10 Hukuman Terlama Sepakbola

Diego Maradona di Napoli
Diego Maradona di Napoli

Pada tulisan kali ini, akan membahas 10 hukuman terlama yang diberikan kepada seorang pemain sepakbola dengan dimulai dari urutan terakhir. Berikut adalah daftarnya :

10. Luis Suarez (4 bulan)

Empat bulan adalah hukuman yang diberikan FIFA untuk

Luis Suarez. Hukuman tersebut adalah akibat dari perbuatan Suarez menggigit Giorgio Chiellini pada gelaran Piala Dunia 2014. Perbuatan seperti ini bukan pertama kalinya bagi Suarez. Tercatat dia juga pernah melakukan perbuatan serupa ketika membela Ajax Amsterdam dan Liverpool. Well, karakter dan kepribadian sangat berarti dalam kehidupan. Tak terkecuali dalam sepakbola.

Suarez Bites Chiellini
Suarez Bites Chiellini

9. Vinnie Jones (6 bulan)

Vinnie Jones
Vinnie Jones

 

Mungkin bagi sebagian orang yang mempunyai kegemaran sebagai penggemar sepakbola dan penggemar film tak asing dengan nama ini. Ya, Vinnie Jones adalah mantan gelandang Inggris yang sukses di industri perfilman. Gelandang yang pernah membela QPR dan Chelsea ini dihukum 6 bulan dan diskors selama tiga tahun oleh FA atas komentarnya di video yang memuji kekerasan dan trik kotor dalam sepakbola. Mungkin Jones tidak cocok menjadi pesepakbola, lebih cocok menjadi aktor film. Jones dikenal membintangi beberapa film holywood seperti “Lock, Stock and Smoking Barrels“, bermain bersama John Travolta di “Swordfish“, dan menjadi Juggernaut di “X-Men: The Last Stand”. 

 

 

8. Kolo Toure (6 bulan)

Kolo Toure
Kolo Toure

 

Kolo Toure dihukum 6 bulan pada tahun 2011 karena tidak berhasil melewati tes obat-obatan terlarang. Saat itu Kolo Toure bermain untuk Manchester City. Alih-alih berat badan turun, justru Toure gagal meleawati tes tersebut karena disarankan mengkonsumsi sebuah obat-obatan yang dipercayai dapat menurunkan berat badan oleh seorang teman dari istrinya.

Hmm… lain kali jangan keburu percaya sama orang yang tidak punya latar belakang kesehatan dan obat-obatan ya Pak Toure.

7. Adrian Mutu (6 bulan)

Adrian Mutu
Adrian Mutu

 

Adrian Mutu mempunyai hubungan yang panjang dengan narkotika dan obat-obatan terlarang. Pada tahun 2010, Striker Rumania dan Fiorentina ini dihukum 6 bulan karena tidak dapat melewati tes narkoba dan obat-obatan terlarang yang digelar setelah pertandingan. Bahkan, Mutu juga diskors dari tim nasional negaranya.

 

6. Adrian Mutu (7 bulan)

Adrian Mutu tercatat sebagai salah satu pembelian gagal dari Chelsea. Walaupun mengukir awal gemilang kiprahnya bersama Chelsea, namun nampaknya ketergantungan obat-obatan dan narkoba mempengaruhi karirnya. Mutu dikabarkan dihukum 7 bulan dan denda sebesar 20 ribu Poundsterling oleh FA karena gagal melewati tes narkoba dan obat-obatan terlarang. Parahnya, Mutu harus angkat koper tepat setelah dinyatakan bersalah karena obat-obatan dan narkoba.

Adrian Mutu di Chelsea
Adrian Mutu di Chelsea

5. Rio Ferdinand (8 bulan)

Pada tahun 2004, Rio Ferdinand yang saat itu bermain untuk Manchester United mendapat hukuman 8 bulan karena tidak mengikuti tes narkoba dan obat-obatan terlarang. Selain dihukum 8 bulan, FA juga menjatuhkan denda sebesar 50 ribu poundsterling untuk mantan pemain belakang Leeds United tersebut. Walaupun beberapa hari setelah rangkaian tes digelar Ferdinand memberikan sample-nya untuk dites dan dinyatakan bersih, namun FA tetap bersikukuh untuk menghukum Ferdinand dengan 8 bulan skorsing. Hingga saat ini masih menjadi misteri apakah Ferdinand sengaja menghindar dari tes tersebut atau tidak. Hmm…

Rio Ferdinand
Rio Ferdinand

4. Mark Bosnich (9 bulan)

Mark Bosnich
Mark Bosnich

 

Well, bagi anda pecinta Chelsea yang sejak dahulu memang menggemari Chelsea, uhuk, if you know what I mean, tentu masih membekas memori tentang Mark Bosnich. Bosnich yang bergabung dengan Chelsea dari Manchester United dinyatakan bersalah karena gagal lolos dari rangkaian tes narkoba dan obat-obatan terlarang. Tak hanya dihukum oleh FA 9 bulan, Bosnich juga terpaksa angkat koper dari Chelsea karena kejadian itu.

 

 

 

 

3. Eric Cantona (9 bulan)

Pemain legendaris Manchester United satu ini memang terkenal dengan emosinya yang meledak-ledak. Pada tahun 1995, Eric Cantona terlibat insiden dengan supporter Crystal Palace bernama Matthew Simmons. Eric Cantona yang sudah tidak dapat menahan diri mendengar sorakan Simmons, akhirnya melancarkan serangan tendangan kungfu yang hingga saat ini masih melekat di benak supporter Manchester United. Atas perbuatannya tersebut, FA menggancar Cantona dengan hukuman 9 bulan.

Eric Cantona
Eric Cantona

2. Diego Maradona (15 bulan)

Diego Maradona di Napoli
Diego Maradona di Napoli

 

Tak ada yang meragukan kemampuan Diego Maradona dalam mengolah bola di lapangan hijau. Bahkan, bersanding dengan Pele, Maradona adalah salah satu pesepakbola terbaik sepanjang masa. Pada tahun 1991, pada saat Maradona bermain untuk Napoli, Maradona gagal lolos dalam serangkaian tes narkoba dan obat-obatan terlarang dan dihukum 15 bulan. Alih-alih menghentikan kebiasan buruknya dalam mengkonsumsi narkoba maupun obat-obatan terlarang, Maradona justru mengulangi kesalahannya pada tahun 1994.

 

 

 

 

1. Diego Maradona (15 bulan)

Diego Maradona Piala Dunia 1994
Diego Maradona Piala Dunia 1994

 

Jatuh pada lubang yang sama. Itulah ungkapan yang tepat untuk Diego Maradona. Seakan tidak belajar dari kesalahannya dalam mengkonsumsi narkoba ataupun obat-obatan terlarang, Maradona justru mengulangi kebiasaan buruknya itu pada gelaran Piala Dunia 1994. Mardona terbukti bersalah karena tidak mampu lolos dalam rangkaian tes narkoba dan obat-obatan terlarang dan dijatuhi hukuman 15 bulan. Andai saja Maradona mau dan mampu menghentikan kebiasaannya tersebut, mungkin Maradona dapat lebih banyak meraih kesuksesan dalam karir sepakbolanya. Namun demikian, sepertinya tak ada satupun pecinta olahraga kulit bundar yang dapat menafikan kehebatan skill sepakbola legenda Argentina tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*