Cara Sharing File Windows 10




Cara Sharing File Windows 10

Cara Sharing File Windows 10. Berbagi file atau sharing file umumnya terjadi dikarenakan kemudahan yang diberikan. Bagaimana tidak, pengguna tidak harus berbagi file dengan menggunakan usb flashdisk dan bisa langsung menyalin file dari sumber komputernya langsung. Namun demikian yang perlu diperhatikan dalam sebuah file sharing lokal tentu saja setiap masing-masing komputer harus berada pada sebuah network jaringan yang sama.

Skip dulu untuk pembahasan terkait sebuah network jaringan, karena nanti malah jadi terlalu panjang. hehe…

Baik, kembali ke laptop..eh..topik. Umumnya untuk sharing sebuah file melalui komputer windows sangatlah mudah. Tinggal klik folder, properties, share, lalu selesai. Secara teori memang demikian. Tapiiiii…tak sesimple itu fergusooo… hehe.

Beberapa kesempatan di kalangan rekan-rekan saya sempat kebingungan terutama pada sistem operasi Windows 10. Pasalnya, mereka sudah melakukan share foldernya akan tetapi tidak dapat terbaca di komputer yang lain. Padahal kondisi koneksi komputer-komputer tersebut sudah dalam satu network yang sama.

Lalu bagaimana cara agar file tersebut dapat terbaca di komputer yang lain? Ini dia caranya :

  1. Buka Windows Explorer dan cari file atau folder yang akan anda share. Kemudian Klik Kanan > Properties. Misalnya dalam artikel kali ini adalah folder Public Documents yang ingin di-share maka klik kanan pada folder Public Documents kemudian klik Properties.

2. Lalu pada dialog box Public Documents Properties kemudian pilih tab Sharing dan klik tombol Share. Pilih Everyone lalu klik Add.

3. Kemudian masih berada di tab Sharing, klik Advanced Sharing dan check atau centang pada checkbox Share this Folder lalu klik tombol Permission dan centang checkbox Allow Read. Kenapa hanya Allow Read ? Hal ini bertujuan untuk melakukan langkah preventif apabila ada pengguna iseng yang dapat menghapus atau memotong file yang telah kita share. Setelah semua hal tersebut dilakukan, klik Apply lalu OK.

4. Pada tahap ini, file atau folder yang akan kita share sudah siap untuk dibagikan pada pengguna komputer lain. Namun demikian pada Windows 10 ada beberapa langkah lagi yang perlu dilakukan agar komputer dan folder kita dapat dibaca oleh komputer lain di jaringan lokal kita. Langkah berikutnya adalah dengan membuka Control Panel, pilih menu Network and Sharing Center dan pilih Change Advanced Sharing Settings.

5. Pada menu Change Advanced Sharing Settings, di pilihan Private pastikan anda memilih Turn on Network Discovery dan menconteng checkbox Turn on Automatic Setup of Network Connected Devices. Jangan lupa pada File and Printer Sharing pilih Turn on File and Printer Sharing.

6. Tak cukup berhenti disitu, klik panah Guest or Public dan juga pilih atau aktifkan Turn on Network Discovery dan Turn on File and Printer Sharing.

7. Langkah terakhir ada pada All Networks yaitu dengan memilih pilihan seperti gambar dibawah ini dan yang terpenting adalah pastikan untuk menonaktifkan permintaan password pada file atau folder yang telah dishare dengan memilih Turn off Password Protected Sharing.

8. Pilih Save Changes. Jangan sampai kelupaan, karena jika anda terlupa akan sia-sia perjuangan anda mengkonfigurasi file sharing. Ibarat orang pacaran yang ditinggal pas lagi sayang-sayangnya. hehe…

Setelah semua sudah selesai dikonfigurasi, silahkan coba akses IP Address atau nama komputer yang sudah dikonfigurasi tersebut melalui komputer lain.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat. Apabila ada pertanyaan, silahkan tulis saja di kolom komentar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.