
Ikan Koi Bekko

3. Doitsu

Doitsu merupakan ikan koi jerman yang umumnya tidak bersisik. Namun tergantung pula dengan jenis Doitsu-nya. Kadang-kadang ditemukan juga ada sisik di sepanjang garis lateral dan punggung koi. Tetapi mayoritas Doitsu biasanya tidak mempunyai sisik.

Ikan Koi Doitsu
Ikan Koi Doitsu

4. Ginrin

Ginrin adalah varietas koi yang memiliki sisik berlian menakjubkan di seluruh tubuhnya. Berbeda dengan sisik ikan koi metalik dan platinum, sisik Ginrin bersifat reflektif dan dapat seara ajaib bersinar jika terkena cahaya.

Ikan Koi Ginrin
Ikan Koi Ginrin

5. Goshiki

Awal mulanya Goshiki tercipta pada tahun 1918 dengan mengembangbiakkan koi Asagi dan koi Kohaku. Warna yang tercipta benar-benar seperti warna pelangi dengan warna hitam, abu-abu, dan warna biru muncul dalam pola seperti jaring.

Ikan Koi Goshiki
Ikan Koi Goshiki

6. Hirenaga / Butterfly

Ikan koi Hirenaga dikenal sebagai kupu-kupu air. Bagaimana tidak, ikan koi jenis ini memiliki sirip dan ekor yang anggun dan mengalir layaknya keanggunan seekor kupu-kupu. Ikan koi Hirenaga yang bagus harus memiliki sirip yang panjang dan ekor yang kokoh tanpa adanya robekan dan idealnya harus simetris.

Ikan Koi Hirenaga
Ikan Koi Hirenaga

7. Kawarimono

Ikan koi Kawarimono merupakan ikan koi dengan warna non-metalik. Kelas ikan koi ini tidak cocok dengan ikan koi lainnya karena semuanya sangat istimewa dan unik.

Ikan Koi Kawarimono
Ikan Koi Kawarimono

8. Kikokuryu

Ikan koi Kikokuryu pada dasarnya adalah Kumonryu metalik. Ikan koi ini memiliki kulit platinum mengkilap dan sirip dengan warna Sumi (hitam) yang dalam.

Ikan Koi Kikokuryu
Ikan Koi Kikokuryu

9. Kohaku

Beberapa orang berkata bahwa pemeliharaan koi dimulai dan diakhiri dengan Kohaku. Dalam jenis atau varietas ikan koi apapun, pada evaluasi dan pemeriksaannya jika mempunyai warna merah maka akan diperiksa pola Kohaku-nya.

Ikan Koi Kohaku
Ikan Koi Kohaku

10. Koromo

Koromo adalah jenis ikan koi yang luar biasa dan merupakan salah satu jenis ikan koi yang menonjol. Koromo yang dalam bahasa Jepang mempunyai arti jubah atau pakaian ini memiliki pola Hi (Merah) Kohaku yang sangat indah pada kulitnya yang putih dengan pola biru atau nila.

Ikan Koi Koromo
Ikan Koi Koromo

11. Ogon

Ogon mempunyai arti emas dan termasuk dalam kelompok Hikari Muji. Ogon merupakan ikan koi dengan warna emas metalik yang solid. Warna ikan koi Ogon sangat indah di kolam dengan kemilau keemasannya.

Ikan Koi Ogon
Ikan Koi Ogon

12. Platinum

Ikan koi platinum dapat tumbuh dengan sangat besar dan sangat berharga jika ikan koi ini memiliki kemilau logam padat yang indah tanpa noda atau bekas luka. Ikan koi ini dapat bersinar indah pada malam hari di kolam anda yang gelap dengan warna reflektif yang ada di hampir seluruh tubuh ikan koi ini.

Ikan Koi Platinum
Ikan Koi Platinum

13. Showa

Ikan koi Showa adalah ikan koi yang cantik dengan warna merah, hitam, dan putih yang seakan-akan seperti dicat pada tubuh ikan koi ini. Ikan koi Showa adalah salah satu ikan koi Gosanke atau “3 Besar” bersama-sama dengan ikan koi Taisho Sanke dan ikan koi Kohaku. Sebelum tahun 1975, Showa diwakili oleh silsilah Kobayashi Showa.

Ikan Koi Showa
Ikan Koi Showa

14. Shusui

Ikan koi Shusui merupakan jensi ikan koi pertama dan merupakan salah satu dari ikan koi biru. Ikan koi ini adalah Asagi versi Doitsu. Ikan koi Shusui pertama kali dikembangbiakkan pada awal 1900-an oleh Yoshigoro Akiyama yang mencampurkan Doitsu, ikan skala Jerman, dan Asagi.

Ikan Koi Shusui
Ikan Koi Shusui

15. Taisho Sanke

Ikan koi Taisho Sanke dikembangbiakkan dari Kohaku sekitar kurang lebih 80 tahun yang lalu pada tahun 1918-an di era Taisho. Taisho Sanke, yang biasanya juga sering disebut Taisho Sanshoku, polanya terdiri dari 3 warna yaitu putih, merah (Hi), dan hitam (Sumi).

Ikan Koi Taisho Sanke
Ikan Koi Taisho Sanke

16. Tancho

Di negara asal ikan koi ini, yaitu Jepang, ikan koi Tancho sangat dicintai karena berbagai alasan. Salah satunya adalah dikarenakan ikan koi Tancho memiliki warna yang mirip dan merepresentasikan bendera Jepang. Ikan koi ini juga sangat menonjol di dalam kolam. Nama ikan ini memiliki arti diantaranya untuk keberuntungan, cinta, dan panjang umur.

Ikan Koi Tancho
Ikan Koi Tancho

17. Utsurimono

Ikan koi jenis ini memiliki pangkal tubuh yang berwarna hitam (Sumi), dan utsuri sendiri mempunyai arti “pantulan”. Ada tifa varietas indah dari ikan koi Utsurimono yaitu hi (merah), Shiro (putih), dan Ki (kuning).

Ikan Koi Utsurimono
Ikan Koi Utsurimono

Itulah tadi jenis-jenis ikan koi beserta dengan sedikit penjelasan dan contoh gambarnya. Semoga dapat bermanfaat.

Berminat untuk memulai memelihara ikan koi? Baca Juga : Cara Karantina Ikan Koi




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.