Cara Mengetahui Whatsapp Disadap




Whatsapp
Whatsapp
Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Cara Mengetahui Whatsapp Disadap. Sebelumnya, yang harus kita sadari di era teknologi yang sangat berkembang dengan cepat seperti sekarang ini privasi adalah hal yang sangat fana. Jika kita mempunyai akun dan rajin posting di media sosial tentang kehidupan pribadi maka secara tidak langsung kita telah membuka privasi kita kepada dunia luar. Bahkan dengan kita memakai ponsel pintar, google dapat melacak keberadaan dan pergerakan kita melalui google timeline di google map.

Nah balik lagi kepada urusan sadap-menyadap yang memang tidak sedap ini. Penyadapan seyogyanya memang hanya bisa dan boleh dilakukan oleh aparat penegak hukum dengan tujuan untuk mengantisipasi sebuah kejahatan. Baik itu terorisme, korupsi, dan kejahatan-kejahatan yang lain. Namun demikian ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab bisa memanfaatkan sebuah celah dalam aplikasi maupun dengan menggunakan metode Social Engineering sehingga dapat mengelabui korban untuk mendapatkan informasi-informasi yang dibutuhkan untuk melakukan sebuah kejahatan.

Pada aplikasi Whatsapp sendiri ada sebuah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penyadap yaitu adalah fitur Whatsapp Web. Dimanakah letak fitur tersebut? Whatsapp Web dapat ditemukan jika kita membuka aplikasi Whatsapp kemudian klik pada titik tiga di pojok kanan atas aplikasi Whatsapp tersebut. Setelah itu akan muncul beberapa menu pilihan yaitu “New Group, New Broadcast, Whatsapp Web, Starred messages, dan Settings”. Silahkan pilih Whatsapp Web.

Whatsapp Web

Setelah memilih menu tersebut maka akan muncul daftar perangkat yang login dengan akun aplikasi Whatsapp anda.

Daftar Perangkat

Silahkan cermati pada daftar perangkat yang telah login dengan menggunakan akun aplikasi whatsapp anda. Jika ada perangkat yang tidak anda kenali, sebaiknya segera untuk mencabut akses perangkat tersebut agar akun whatsapp anda logout atau keluar dari perangkat tersebut. Untuk mencabut akses perangkat, dapat dilakukan dengan klik perangkat yang ada pada daftar Device Status seperti gambar diatas maka akan muncul konfirmasi dan segera klik logout atau keluar seperti gambar dibawah ini.

Logout Whatsapp Web

Dengan demikian, maka perangkat yang telah dicabut aksesnya tidak dapat mengakses pesan-pesan yang ada dalam akun whatsapp kita.

Selain melakukan pengecekan pada fitur Whatsapp Web, sebaiknya gunakan juga autentifikasi dua arah atau 2FA Authentication sehingga keamanan akun Whatsapp kita menjadi lebih terjamin. Jangan lupa bahwa kode OTP SMS adalah kode yang bersifat pribadi yang hanya boleh diketahui oleh anda dan Tuhan. Bahkan pacar atau istri/suami pun sebaiknya tidak anda berikan kode OTP yang biasanya dikirim melalui SMS. Hal ini berdasarkan banyak pengalaman maupun kasus bahwa ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab mengaku sebagai orang terdekat kita demi memperoleh akses ke aplikasi Whatsapp kita.

Memang, keamanan tidak selalu berbanding lurus dengan kenyamanan. Tapi percayalah, mencegah lebih baik daripada mengobati.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.