Cara Efektif Melatih Anak Berbicara

Cara efektif melatih anak berbicara
Cara efektif melatih anak berbicara
Cara Efektif Melatih Anak Berbicara

Cara efektif melatih anak berbicara, sebagai orang tua tentunya sangat bahagia dalam melihat pertumbuhan anak sesuai dengan usianya. Setiap orangtua umumnya tidak ingin terlewat dalam mengamati segala perkembengan anak, utamanya saat anak berhasil melakukan beberapa hal untuk waktu pertama kalinya. Tidak terkecuali ketika anak dapat berbicara untuk pertama kalinya.

Sebuah hal yang wajar jika orang tua memiliki kekhawatiran ketika tumbuh kembang anak tidak sesuai dengan usia atau teman-teman sebayanya termasuk kosakata bicaranya yang masih sedikit dibanding dengan teman-teman seusianya.

Berikut ini adalah tips cara efektif melatih anak berbicara :

1. Membacakan Buku Cerita

Salah satu cara yang cukup efektif melatih anak berbicara adalah orang tua dapat merangsangnya dengan membacakan buku cerita. Menggunakan media buku cerita kepada anak yang berupa buku bergambar dari pada kata-kata, hal tersebut dapat membuat anak lebih tertarik. Kosakata akan bertambah seiring anak menyimak cerita yang diceritakan oleh orangtuanya. Selain menambah kosakata anak, sering membacakan buku cerita harapannya dapat memperkenalkan buku kepada anak sejak dini dan dapat memupuk kecintaan anak terhadap buku.

2. Mengajak Anak Mengobrol

Biasakan mengajak anak mengobrol walaupun anak belum dapat berbicara. Cara ini merupakan cara mudah dan alami untuk dapat dilakukan agar anak lebih cepat berbicara. Orang tua bisa mengobrolkan dan menceritakan berbagai hal kepada anak. Hindari pertanyaan ya atau tidak jika bertanya kepada anak dan lebih gunakan pertanyaan-pertanyaan terbuka sehingga anak dapat menjawab dengan lebih banyak. Pertanyaan terbuka dapat membuat anak bercerita dan lebih berusaha mencari kosakata yang lebih banyak untuk menceritakan jawabannya.

3. Menanyakan Berbagai Hal Pada Anak

Sebagian besar anak akan berbicara jika anak tersebut ditanya. Untuk itu, sebagai orang tua sangat diperlukan menjadi orang tua yang cerewet dan menanyakan berbagai hal sehingga anak dapat menceritakan hal-hal yang ditanyakan oleh orang tuanya. Contohnya adalah dengan menunjuk berbagai benda dan menanyakan namanya hingga fungsinya. Selain anak dapat berkenalan dengan nama benda di sekelilingnya, anak menjadi tahu fungis benda-benda di sekelilingnya tersebut.

Baca Juga: Tips Komunikasi Efektif Dengan Anak
4. Ajak Anak Untuk Menari dan Menyanyi

Anak-anak biasanya akan tertarik dengan hal-hal yang sumringah dan ceria. Menari dan menyanyi umumnya sangat disukai oleh anak-anak. Memainkan musik dan mengajak anak menyanyi merupakan sebuah upaya untuk melatih kosakata pada anak.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.