Solusi Lampu LOS Indiehome Menyala




Indiehome LOS Menyala Merah
Indiehome LOS Menyala Merah

Solusi Lampu LOS Indiehome Menyala

Solusi Lampu LOS Indiehome Menyala. Dalam masa pandemi seperti sekarang ini dimana tuntutan pekerjaan dan kegiatan belajar mengajar anak-anak dilakukan dalam mode daring atau online tentunya membutuhkan kualitas wifi atau jaringan internet yang dapat diandalkan kestabilannya.

Namun demikian tak jarang terjadi ketika sedang asyik dalam bekerja dan anak-anak sedang serius menyimak pelajaran gurunya melalui aplikasi video call zoom, google meet, atau whatsapp, tiba tiba koneksi internet terputus dan lampu LOS pada modem Indiehome menyala berwarna merah.

Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi sebagai penyebab lampu LOS Indiehome ini menyala merah. Diantaranya adalah proses maintenance yang sedang dilakukan oleh Telkom, terputusnya kabel fiber optic yang menuju ke modem rumah anda, atau bahkan adanya gangguan pada ODP Indiehome yang biasanya terletak pada tiang indiehome.

Baca Juga : Cara Flush DNS Otomatis di Mikrotik

Nah, kita bisa melakukan beberapa identifikasi awal untuk kejadian tersebut sebelum melaporkan gangguan ke pihak telkom. Berikut ini adalah beberapa cara identifikasi dan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut :

Indiehome LOS
Indiehome LOS

1. Restart / Reboot Modem Indiehome Anda

Hal paling mendasar yang bisa dilakukan untuk mencoba mengatasi gangguan tersebut adalah dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali modem indiehome anda. Cara untuk mematikannya bisa dengan menekan tombol power (biasanya berwarna merah) pada modem indiehome anda atau bisa juga dengan mencabut dan menancapkan kembali kabel power modem indiehome anda.

2. Coba Bertanya Pada Tetangga

Biasanya dalam sebuah wilayah RT atau RW ada beberapa rumah yang juga berlangganan indiehome. Silahkan untuk mencoba bertanya kepada tetangga anda yang sama-sama berlangganan indiehome, apakah koneksi internet indiehome mereka bermasalah atau tidak.

Jika koneksi internet indiehome tetangga anda juga bermasalah, maka bisa dipastikan ada gangguan yang berimbas pada wilayah rumah anda. Namun, jika tetangga anda tidak bermasalah terhadap koneksi internet indiehomenya, maka bisa jadi kendala hanya ada pada kabel fiber optic yang menuju rumah anda.

3. Cabut dan Pasang Kabel

Hal mendasar lainnya yang dapat dicoba untuk dilakukan dalam mengatasi permasalah sinyal LOS merah indiehome ini adalah dengan cara mencabut dan memasang kembali kabel patch cord atau kabel FO pada modem indiehome anda.

Baca Juga : Cara Blokir IP Address Dengan Mikrotik

Untuk melakukannya, pastikan anda tetap membiarkan modem indiehome anda dalam keadaan menyala. Kemudian cabut kabel patch cord (biasanya kabel berwarna kuning dengan ujung warna biru yang menuju ke modem anda) dan pasang kembali kabel tersebut. Tunggu selama beberapa detik. Jika sinyal LOS masih menyala berwarna merah berarti kita harus meminta bantuan CS dan Teknisi indiehome.

4. Lapor Customer Service Indiehome

Jika beberapa cara tersebut diatas sudah dilakukan namun koneksi internet anda masih saja terputus, bisa jadi permasalahan ada pada putusnya kabel FO yang menuju modem indiehome anda atau bisa juga dengan adanya gangguan pada ODP Indiehome yang biasanya terletak diatas tiang yang ada di pinggir-pinggir jalan.

Untuk itu sebaiknya segera melapor pada customer service agar bisa segera ditindaklanjuti oleh teknisi Indiehom. Pelaporan gangguan koneksi internet indiehome melalui Customer Service Indiehome bisa melalui beberapa cara yaitu :




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.