Ciri Macbook Anda Terkena Virus




Apple
Apple

Ciri Macbook Anda Terkena Virus

Ciri Macbook Anda Terkena Virus. Terlepas dari kepercayaan para pengguna Macbook bahwa Macbook lebih aman dari virus daripada Windows, namun sayangnya Macbook tidaklah sepenuhnya aman. Memang sih, kasus Macbook terinveksi oleh virus jauh lebih sedikit daripada kasus virus pada komputer atau laptop yang mengusung sistem operasi Windows. Namun demikian, Macbook juga masih rentan terhadap virus.

Malware yang menyerang Macbook sendiri cukup beragam. Beberapa contoh kasusnya adalah :

  • Silver Sparrow: Silver Sparrow menargetkan serangannya pada Macbook dengan chip M1. Malware ini menggunakan MacOS Installer JavaScript API untuk menjalankan perintahnya dan diketahui menghubungi servernya sekali per jam. Para ahli khawatir bahwa malware tersebut sedang mempersiapkan serangan besar dalam waktu dekat.
  • Pirri/GoSearch22: Malware pertama yang menargetkan M1 Mac adalah Pirri/GoSearch22. Virus itu sendiri adalah adware dimana adware ini memasukkan iklan ke tempat-tempat yang biasanya tidak muncul.
  • ThiefQuest: Pertama kali terlihat pada tahun 2020, ThiefQuest mencuri data dari file dalam folder di Macbook Anda. Malware itu sendiri menyamar sebagai ransomware. Tidak seperti kebanyakan ransomware lainnya, ThiefQuest tidak meminta tebusan dalam koin kripto tertentu.
  • LoudMiner: Malware ini adalah aplikasi penambangan kripto yang berbahaya. Loud Miner didistribusikan melalui versi crack dari aplikasi Ableton Live yang populer.

Semua infeksi virus ini memiliki satu kesamaan yaitu mereka menginfeksi Mac melalui proses instalasi aplikasi di luar App Store. Dalam beberapa kasus melalui perangkat lunak bajakan dan di lain kasus melalui perangkat lunak dari sumber yang seharusnya tidak dipercaya.

Baca Juga : Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

Sederhananya adalah jika Anda tidak pernah menginstal perangkat lunak dari luar Mac App Store, Anda tidak perlu terlalu khawatir. Tentu, ada beberapa eksploitasi terkait browser dari waktu ke waktu, dan Java terus menjadi perhatian, tetapi jika macOS dan browser Anda selalu Anda update, infeksi semacam itu sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi.

Dan jika Anda menginstal perangkat lunak dari luar Mac App Store, tetaplah berhati-hati untuk meneliti perangkat lunak sebelum menginstalnya (biasakan Googling untuk meninjau dan menemukan unduhan resmi).

Di sisi lain, jika Anda telah membajak perangkat lunak Mac atau memasang plugin atas permintaan situs yang menawarkan film bajakan, Anda mungkin bisa saja mengalami masalah. Atau Anda menggunakan drive USB yang tercemar atau mengunduh lampiran email yang tidak jelas? Virus dapat menyebar dengan banyak cara yang tidak terduga seperti itu.

Nah, apakah Macbook anda terkena virus? Berikut adalah beberapa ciri-cirinya :

  1. Kemunculan Iklan dan Pop Up Pada Macbook

Adware menjadi masalah yang semakin besar di platform Mac. Jika Anda melihat iklan di tempat yang sebelumnya tidak muncul, ada kemungkinan Anda telah memasang suatu aplikasi yang tidak seharusnya Anda pasang. Bahkan jikaAnda mendapatkan iklan popup bahkan saat Anda tidak menjelajah internet, kemungkinan besar Macbook Anda telah terineksi oleh virus atau malware.

  1. Macbook Anda Menjadi Lemot

Beberapa malware Mac menjadikan Mac Anda bagian dari botnet, yang merupakan jaringan komputer global yang digunakan untuk segala macam hal. Jika Mac Anda terinfeksi, bisa jadi Mac Anda digunakan untuk melakukan serangan DDoS (Distributed Denial of Service) pada situs web, menambang Bitcoin, atau menyelesaikan sejumlah tugas yang menghabiskan daya CPU. Jika Macbook Anda terasa sangat lemot bahkan ketika Anda tidak menjalankan program atau aplikasi apapun, maka bisa jadi Macbook Anda telah terinfeksi virus.

  1. Antivirus Mengkonfirmasi Infeksi Virus

Let’s say, Anda sangat penasaran dengan status Macbook Anda terkena virus atau tidak, maka sudah saatnya Anda menginstall aplikasi antivirus atau anti-malware. Beberapa aplikasi antivirus atau anti-malware gratis yang dapat Anda pasang pada Macbook Anda adalah :

  • Bitdefender. Aplikasi ini gratis, walaupun tidak dapat menghapus infeksi virus, paling tidak Bitdefender dapat menunjukkan lokasi file virus yang dapat Anda temukan di finder dan dapat langsung Anda hapus.
  • Malwaraebytes for Mac. Malwarebytes telah menjadi salah satu nama terkemuka di dunia anti-malware selama bertahun-tahun. Aplikasi Mac-nya dapat memindai seluruh sistem Anda dalam waktu kurang dari 30 detik dan akan menghapus adware dan program yang mungkin tidak diinginkan.
  • ClamXAV: ClamXAV adalah versi Mac dari ClamAV, alat pendeteksi malware open-source yang populer. Aplikasi ini sangat layak untuk dicoba.

Baca Juga : Cara Menambahkan Keamanan Router Mikrotik

Selain antivirus diatas tersebut tentu saja masih banyak aplikasi antivirus atau anti-malware lainnya. Ada rekomendasi lain? Drop di kolom komentar yaa..




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.