Melacak Android Dengan Android Device Manager

Android Device Manager
Android Device Manager

Artikel berikut akan menjelaskan bagaimana cara melacak smartphone android menggunakan Android Device Manager tanpa instalasi aplikasi bantuan di smartphone tersebut.

Android Device Manager
Android Device Manager

Tadi malam, saya nongkrong dengan teman-teman di sebuah warung kopi di daerah Semarang Timur. Sedang asiknya ngobrol, tiba-tiba dikagetkan dengan suara motor yang sedang ngebut dan disertai oleh teriakan jambret dari motor yang dibelakangnya. Sontak kami keluar dari warung kopi untuk mengetahui apa yang sebeneranya sedang terjadi. Nah, usut punya usut ternyata di Semarang ini terjadi (lagi dan lagi) penjambretan di jalan raya oleh kawanan jambret bermotor. Karena melihat korban yang sepasang suami istri dan nampaknya sang istri terlihat shock atas kejadian tersebut, kami mempersilahkan sepasang suami istri ini untuk beristirahat dulu di warung kopi agar istrinya agak tenang. Nah dari hasil ngobrol dengan korban, tas korban yang dijambret ini berisi dompet dan smartphone android. Tak lama setelah sang istri minum segelas air dan sudah nampak agak tenang, sepasang suami istri korban penjambretan ini segera bertolak ke kantor polisi terdekat untuk melaporkan kejadian ini.

Berbekal dari kejadian penjambretan tadi, terpercik rasa penasaran saya untuk mengetahui bagaimana cara melacak ponsel atau smartphone android yang hilang entah itu hilang karena korban kejahatan atau lupa meletakkan smartphone. Segera saja saya googling untuk mengetahui apakah ada cara yang memungkinkan untuk mengetahui lokasi ponsel atau smartphone android saya.

Berikut hasil googling saya mengenai Android Device Manager yang mampu melacak smartphone android kita:

Android Device Manager adalah sebuah layanan google berbasis web yang memang memungkinkan untuk melacak smartphone android memanfaatkan alamat gmail (google mail) dan GPS.

1. Buka browser anda dan ketikkan url: https://www.google.com/android/devicemanager

2. Akan muncul tampilan yang sama ketika anda akan login gmail (google mail)

Sign in Gmail
Sign in Gmail

3. Masukkan alamat email dan password yang sama dengan alamat email dan password di smartphone android anda yang hilang tersebut.

4. Setelah itu, google akan melacak smartphone android anda dan akan tampil sebuah peta di layar komputer anda yang menunjukkan keberadaan smartphone android anda saat itu juga.

Lokasi Android Anda
Lokasi Android Anda

5. Tidak hanya lokasi, dalam tampilan tersebut juga dikenali tipe atau merk dari smartphone android anda. Jika smartphone android anda lebih dari satu, klik pada panah abu-abu di sebelah tulisan tipe smartphone android anda. (Lihat Pada Gambar Diatas)

6. Disitu terdapat pula pilihan untuk “Ring” dan “Set up Lock & Erase”. Pilih “Ring” jika anda menginginkan smartphone android anda mengeluarkan suara seperti alarm, atau pilih “Set up Lock & Erase” jika anda menginginkan smartphone anda terkunci atau anda ingin menghapus data-data yang tersimpan pada memori smartphone anda.

Cukup mudah kan?

Layanan Google Android Device Manager tersebut adalah layanan gratis dari google dan anda tidak perlu repot-repot untuk menginstall suatu aplikasi agar layanan Android Device Manager tersebut dapat dijalankan. Selama anda memasukkan email yang sama dengan yang ada pada perangkat android anda, dan GPS perangkat android anda dalam keadaan ON, maka pelacakan smartphone android anda dapat dilakukan melalui layanan Android Device Manager ini.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan saya berdoa semoga pelaku penjambretan tadi malam segera tertangkap dan merasa jera atas perbuatannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.