Cara Mematikan Notifikasi Whatsapp Tanpa Uninstall




Whatsapp
Whatsapp

Cara Mematikan Notifikasi Whatsapp Tanpa Uninstall

Cara Mematikan Notifikasi Whatsapp Tanpa Uninstall. Whatsapp merupakan sebuah aplikasi chat dengan tingkat popularitas yang sangat tinggi. Pengguna Whatsapp sendiri kini telah mencapai 5 milyar pengguna lebih.

Terkadang kita telah jenuh dengan aktifitas penggunaan Whatsapp terutama dalam pekerjaan. Namun demikian, banyak sebagian orang tetap penasaran dengan adanya notifikasi yang masuk dari Whatsapp.

Sehingga, bagi sebagian orang ketika ada notifikasi masuk dari Whatsapp, akan segera mengecek ponselnya. Cara termudah untuk mengatasi hal tersebut adalah mematikan notifikasi Whatsapp, sehingga perhatian Anda tidak tertuju pada ponsel.

Pada artikel kali ini, kami akan mencoba untuk membahas tentang cara mengatasi hal tersebut tanpa harus unintsall aplikasi Whatsapp.

Sebenarnya ada aplikasi dari pihak ketiga yang dapat Anda pasang pada ponsel Anda untuk mematikan notifikasi Whatsapp tersebut. Dari Google sendiri, ada aplikasi bernama Google Digital Wellbeing dimana aplikasi tersebut dapat membatasi penggunaan sosial media dan aplikasi lainnya di ponsel Anda.

Baca Juga : Aplikasi Chat Alternatif Selain Whatsapp

Sedangkan aplikasi lainnya dari pihak ketiga bisa saja disusupi oleh virus, malware, spyware, atau adware. Sehingga, Anda harus sangat berhati-hati jika ingin memasang aplikasi pihak ketiga.

Mematikan Notifikasi Dari Pengaturan Ponsel

Cara yang akan kami bahas disini, adalah dengan melakukan pengaturan pada ponsel sehingga ponsel Anda tidak beresiko disusupi program jahat yang lain.

  1. Mematikan Seluruh Notifikasi di Aplikasi Whatsapp

Langkah pertama adalah menonaktifkan peringatan notifikasi untuk WhatsApp. Untuk ini, Anda perlu membuka WhatsApp > Pengaturan > Pemberitahuan > dan pilih ‘Tidak Ada’ di menu Nada pemberitahuan untuk Pesan.

Selanjutnya, Anda harus mematikan getaran, pilih “Tidak Ada” di bawah opsi “Light”, dan matikan “Gunakan pemberitahuan prioritas tinggi”. Hal yang sama dapat dilakukan untuk pengaturan Grup tepat di bawah bagian Pesan.

  1. Mematikan Notifikasi Dari Pengaturan Android

Sistem Operasi Android juga mengirimkan pemberitahuan untuk aplikasi. Jadi, untuk benar-benar terputus dari WhatsApp, Anda perlu mematikan notifikasi dengan masuk ke Pengaturan > Aplikasi dan Pemberitahuan > Aplikasi > Pilih WhatsApp > Pemberitahuan > Matikan “Semua Pemberitahuan WhatsApp” di perangkat Android Anda.

Baca Juga : Cara Menghemat Kuota Data Whatsapp

  1. Cabut Izin Penggunaan Data Whatsapp

Langkah ketiga adalah melumpuhkan aplikasi lebih lanjut. Buka Pengaturan > Aplikasi dan Pemberitahuan > Aplikasi > Pilih WhatsApp. Di bawah Izin, cabut semua izin yang memungkinkan WhatsApp mengakses kamera, mikrofon, dan file di ponsel cerdas Anda. Ketuk Data Seluler dan nonaktifkan penggunaan data seluler di latar belakang.

  1. Paksa Berhenti Aplikasi Whatsapp

Setelah mencabut semua izin dan menonaktifkan penggunaan data seluler di latar belakang, buka layar sebelumnya, dan ‘Paksa Berhenti’ aplikasi. Dengan melakukan ini, aplikasi tidak akan berfungsi dan Anda tidak akan mendapatkan notifikasi apa pun. Namun, jika Anda perlu memeriksa pesan di aplikasi, Anda cukup membuka WhatsApp di perangkat Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat menghindari chat yang berlebihan di WhatsApp tanpa menghapus aplikasi atau mematikan koneksi internet Anda. Selanjutnya, Anda akan tetap ‘tidak terlihat’ oleh kontak Whatsapp Anda.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.