Perbedaan Harddisk SSD NVME M2 SATA




ssd nvme
ssd nvme

Perbedaan Harddisk SSD NVME M2 SATA

Perbedaan Harddisk SSD NVME M2 SATA. Salah satu terobosan besar untuk perangkat keras komputer dan laptop dalam memori penyimpanan atau storage modern adalah SSD (Solid State Drive). Hal ini dapat dilihat dari kecepatan transfer data yang semakin besar dari yang tadinya 7200 RPM menjadi 10.000 RPM. SSD tidak hanya membantu mempercepat booting dan startup komputer, namun juga mempercepat proses dan semua aspek sistem. Sehingga, tidak jarang apabila komputer atau laptop anda lemot dan anda bawa ke tempat service komputer, hal pertama kali yang ditanyakan oleh teknisi komputer mereka adalah “Laptop atau PC nya sudah pakai SSD belum ?”. hehee..

Lalu bagaiamana dengan NVME ? Apa sih bedanya dengan SSD SATA biasa? Lantas, apakah semua drive M.2 merupakan NVME ? Mari kita terus simak artikel ini.

Baca Juga : Cara Sharing File di Windows 10

Apa Itu NVME

Hal pertama yang perlu diketahui dari SSD adalah SSD ini memang sangatlah cepat. Saking cepatnya, faktor pembatas kecepatannya bukanlah pada SSD nya itu sendiri namun pada koneksi SATA III yang digunakan oleh Harddisk biasa.

NVME adalah singkatan dari Non-Volatile Memory Express. NVME adalah sebuah standar yang dikembangkan sehingga memungkinkan SSD beroperasi pada kecepatan baca tulis yang mampu dilakukan oleh sebuah flash memory. Pada dasarnya, hal ini memungkinkan sebuah flash memory dapat beroperasi sebagai SSD melalui interface PCI Express alih-alih port SATA dimana memang port SATA lebih lambat kecepatannya daripada PCI Express.

Baca Juga : Cara Mempercepat Booting Komputer

Pertanyaan berikutnya adalah apakah semua M.2 adalah NVME? Tentu saja jawabannya adalah tidak. M.2 merupakan sebuah form factor. Versi M.2 drive ini ada yang versi SATA dan juga ada yang versi NVME. Dimana hal tersebutlah yang menjelaskan bus yang digunakan untuk berkomunikasi secara elektrik dengan komponen komputer atau laptop lainnya.

SSD SATA M.2 dan SSD SATA 2,5 inch sebenarnya beroperasi pada spesifikasi yang hampir sama. Namun demikian, NVME M.2 tentu saja berbeda. Silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Perbedaan Kecepatan NVME dan SATA

Mainboard atau Motherboard modern telah menggunakan SATA III yang kecepatannya maksimal kurang lebih adalah 600 MBps. Kecepatan tersebut merupakan dua kali lipat dari kecepatan pendahulunya yaitu SATA II dimana SATA II memiliki kecepatan transfer data maksimal adalah 300 MBps. Nah, sesuai dengan koneksi tersebut sebagian besar SSD dapat memberikan kecepatan baca atau tulis kurang lebih adalah 500 – 530 MBps.

Sedangkan disisi lain, NVME memberikan kecepatan tulis sekitar 3GBps untuk NVME Gen 3 dan bahkan di NVME Gen 4 bisa mendapatkan kecepatan tulis sekitar 6GBps. Kemampuan kecepatan tulis tersebut bahkan 7 kali lipat dibandingakn dengan SATA III dan 35 kali lipat jika dibandingkan dengan harddisk tradisional yang masing menggunakan disc atau piringan.

Nah, tentunya ini adalah hal menarik bagi anda pengguna komputer atau laptop yang sering menggunakan aplikasi dengan keperluan pembacaan atau penulisan pada harddisk secara intensif karena memang kecepatan NVME dan SSD SATA ini sudah jauh berbeda.

Ada saran untuk merk NVME yang dapat anda rekomendasikan? atau ada pengalaman menggunakan NVME? silahkan tulis di kolom komentar.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.