Cara Karantina Ikan Koi




Cara Karantina Ikan Koi
Cara Karantina Ikan Koi

Cara Karantina Ikan Koi

Cara Karantina Ikan Koi. Sebuah alat yang sangat penting bagi para penggemar dan pemilik ikan koi adalah tangki karantina yang terpisah. Sangat disarankan sekali agar Kodama Koi yang baru saja dibeli harus dikarantina terlebih dahulu sebelum ditambahkan ke kolam atau akuarium anda. Bahkan, dengan perawatan paling baik hingga pencegahan terbaik sekalipun Nishikigoi membawa berbagai parasit, jamur, bakteri, dan penyakit-penyaikit lainnya.

Karantina dan pengenalan ikan dan air lokal secara perlahan-lahan dapat memungkinkan semua ikan beradaptasi dengan lebih aman. Hal ini bukan semata-mata hanya untuk memperkenalkan sesuatu yang tidak sehat ke populasi ikan anda saat ini. Namun, ikan koi jepang cenderung menjadi sangat kelelahan dan stres ketika diangkut dari sebuah kolam ke kolam yang lainnya. Ikan koi baru bahkan lebih rentan terhadap penyakit, maka dari itu prosesi karantina menjadi sangat penting untuk memberi mereka waktu dalam mendapatkan kekebalan mereka dan menjadi sebuah keluarga baru yang sehat.

Baca Juga : Cara Sharing File Windows 10

Lalu, Bagaimana Cara Karantina Ikan Koi Nishikigoi ?

Sangat disarankan untuk menyimpan dan merawat ikan koi Jepang yang baru dibeli di tangki karantina terpisah. Proses karantina tersebut setidaknya berlangsung hingga 21 hari sebelum memasukkan ikan koi tersebut ke kolam anda untuk mengurangi resiko penyakit dan sekaligu memberi waktu ikan koi tersebut untuk menyesuaikan diri.

Persiapan dasar yang perlu disediakan dalam menyiapkan tangki karantina adalah :

  • Tangki Air dengan kapasitas 100 – 300 galon
  • Jaring untuk penutup tangki
  • Filter dan juga pompa kecil
  • Pompa udara
  • Termometer air
  • Peralatan tes untuk mengukur amonia, pH, nitrat, dan garam
  • Garam
  • Pemanas kolam
Persiapan yang Perlu Dilakukan
  1. Siapkan tangki karantina tergantung pada ukuran koi yang akan dimasukkan ke tangki karantina tersebut. Setidaknya ukuran tangki seperti yang sudah disebutkan diatas sekitar 100-300 galon sudah cukup.
  2. Isilah tangki dengan stok air kolam anda (asumsinya adalah air dalam kolam anda kondisinya bagus), air berdeklorinasi segar, atau air sumur. Tergantung pada kondisi air kolam anda.
  3. Idealnya tangki karantina juga harus memiliki sistem penyaringan.
  4. Jaga suhu air agar tetap berada pada suhu 22oC atau lebih. Jika kondisi airnya dingin, bantuan pemanas akuarium sangat diperlukan untuk menjaga suhu air.
  5. Tambahkan garam ke tangki karantina hingga konsentrasi mencapai 0,3% (untuk mencapai itu dibutuhkan kurang lebih 1,3 kg garam untuk setiap 100 galon air).
Yang Harus Dilakukan Ketika Menerima Nishikigoi
  1. Amati ikan koi tersebut selama 14 hingga 21 hari. Tempatkan ikan koi tersebut di dalam tangki karantina dan amati secara seksama selama 14 hingga 21 hari. Perhatikan juga apakah ikan koi tersebut mengalami masalah selama proses karantina.
  2. Jika kolam anda bekerja tanpa sistem filtrasi, gantilah kurang lebih 25% air tangki anda setiap 2 sampai 3 hari. Jangan lupa tambahkan garam juga seperlunya.
  3. Berilah makan pada ikan koi baru tersebut setiap hari dengan makanan yang mudah dicerna.
  4. Dalam periode awal sangat penting untuk menjaga keseimbangan kadar nitrat tangki karantina anda. Ikan koi yang baru saja datang dari perjalanan atau ekspedisi pengiriman biasanya lebih rentan terhadap masalah.

Baca Juga : Cara Mendaftar di Binance Exchange

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dilakukan dalam mengkarantina ikan koi baru. Semoga bermanfaat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.