Cara Menghilangkan Embun Atau Kelembaban Pada CCTV Hikvision




Cara Menghilangkan Embun Atau Kelembaban Pada CCTV Hikvision
Cara Menghilangkan Embun Atau Kelembaban Pada CCTV Hikvision

Cara Menghilangkan Embun Atau Kelembaban Pada CCTV Hikvision

Cara Menghilangkan Embun Atau Kelembaban Pada CCTV Hikvision. Biasanya, kamera keamanan harus tahan cuaca dan tidak boleh ada air yang masuk ke dalam. Namun, seiring waktu, air atau kelembapan dapat menumpuk dan Anda harus mengeluarkannya sebelum merusak kamera.

Kelembaban di dalam kamera dapat menyebabkan hubungan pendek dan membakar motherboard dan itu adalah sesuatu yang tidak mudah untuk diperbaiki. Sebagian besar waktu Anda perlu mengganti kamera sama sekali. Dalam kasus lain, kelembapan di dalam lensa kamera (atau di luar) dapat merusak gambar dan menurunkan kualitas umpan kamera.

Dalam artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa cara dasar cara menghilangkan kelembapan dari kamera dan cara meningkatkan perlindungan kamera.

Bersihkan kelembaban dengan selembar kain mikrofiber

Untuk menghilangkan kelembapan dari kamera keamanan, pada dasarnya Anda dapat menyeka penutup kaca eksternal (bukan titik fokus) dengan bahan serat mikro, yang tidak akan meninggalkan noda air. Bersihkan saja kacanya, bukan sensor kameranya (di dalam kamera). Jika Anda ingin menghapus sensor kamera, pastikan untuk tidak merusaknya atau meninggalkan sidik jari. Residu apapun dapat mempengaruhi kualitas gambar.

Baca Juga : Perbedaan RAID 0, RAID 1, RAID 5, RAID 6, dan RAID 10

Metode lain untuk menghilangkan atau mengeringkan kelembaban di dalam kamera keamanan adalah dengan menggunakan pengering rambut untuk menghangatkan dan mengeringkan air. Jauhkan pengering rambut pada jarak yang aman dari kamera dan hindari melelehkan plastik (rasakan dengan jari Anda).

Anda dapat menyeka lensa dengan kain saat pengering meniupkan udara hangat. Beberapa menit kemudian dan kelembapan apa pun akan hilang.

Semprotan anti-kabut pada kaca

Jika masalah kelembaban terjadi terus menerus di kamera Anda, maka Anda dapat menerapkan lapisan semprotan anti-kabut pada penutup kaca kamera. Semprotan ini akan melindungi kamera dari menciptakan kelembapan di kacanya.

Sebaiknya gunakan semprotan ini jika kamera Anda dipasang di lokasi dengan kelembapan tinggi atau musim hujan yang panjang. Jauhkan nosel semprotan dari kejauhan dan oleskan lapisan dalam gerakan lambat ke seluruh penutup.

Cara Menghilangkan Embun Atau Kelembaban Pada CCTV Hikvision
Cara Menghilangkan Embun Atau Kelembaban Pada CCTV Hikvision

Gunakan silica-gel

Selain itu, Anda dapat menggunakan paket gel silika di dalam rumah kamera. Bahan pengering ini akan menyerap kelembapan dari udara dan menjaga kamera tetap bebas kelembapan. Ukurannya relatif kecil dan dapat dengan mudah masuk ke ruang sempit.

Biasanya, sebagian besar kamera yang lebih baru datang secara default dengan gel silika yang ditempatkan dekat dengan motherboard. Jika tidak, Anda dapat membelinya secara online dan menempatkannya di dalam bodi kamera. Anda dapat memasang sebanyak yang Anda mau, semakin banyak – semakin kering udaranya.

Masih ada embun di dalam kamera CCTV ?

Jika penumpukan kelembapan sudah ada di kamera keamanan, Anda mungkin perlu mencopot pemasangan kamera dan membukanya untuk pemeriksaan cepat. Periksa apakah itu hanya kelembapan atau air (atau residu air).

Anda dapat menggunakan kain serat kecil atau pengering rambut untuk menghilangkan kelembapan. Perhatikan sensor gambar dan pastikan sangat bersih, Residu apa pun, spesifikasi debu, atau sidik jari dapat mengganggu kualitas gambar kamera. Cahaya mungkin memantul dari ketidaksempurnaan ini dan menghilangkan gambar.

Setelah pembersihan selesai, tutup penutup kamera dengan hati-hati dan pastikan tertutup rapat. Kamera ini memiliki cincin karet yang perlu ditempatkan dengan benar di antara bodi kamera dan penutupnya. Biasanya, ada alur di mana cincin karet ini masuk. Ini adalah langkah yang sangat penting yang harus dilakukan dengan presisi. Kemudian pasang kamera di tempatnya.

Selain itu, penting untuk membuat sambungan kabel tahan air. Cukup sering air masuk ke kamera melalui konektor RJ45. Pastikan Anda menggunakan konektor tahan cuaca, gunakan insulator di sekitar konektor untuk meningkatkan perlindungan.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.