Cara Menambahkan Tanda Tangan Digital di MS Word
Cara Menambahkan Tanda Tangan Digital di MS Word. Pada era digital dan masih adanya pandemi seperti sekarang ini, kebutuhan akan pekerjaan lebih banyak dilakukan secara daring. Ada beberapa hal pekerjaan yang bisa langsung ditindaklanjuti cukup dengan email atau aplikasi pengirim pesan seperti WhatsApp dan Telegram, namun tak jarang juga ada beberapa dokumen yang perlu ditandatangani sebagai bentuk persetujuan.
Biasanya dokumen tersebut dikirimkan melalui email atau aplikasi messenger. Anda bisa saja mendonwload dokumen tersebut, mencetaknya, menuliskan tanda tangan anda, memindai dokumen itu, dan mengirimkannya kembali. Namun tentu saja cara tersebut sangat panjang dan merepotkan. Ada cara yang lebih cepat seperti cara dibawah ini agar anda tidak perlu serepot itu.
Hal yang perlu diketahui adalah tanda tangan elektronik dan tanda tangan digital adalah dua hal yang berbeda.
Baca Juga : Menggunakan Powerpoint Sebagai Background Zoom
Tanda tangan elektronik adalah sebuah gambar (biasanya berformat jpeg,png,jpg) tanda tangan Anda yang anda tambahkan dalam dokumen word tersebut. Sedangkan tanda tangan digital adalah bentuk otentifikasi elektronik yang terenkripsi pada sebuah dokumen yang dapat memverifikasi bahwa anda telah melihat dan mengesahkan dokumen tersebut.
Nah kita akan coba membahas penambahan tanda tangan elektronik terlebih dahulu. Cara untuk menambahkannya dalam dokumen MS Word adalah sebagai berikut :
- Siapkan dokumen berupa gambar (biasanya berformat jpeg, png, jpg) tanda tangan anda.
- Jika belum ada, silahkan menuliskan tanda tangan anda pada selembar kertas dan scan kertas tersebut. Lalu simpan file gambar tanda tangan anda.
- Buka MS Word dan pilih menu Insert
- Kemudian pilih Pictures > Picture from File
- Cari dimana anda menyimpan file tanda tangan anda, dan klik Insert
- Lalu pilih Picture Format Tab dan pilih Crop untuk menyesuaikan ukuran gambar tanda tangan anda
- Klik kanan pada gambar tersebut dan pilih Save as Picture.
Cukup mudah bukan? nah sekarang mari ke bagian selanjutnya yaitu tentang penambahan tanda tangan digital.
- Buatlah signature line terlebih dahulu dengan cara pilih Insert > Signature Line > Microsoft Office Signature Line
- Tuliskan informasi detail yang akan anda tampilkan pada dokument tersebut
- Centanglah pilihan Allow the signer to add comments in the Sign dialog dan Show sign date in signature line. Hal ini bertujuan agar anda dapat menambahkan tujuan anda dalam menandatangani dokumen itu dan juga menambahkan tanggal dalam dokumen yang ditandatangani.
- Kemudian Klik Kanan pada Signature Line dan pilih Sign
- Dapatkan Digital ID yang memungkinkan Anda menambahkan versi teks atau gambar dari tanda tangan Anda di dalam kotak.
Baca Juga : Fitur Baru Pada iOS 15
Selain cara diatas, anda juga dapat menambahkan tanda tangan dengan aplikasi third-party yaitu DocuSign. DocuSign ini merupakan add in pada MS Word. Anda bisa menginstall terlebih dahulu add in DocuSign tersebut.
[…] BACA JUGA : CARA MENAMBAHKAN TANDA TANGAN DIGITAL DI MICROSOFT WORD […]