Contoh Soal TWK Dan Pembahasannya




Belajar Contoh Soal
Belajar Contoh Soal

Contoh Soal TWK Dan Pembahasannya

Contoh Soal TWK Dan Pembahasannya. Salah satu jenis soal dari tes CPNS dan PPPK 2021 adalah TWK. TWK sendiri merupakan singkatan dari Tes Wawasan Kebangsaan.

Berikut ini adalah contoh soal TWK beserta dengan pembahasan atau jawabannya.

Contoh Soal No. 1

  1. Latar belakang Pengiriman Misi Garuda yang pertama kali dilakukan pada bulan Januari 1957 adalah….

A. Munculnya konflik di Kongo (zaire sekarang)

B. Meletus perang saudara antara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan

C. Pecahnya perang Arab –Israel ke 4

D. Perdamaian dunia di Lebanon Selatan

E. Konflik Timur tengah masalah nasionalisasi Terusan Suez

Jawaban : E

Pembahasan Soal No. 1

Ketika meletus perang saudara antara Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Indonesia kembali diberikan kepercayaan oleh PBB untuk mengirim pasukannya sebagai pasukan pemelihara perdamaian PBB. Untuk menjaga stabilitas politik di kawasan Indocina yang terus bergolak akibat perang saudara tersebut, PBB membentuk International Commission of Control and Supervission (ICCS) sebagai hasil dari persetujuan internasional di Paris pada tahun 1973. Pasukan perdamaian Indonesia yang dikirim ke Vietnam disebut sebagai Pasukan Garuda IV.

Pada tahun 1973, ketika pecah perang Arab-Israel ke 4, UNEF diaktifkan lagi dengan kurang lebih 7000 anggota yang terdiri atas kesatuan-kesatuan Australia, Finlandia, Swedia, Irlandia, Peru, Panam, Senegal, Ghana dan Indonesia. Kontingen Indonesia semula berfungsi sebagai pasukan pengamanan dalam perundingan antara Mesir dan Israel. Tugas pasukan Garuda VI berakhir 23 September 1974 untuk digantikan dengan Pasukan Garuda VIII yang bertugas hingga tanggal 17 Februari 1975.

Kontingen Garuda XXVI-C2 mengakhiri misi perdamaian dunia di Lebanon Selatan pada 1 Desember 2011, dengan ditandai dengan penyerahan bendera PBB kepada Kontingen Garuda XXVI-D2/UNIFIL dalam upacara TOA pada tanggal 23 Nopember 2011 kepada Kapten Inf Wimoko.

Baca Juga : Jenis-Jenis Soal TKP CPNS

Contoh Soal No. 2

Salah satu politik yang dilaksanakan Jerman pada masa Hitler adalah…

a. Lebensraum 

b. Mein Kampf

c. Hakko I chu

d. Devide et impera

e. The white man’s burden

Jawaban : A

Pembahasan Soal No. 2

salah satu tujuan politik genosidal utama Adolf Hitler. Lebensraum berperan sebagai motivasi kebijakan ekspansionis Jerman Nazi yang bertujuan memberikan ruang tambahan untuk pertumbuhan penduduk Jerman demi terciptanya Jerman Raya. Dalam buku Mein Kampf, Hitler menceritakan keyakinannya bahwa rakyat Jerman membutuhkan Lebensraum (“ruang hidup”, berarti tanah dan bahan mentah), dan ruang tersebut harus didirikan di Eropa Timur.

Ini merupakan kebijakan tertulis Nazi untuk memusnahkan, mendeportasi, atau memperbudak penduduk Polandia, Ukraina, Rusia, dan bangsa Slavia lainnya, yang mereka anggap inferior, dan mengisi kembali tanah tersebut dengan orang-orang Jermanik. 

Mein Kampf karya Adolf Hitler di Jerman. Sedangkan Hakko I Chu adalah slogan persaudaraan universal yang digunakan Jepang untuk menciptakan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya dalam Perang Dunia II.

Devide et impera adalah cara yang ditempuh Belanda di Indonesia untuk menguasai suatu wilayah. Devide at impera yaitu politik adu domba, yang betujuan untuk mencari keuntungan dalam ekonomi.

Dan The White’s Man Burden adalah Salah satu slogan nasionalisme Inggris.

Contoh Soal 3

Lembaga negara yang dibentuk bersamaan dengan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah … 

A. MPR dan DPR 

B. MPR dan DPA 

C. MPRS dan DPD 

D. MPRS dan DPAS 

E. MPRS dan DPRS

Jawaban : D

Contoh Soal 4

Pemerintah pendudukan Jepang menerbitkan surat kabar yang diberi nama ….

a. Katakana 

b. Jawa Hokokai 

c. Kana Jawa Shinbun

d. Kana Shinbun

e. Katakana Jawa

Jawaban : C

Pembahasan Contoh Soal 4

Jepang juga menerbitkan Kana Jawa Shinbun, yang memakai bahasa Jepang dengan mempergunakan huruf katakana. Disebutkan bahwa tujuan utama daripada surat kabar itu adalah untuk menyebarluaskan bahasa Jepang dan meningkatkan pengetahuan membaca dan menulis bagi rakyat Jawa.

Contoh Soal 5

Pada tanggal 1 April 1943 Pemerintah Jepang mendirikan pusat kebudayaan yang disebut ….

a. Kempetai 

b. Keimin Bunka Shidosho 

c. Kana Jawa Shinbun

d. Seinendan

e. Keibodan

Jawaban : B

Baca Juga : Contoh Soal TIU CPNS Analogi Sinonim

Pembahasan Contoh Soal 5

Pemerintah pendudukan Jepang menganjurkan karya sastra harus ditujukan kearah usaha memenangkan “Perang Asia Tmur Raya”. Sehingga dalam publikasi pemerintah ditampilkan karya-karya sastra pengganti pengaruh Barat.

Langkah pemerintah pendudukan Jepang untuk mengarahkan agar supaya karya-karya seniman (seperti roman, sajak, lagu, lukisan, sandiwara dan film) itu jangan menyimpang dari tujuan Jepang adalah dengan didirikannya sebuah Pusat Kebudayaan pada tanggal 1 April 2603 (1943) di Jakarta yang diberi nama bahasa Jepang, Keimin Bunka Shidosho.

Contoh Soal 6

Anggota panitia 9, kecuali….

A. Agus Salim

B. Abdul Kahar Muzakkir

C. Abikusno Tjokrosuyoso

D. Wachid Hasyim. 

E. Sutardjo Kartohadikusumo

Jawaban : E

Pembahasan Contoh Soal 6

Untuk mempermudah mengingat Sembilan tokoh Panitia 9 dapat digunakan singkatan YAMAHA WAS, artinya Yamin, Agus Salim, Maramis, Akhmad Subarjo, Hatta, Abikusno Cokrosujoso, Wakhid Hasyim, Abdul Kahar Muzakir, Soekarno

4 gol islam = kh wahid hasyim, h. Agus salim, abdul kahar muzakkar, abikusno cokrosuyoso…

4 golongan nasionalis = sukarno, m.yamin, ahamd subardjo,m.hatta

1 golongan kristen = A.a Maramis




1 Trackback / Pingback

  1. Lanjutan Contoh Soal TWK Dan Pembahasannya - Takur Singh Page

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.