Seberapa Penting Penggantian Air Kolam Ikan Koi




Ikan Koi
Ikan Koi

Seberapa Penting Penggantian Air Kolam Ikan Koi

Seberapa Penting Penggantian Air Kolam Ikan Koi ? Banyak sekali diskusi dan pendapat tentang pentingnya dan seberapa sering dalam mengganti air pada kolam ikan koi. Kembali lagi pada tujuan utama dari penggantian air tersebut, tujuan apa yang anda akan capai dalam penggantian air kolam ikan koi.

Bagi anda yang memiliki tujuan untuk kesehatan ikan, alih-alih hanya menbumbuhkan ikan koi besar, maka anda dapat menerapkan sistem penetesan dalam tangki yang dapat mengganti 10% air di setiap minggunya. Cuci filter secara rutin dan teratur pada tangki yang lain sehingga anda tidak perlu sering-sering mengganti air pada tangki yang lain.

Baca Juga : Macam Jenis dan Nama Ikan Koi

Beberapa eksperimen yang dilakukan dengan metode tersebut dalam rentang waktu 1 tahun dapat menghasilkan ikan koi yang tumbuh lebih cepat, dan yang paling utama adalah ikan koi tampak lebih sehat juga air kolam menjadi terlihat lebih jernih.

Lebih jelasnya adalah bahwa perubahan air secara teratur tidak hanya penting untuk pertumbuhan, tetapi juga kesehatan koi. Anda harus memutuskan apa yang ingin Anda capai dengan ikan koi Anda. Jika Anda ingin memelihara koi Anda dan menjaganya tetap sehat, Anda harus mempertimbangkan untuk melakukan setidaknya 10% hingga 20% penggantian air setiap minggu jika memungkinkan.

Jika tujuan Anda adalah untuk membesarkan koi Anda secara maksimal, baik dalam warna maupun ukurannya, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk melakukan perubahan air yang lebih substansial. Tampaknya ada korelasi langsung antara kesehatan dan pertumbuhan koi, dan berapa banyak air yang diganti setiap minggu.

Seberapa Banyak Air Yang Perlu Diganti ?

Sebagian besar orang melakukan penggantian air kolam ikan koi dalam jumlah yang besar dalam satu waktu. Bahkan pergantian air tersebut mencapai hingga 70% dari total air kolam. Logika yang perlu dipahami adalah semakin banyak air yang anda ganti sekaligus, maka semakin banyak pula air kolam yang lama yang anda ganti.

Baca Juga : Manfaat Garam Untuk Ikan Koi

Ketika Anda mengganti jumlah yang lebih kecil secara teratur, Anda akhirnya mengganti beberapa air baru yang baru saja Anda tambahkan bersama dengan air lama. Pergantian air dalam jumlah besar mungkin merupakan cara yang lebih efisien untuk mengganti air kolam ikan koi, tetapi penggantian air dalam jumlah yang besar sekaligus dapat membuat ikan koi menjadi stres.

Perlu diketahui juga bahwa ikan Koi tidak menyukai perubahan signifikan pada lingkungannya, seperti suhu air, ph, alkalinitas, atau salinitas.

Jadi, lebih baik mengganti air kolam ikan koi secara bertahap sedikit demi sedikit agar koi tidak gampang stres.




1 Trackback / Pingback

  1. Fakta Menarik Tentang Ikan Koi - Takur Singh Page

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.