Inilah 5 Mikrofon Terbaik Untuk Live Streaming




Inilah 5 Mikrofon Terbaik Untuk Live Streaming

Inilah 5 Mikrofon Terbaik Untuk Live Streaming. Apapun konten streaming anda, tentunya mikrofon berkualitas akan membuat konten anda sangat berbeda. Walaupun mikrofon pada smartphone, laptop, dan webcam telah mengalami peningkatan kualitas seiring dengan berjalannya waktu, namun demikian masih belum dapat menandingi kualitas standalone mic.

Dengan tuntuan live streaming dan juga bekerja dari rumah yang semakin padat dengan adanya PPKM ini maka secara tidak langsung membuat tuntutan akan kualitas suara yang lebih jernih menjadi semakin meningkat pula. Inilah 6 Mikrofon yang saya rekomendasikan untuk live streaming berdasarkan kualitas suara, fitur, desain, aksesbilitas, dan biayanya.

1. Blue Yeti

Blue Yeti merupakan rekomendasi kuat untuk mikrofon selama beberapa tahun kebelakang. Entah apapun konten anda dari mulai game hingga podcast, Blue Yeti dapat memberikan kualitas suara yang bagus.

Dengan desain konstruksi logam yang kokoh, pengaturan sederhana, suara yang bagus, dan fungsi penting lainnya seperti gain, mute, dan headphone monitoring, Blue Yeti mempunyai cara yang pasti untuk meningkatkan kualitas audio anda.

Blue Yeti
Blue Yeti

Spesifikasi :

Tipe Mikrofon : Condenser

Pola Kutub : Cardioid, Bidirectional, Omnidirectional, Stereo

Tipe Koneksi : USB

Kelebihan :

  • Suara yang bagus dalam beberapa konteks siaran
  • Konstruksi logam yang padat
  • Mudah untuk digunakan, dilengkapi dengan panggilan fisik

Kekurangan :

  • Dimensi yang cukup besar dan cukup berat

2. HyperX SoloCast Microphone

Bagi anda yang mempunyai anggaran terbatas dan tetap menginginkan kualitas mikrofon yang jernih, maka HyperX Solocast adalah solusinya.

Mikrofon ini memiliki desain yang simpel, dan mempunyai kualitas yang bagus juga masih dalam rentang harga yang terjangkau.

Meskipun fitur-fiturnya cukup terbatas, namun Hyperx Solocast masih mempunyai fitur sensor tap-to-mute yang disinkronkan dengan lampu LED yang menghadap ke depan sehingga mikrofon ini layak untuk dijadikan pilihan oleh sebagian streamer.

HyperX SoloCast
HyperX SoloCast

Spesifikasi Kunci :

Tipe Mikrofon : Condenser

Pola Kutub : Cardioid

Tipe Konektivitas : USB

Kelebihan :

  • Desain Portabel
  • Suara yang sangat bagus untuk harga yang terjangkau. Value for money

Kekurangan :

  • Fitur yang terbatas

Baca Juga : Cara Mengetahui Whatsapp Anda Disadap

3. HyperX Quadcast S

Berbeda dengan mikrofon-mikrofon yang sebelumnya sudah disebutkan, HyperX Quadcast S memiliki desain lampu RGB yang terlihat cukup mencolok. Lampu RGB tersebut juga bisa disesuaikan warnanya tergantung dengan keinginan streamer. Dengan adanya lampu tersebut tentunya akan menjadikan streaming anda menjadi semakin menarik.

HyperX Quadcast S
HyperX Quadcast S

Dari segi fitur mikrofon itu sendiri, HyperX Quadcast S sudah dilengkapi dengan respon frekuensi full-range, tombol mute, empat pola kutub, built-in shockmount, dan pop filter. Dengan kombinasi perangkat lunak HyperX, mikrofon ini tentunya menjadi favorit para gamers.

Spesifikasi Kunci :

Tipe Mikrofon : Condenser

Pola Kutub : Cardioid, Bidirectional, Omnidirectional, Stereo.

Tipe Konektivitas : USB

Kelebihan :

  • Lampu RGB yang menarik dan dapat disesuaikan sendiri
  • Fitur-fitur yang cukup lengkap
  • Dilengkapi dengan bawaan shockmount dan popo filter

Kekurangan :

  • Kualitas suara yang seharusnya bisa lebih bagus untuk mikrofon dengan harga tersebut
  • Segi astetik mungkin tidak cocok bagi sebagian orang

4. Elgato Wave 3

Perangkat lunak memang sebuah bagian proses yang sangat rumit ketika anda menjalankan streaming online yang cukup rumit dengan banyaknya sumber audio. Elgato Wave 3 dapat memberikan solusi bagi anda jika memang anda mencari cara yang mudah untuk mengelola live streaming anda yang semakin kompleks.

Mikrofon ini memiliki bentuk yang solid dengan tombol volume fisik, gain, dan kontrol mute, dan juga software Elgato Wave 3 menjadikan mikrofon ini menjadi menarik. Software wave link-nya sendiri memiliki fungsi sebagai mixer digital sehingga dapat memungkinkan anda untuk menyatukan 8 sumber audio dalam sebuah output anda.

Elgato Wave 3
Elgato Wave 3

Spesifikasi Kunci :

Tipe Mikrofon : Condenser

Pola Kutub : Cardioid

Tipe Konektivitas : USB

Kelebihan :

  • Software Wave Link yang sangat bagus
  • Mampu menghasilkan kualitas audio yang jernih dan tajam dengan sample rate diatas rata-rata

Kekurangan :

  • Hanya memiliki satu pola kutub
  • Memiliki fungsi yang cukup terbatas

5. Shure SM7B

Well, jika anda mencari best of the best dari daftar mikrofon terbaik di artikel ini, maka Shure SM7B adalah jawabannya. Mikrofon ini telah dipakai oleh pembawa acara di radio, selebritis, musisi, dan brand-brand ternama. Mikrofon ini mempunyai kualitas suara yang bagus dan sekaligus merupakan mikrofon dengan kualitas suara terbaik dalam daftar mikrofon terbaik di artikel ini.

Tidak seperti mikrofon-mikrofon yang sudah disebutkan sebelumnya, Shure SMB7 hampir tidak ada kontrol built-in dan tombol-tombol lain seperti mikrofon sebelumnya. Hal ini dikarenakan memang target pasar Shure SMB7 adalah para profesional yang sudah memiliki kontrol audio mixer tersendiri dan perangkat lunak audio yang mampu melakukan mixing jauh lebih baik daripada tombol-tombol yang disediakan dalam sebuah mikrofon.

Shure SMB7
Shure SMB7

Jika anda adalah seorang streamer atau podcaster dengan pengetahuan audio yang cukum mumpuni, maka mikrofon Shure SM7B ini dapat membawa kualitas streaming atau podcast anda ke level yang lebih tinggi.

Spesifikasi Kunci :

Tipe Mikrofon : Dinamis

Pola Kutub : Cardioid

Tipe Konektivitas : XLR

Kelebihan :

  • Kualitas form factor build yang sangat baik
  • Hasil kualitas suara yang luar biasa
  • Pola kutub yang ketat ditambah dengan pop filter sehingga dapat mengurangi background noise

Kekurangan :

  • Mahal
  • Tidak untuk pemula
  • Tidak mempunyai mic stand

Baca Juga : Pemilik Telegram Sindir Apple




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.