Inilah Beberapa Mitos Tentang Dunia Kripto




Bitcoin
Bitcoin

Inilah Beberapa Mitos Tentang Dunia Kripto

Inilah Beberapa Mitos Tentang Dunia Kripto. Cryptocurrency tengah menjadi topik hangat untuk didiskusikan dalam hal investasi dan pembangunan aset. Tetapi semua ini telah membawa rumor dan mitos yang tak terhitung jumlahnya sehingga sangat berpotensi memanipulasi perspektif orang tentang cryptocurrency.

Mengetahui kebenaran adalah hal yang sangat penting jika Anda ingin membuat keputusan berdasarkan informasi yang melibatkan aset kripto dan investasi moneter. Berikut adalah beberapa mitos tentang cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum yang sama sekali tidak benar!

Kripto Itu Tidak Aman

Banyak orang mempertanyakan tentang kemanan transaksi kripto, hal tersebut memang dapat dimaklumi mengingat tidak ada organisasi atau otoritas yang dapat dihubungi jika terjadi penipuan. Tetapi kenyataannya, transaksi cryptocurrency lebih aman daripada catatan mata uang fiat.

Baca Juga : Cara Membeli Bitcoin Dengan Rupiah

Dalam sistem terpusat, organisasi seperti bank menyimpan catatan transaksi dalam satu buku besar. Jika seorang hacker menyerang jaringan pusat, mereka dapat mengutak-atik setiap transaksi. Namun, dalam kasus cryptocurrency seperti bitcoin, catatan disimpan dalam bentuk blok di buku besar pusat yang dikenal sebagai blockchain.

Meretas blockchain hampir tidak mungkin karena blok tidak dapat diubah, artinya tidak ada yang dapat memodifikasi blok setelah pembuatannya. Selain itu, catatan juga tersedia untuk umum bagi siapa saja yang ingin menjadi bagian dari sebuah jaringan.

Memang, ada beberapa laporan dari berbagai peretasan crypto yang bisa jadi menentang pernyataan ini. Namun, Anda harus paham bahwa insiden tersebut dapat ditelusuri kembali ke kerentanan yang ditemukan di situs pertukaran cryptocurrency, bukan cryptocurrency itu sendiri.

Kripto Itu Ilegal

Sementara banyak yang berdebat tentang mitos ini, orang-orang juga perlu tahu bahwa maksud di balik transaksi tidak seketika membuat mata uang menjadi ilegal. Penjahat juga dapat menggunakan mata uang kertas untuk melakukan kegiatan ilegal.

Anonimitas di balik transaksi blockchain berkontribusi banyak pada mitos ini. Karena transaksi kripto tidak memiliki “sidik jari” yang terkait dengan orang tertentu, pelaku kejahatan semakin tertarik pada mata uang digital ini. Namun bukan berarti tidak ada yang bisa melacaknya kembali menggunakan data transaksi.

Transaksi Blockchain tidak mengandung informasi spesifik, tetapi mereka menyertakan alamat dompet pengguna, yang selanjutnya dapat dikaitkan dengan identitas dunia nyata.

Aset Kripto Itu Tidak Berharga

Dalam jangka waktu yang lama, pemerintah di seluruh dunia telah membahas aturan pajak penghasilan untuk aset digital seperti cryptocurrency. Ini adalah bukti bahwa bahkan pemerintah menganggap keuntungan yang terkait dengan investasi cryptocurrency cukup nyata untuk dikenakan pajak.

Sebelum pengenalan uang kertas, mata uang representatif adalah norma. Mata uang ini secara langsung terkait dengan komoditas fisik seperti emas dan perak. Seperti uang perwakilan, cryptocurrency juga didukung oleh biaya produksi unit baru.

Kita ambil contoh Bitcoin, misalnya. Penambangan Bitcoin adalah proses yang bertanggung jawab untuk pembuatan bitcoin baru. Dibutuhkan banyak energi untuk menambang bitcoin karena penambang harus menjalankan sistem mereka selama 24 jam dalam satu minggu. Saat penambang baru bergabung dengan jaringan, konsumsi energi total meningkat, dan pada gilirannya, harga bitcoin naik (tetapi juga bisa turun!).

Nilai moneter mata uang kripto yang terus meningkat sudah cukup untuk menyanggah mitos ini.

Aset Kripto Dapat Membuat Anda Kaya Mendadak

Anda mungkin pernah melihat iklan dan “guru” keuangan palsu di internet yang mengiklankan produk mereka dengan memberikan skema “cepat kaya” kepada orang awam.

Orang-orang cenderung mempercayai penipuan semacam itu tanpa mempertimbangkan risiko yang terkait dengan cryptocurrency. Karena Anda jelas tidak perlu mempercayai orang asing dengan uang hasil jerih payah Anda, jangan biarkan seseorang menangani aset digital Anda untuk Anda dalam hal berinvestasi, kecuali jika mereka seorang profesional yang sudah sangat kredibel.

Cryptocurrency juga sangat fluktuatif. Nilai satu bitcoin pada saat penulisan ini adalah sekitar 45 ribu dollar, silahkan lihat saja grafik untuk aset kripto tersebut. Ada kalanya nilai aset kripto tersebut harganya turun bahkan bisa saja turun sampai 50% lebih. So, seperti pepatah bilang “don’t invest money you affraid to lose”.

Cryptocurrency Merupakan Sebuah Penipuan

Penipuan seputar cryptocurrency memang berlangsung dengan cepat. Tapi itu tidak berarti bahwa cryptocurrency adalah “penipuan.” Penting bagi Anda untuk membiasakan diri dengan teknologi di balik cryptocurrency dan cara kerjanya sebelum berinvestasi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, cryptocurrency lebih fluktuatif daripada opsi investasi lainnya. Tetapi jika Anda sudah cukup memikirkan dan telah menganalisis implikasinya secara menyeluruh, Anda akan dapat memaksimalkan keuntungan Anda dan mengalami kerugian minimum. Sebaliknya, seseorang yang tidak menginvestasikan waktu dan usaha mereka dalam penelitian akan menghadapi puncak dan palung tak terduga dari grafik harga.

Cryptocurrency Akan Menggantikan Mata Uang Fiat

Banyak orang berpikir cryptocurrency tidak aman, dan hanya peretas yang menggunakannya untuk tujuan terlarang, sementara yang lain percaya bahwa cryptocurrency cukup stabil untuk menggantikan mata uang kertas seperti dolar.

Beberapa bulan yang lalu, CEO Tesla Elon Musk mentweet bahwa orang sekarang dapat membeli mobil Tesla menggunakan bitcoin. Meskipun ini merupakan indikasi yang jelas dari penerimaan orang-orang terhadap cryptocurrency untuk transaksi yang sangat serius, namun demikian wacana bahwa Bitcoin menggantikan mata uang fiat masih merupakan mimpi dan masih sangat jauh realitanya bagi para penggemar kripto.

Di dunia saat ini, di mana semuanya terjadi secara digital, cryptocurrency jelas merupakan langkah maju dalam era saat ini. Sayangnya masih banyak orang kesulitan memahami aset kripto, dan untuk itulah mereka perlu didorong untuk memahami cryptocurrency.

Siapa pun yang sangat mengetahui cara kerja cryptocurrency dan penambangan dapat mulai berinvestasi dalam aset kripto. Tapi pertama-tama, tentukan selera risiko Anda sambil mengingat risiko yang bisa saja terjadi. Anda juga dihadapkan pada pilihan apakah Anda ingin menambang cryptocurrency sendiri atau membelinya menggunakan platform pertukaran cryptocurrency.

Well, apakah Anda sudah punya aset kripto ?




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.