Contoh Soal TWK CPNS 2021




Belajar Contoh Soal
Belajar Contoh Soal

Contoh Soal TWK CPNS 2021

Contoh Soal TWK CPNS 2021. Tes TWK ini biasanya selain digunakan untuk tes CPNS juga digunakan dalam tes PPPK. Pada artikel sebelumnya telah dibahas contoh soal TWK dan juga pembahasan dari soal-soal tersebut yang dapat dilihat pada artikel berikut ini :

Contoh SOAL TWK 1

CONTOH SOAL TWK 2

Mari kita lanjutkan contoh soal TWK CPNS 2021 dibawah ini

Contoh Soal 1

Di  antara  negara-negara  berikut  ini,  yang  menerapkan  sistem  pemerintahan  referendum adalah  … 

A.  Swiss 

B.  Inggris 

C.  Italia 

D.  Belanda 

E.  Belgia

Jawaban : A

Pembahasan Contoh Soal 1

Swiss  menganut  sistem  pemerintahan  referendum  (parlementer  dan  presidensil)  yang berarti  diketuai  oleh  presiden  dan  parlemen.  Referendum  berasal  dari  kata  refer (mengembalikan)  yang  berarti  pelaksanaan  pemerintahan  dikembalikan  /  diawasi  oleh masyarakatnya.  Di  Swiss,  parlemen  sepenuhnya  mengatur  pemerintahan  dalam  negara, dan  mereka  selalu  berusaha  mencapai  keseimbangan  dinamika  di  antara  badan  legislatif dan  eksekutif.  Ada  dua  jenis  referendum  yang  diterapkan  di  Negara  Swiss,  yaitu  facultative referendum  dan  obligatory  referendum. 

Facultative  referendum  adalah  ketika  Jika  penduduk menolak  suatu  hukum,  mereka  harus  bisa  mendapatkan  50.000  tanda  tangan  yang  tidak menyetujui  hukum  tersebut  dalam  waktu  100  hari.  Jika  sudah  didapati  demikian,  maka  akan diadakan  suatu  pemilihan  nasional  untuk  menentukan  apakah  para  penduduk  lainnya  juga menyetujui  atau  menolak  hukum  tersebut.  Ini  adalah  tipe  referendum  yang  sering digunakan.  Obligatory  referendum  adalah  suatu  kewenangan  untuk  penduduk  agar  dapat membuat  suatu  amandemen  konstitusi  apabila  mereka  mendapatkan  100.000  tanda  tangan yang menyetujuinya  dalam  waktu  18  bulan.

Contoh Soal 2

Sebab utama  pecahnya  Perang Dunia  II  adalah penyerbuan Jerman ke  Polandia pada tahun 1939. Penyerangan  tersebut bertujuan untuk  . . . . 

A.  Mengaplikasikan politik Lebensraum 

B.  Memperoleh bahan baku  untuk industri senjatanya 

C.  Menguasai sumber-sumber mineral 

D.  Menunjukkan keunggulan Jerman dalam militer  dan persenjataan 

E.  Menciptakan wilayah penyanggah antara  Jerman  dan Rusia

Jawaban : A

Pembahasan Contoh Soal 2

Penyerbuan  Jerman  ke  Polandia  tahun  1939  sebagai  pemicu  utama  pecahnya  Perang Dunia  II,  dimana  penyerangan  tersebut  sebagai  aplikasi  politik  Labensraum  yaknik membuktikan  bahwa  kemampuan  kekuatan  milik  militer  Jerman  sudah  kuat  seperti kekuatan di masa  kejayaan Jerman sebelumnya.

Contoh Soal 3

PBB terbentuk pada tanggal … 

A. 21 Oktober 1945 

B. 22 Oktober 1945 

C. 23 Oktober 1945 

D. 24 Oktober 1945 

E. 26 Oktober 1945

Jawaban : D

Pembahasan Contoh Soal 3

Pada tanggal 24 Oktober 1945 piagam  PBB disahkan dan dinyatakan sebagai  lahirnya PBB.

Contoh Soal 4

Perhatikan tokoh-tokoh berikut!

1. Mayjend. Umar Wirahadi Kusuma

2. Brigjend. M. Jusuf

3. Mayjend. Basuki Rahmat

4. Kol. Sarwa Edi Wibowo

5. Brigjend. Amirmachmud

Tiga tokoh yang membawa Supersemar dari Istana Bogor pada malam hari 11 Maret 1966 adalah nomor…

A. 1, 2, dan 3

B. 1, 2, dan 5

C. 2, 3, dan 4

D. 2, 3, dan 5

E. 2, 4, dan 5

Jawaban : D

Baca Juga : Contoh Soal TIU Persamaan Linear

Pembahasan Contoh Soal 4

Mayjend. Soeharto mengutus 3 orang perwira tinggi (AD) ke Bogor untuk menemui Presiden Soekarno di Istana Bogor, yakni Brigjend. M. Jusuf, Mayjend. Basuki Rahmat, dan Brigjend. Amirmachmud.

Contoh Soal 5

Secara politik, “Negara Kesatuan” memiliki makna

A. Negara yg meskipun terdiri dari banyak pulau tapi tetap satu jua

B. Negara yang rakyatnya multietnis namun tetap damai dan bersatu

C. Negara yang wewenang legislatif tertingginya dipusatkan dalam satu badan legislatif nasional (pusat)

D. Negara dengan satu presiden sbg pemersatu kekuasaan

E. Negara yg tidak mentolerir adanya gerakan separatisme

Jawaban : C

Pembahasan Contoh Soal 5

Negara kesatuan adalah negara yg wewenang legislatif tertingginya dipusatkan dalam satu badan legislatif nasional (pusat). Kekuasaan terletak pada pemerintah pusat. Meskipun pemerintah pusat berwenang memberikan otonomi kepada pemerintah daetah, namun tahap terakhir kekuasaan tertinggi tetap di tangan pemerintah pusat.

Contoh Soal 6

Preanger Stelsel adalah..

A. Kewajiban membayar pajak

B. Sistem yang mengharuskan menanam kopi bagi rakyat Priangan

C. Penjualan hasil bumi

D. Undang undang tentang kuli

E. Menebang tanaman rempah-rempah milik penduduk

Jawaban : B

Pembahasan Contoh Soal 6

Preanger stelsel adalah sistem yang mengharuskan menanam kopi bagi rakyat di Priangan

Contoh Soal 7 TWK CPNS 2021

Munculnya Pergerakan Nasional Indonesia pada awal abad 20 didorong oleh beberapa faktor, baik dari dalam maupun dari luar. Faktor yang berasal dari luar antara lain..

A. Munculnya golongan terpelajar

B. Kemenangan melawan Cina

C. Kemenangan golongan Islam di India

D. Masuknya paham-paham baru seperti liberalisme dan nasionalisme

E. Kemenangan bangsa Cina dalam perang Candu melawan Inggris

Jawaban : D

Pembahasan Contoh Soal 7 TWK CPNS 2021

Faktor pendorong munculnya pergerakan nasional di Indonesia | faktor Intern dan Ekstern. Berikut penjelasan mengenai faktor Intern dan Ekstern munculnya pergerakan nasional di Indonesia.

Faktor Ekstern

Munculnya kesadaran tentang pentingnya semangat kebangsaan, semangat nasional, perasaan senasib sebagai bangsa terjajah, serta keinginan untuk mendirikan negara berdaulat lepas dari cengkeraman imperialisme di seluruh negara-negara jajahan di Asia, Afrika, dan Amerika latin pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Fase tumbuhnya anti imperialisme berkembang bersamaan dengan atau dipengaruhi oleh lahirnya golongan terpelajar yang memperoleh pengalaman pergaulan internasional serta mendapatkan pemahaman tentang ide-ide baru  dalam kehidupan bernegara yang lahir di Eropa, seperti demokrasi, liberalisme, dan komunisme melalui pendidikan formal dari negara-negara barat.

Paham-paham tersebut pada dasarnya mengajarkan tentang betapa pentingnya persamaan derajat semua warga negara tanpa membedakan warna kulit, asal usul keturunan, dan perbedaan keyakinan agama. Paham tersebut masuk ke Indonesia dan dibawa oleh tokoh-tokoh Belanda yang berpandangan maju, golongan terpelajar Indonesia yang memperoleh pendidikan Barat, serta alim ulama yang menunaikan ibadah haji dan memiliki pergaulan dengan sesama umat muslim seluruh dunia.

Perang dunia I (1914-1919) telah menyadarkan bangsa-bangsa terjajah bahwa negara-negara imperialis telah berperang diantara mereka sendiri. Perang tersebut merupakan perang memperebutkan daerah jajahan. Tokoh-tokoh pergerakan nasional di Asia, Afrika dan Amerika Latin telah menyadari bahwa kini saatnya telah tiba bagi mereka untuk melakukan perlawanan terhadap panjajah yang sudah lelah berperang.

Menculnya rumusan damai mengenai penentuan nasib sendiri (self determination) presiden Amerika Serikat Woodrow Wilson pasca perang dunia I disambut tokoh-tokoh pergerakan nasional Indonesia sebagai pijakan dalam perjuangan mewujudkan kemerdekaan.

Lahirnya komunisme melalui Revolusi Rusia 1917 yang diikuti dengan semangat anti kapitalisme dan imperialisme telah mempengaruhi timbulnya ideologi perlawanan di negara-negara jajahan terhadap imperialisme dan kapitalisme  Barat. Konflik ideologi dunia antara kapitalisme atau imperialisme sosialisme atau komunisme telah memberikan dorongan bagi bangsa-bangsa terjajah untuk melawan kapitalisme atau imperialisme Barat.

Munculnya nasionalisme di Asia dan di negara-negara jajahan lainnya di seluruh dunia telah mengilhami tokoh-tokoh pergerakan nasional untuk melakukan perlawanan terhadap penjajahan Belanda. Kemenangan Jepang atas Rusia 1905 telah memberikat keyakinan bagi tokoh nasionalis Indonesia bahwa bangsa kulit putih Eropa dapat dikalahkan oleh kulit berwarna Asia. Demikian juga, model pergerakan nasional yang dilakukan oleh Mahatma Gandhi di India, Mastapha Kemal Pasha di Turki, serta Dr. Sun Yat Sen di Cina telah memberikan inspirasi bagi kalangan terpelajar nasionalis Indonesia bahwa inperialisme Belanda dapat dilawan melalui organisasi modern dengan cara memajukan ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, dan politik pada bangsa Indonesia terlebih dahulu sebelum memperjuangkan kemerdekaan.

Contoh Soal 8

Salah satu tujuan didirikannya Budi Utomo adalah..

A. Supaya Jawa bebas dari Belanda

B. Supaya STOVIA lebih maju

C. Supaya Belanda membebaskan tawanan politik

D. Supaya keberanian rakyat meningkat

E. Memajukan pengajaran ilmu pengetahuan dan seni budaya Indonesia

Jawaban : E

Pembahasan Contoh Soal 8

Tujuan didirikan budi utomo

1. memajukan pengajaran pendidikan

2. memajukan pengetahuan bidang pertanian, perdagangan serta peternakan daerah sekitar

3. mengenalkan serta memajukan eknik industri pada masyarakat sekitar

4. menghidupkan kembali kebudayaan masyarakat sekitar

Contoh Soal 9

Tujuan didirikannya indische partij adalah..

A. Menginginkan persamaan hak

B. Menginginkan kemerdekaan Indonesia

C. Menginginkan perbaikan di bidang sosial budaya

D. Mennginginkan kerjasama antara Hindia Belanda dengan pribumi

E. Menginginkan perlawanan terhadap kolonial Belanda

Jawaban : A

Contoh Soal 10

IRRI atau International Rice Research   Institute adalah lembaga riset internasional  

yang bertugas meneliti, mengembangkan,   dan menemukan bibit-bibit padi unggul demi   meningkatkan produktivitas padi di dunia.  

Kantor pusat IRRI terletak di  

A. Sukamandi, Cikampek-Indonesia  

B. Taipei di Taiwan  

C. Chiang Mai di Thailand

D. Los Banos di Filipina

E. Kuala Lumpur, Malaysia

Jawaban : D

Pembahasan Contoh Soal 10

Institut Penelitian Padi Internasional (bahasa Inggris: International Rice Research Institute) disingkat IRRI adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang berpusat di Los Baños, Laguna, Filipina.

Contoh Soal 11

Dalam amandemen UUD 1945 terjadi penghapusan lembaga Dewan Pertimbangan Agung (DPA), selanjutnya fungsi penasehat dilaksanakan oleh Dewan Penasehat Presiden yang dibentuk pada masa pemerintahan presiden …. 

A. Susilo Bambang Yudhoyono 

B. Soeharto 

C. Megawati Soekarnoputri 

D. Joko Widodo

E. K. H. Abdurrahman Wahid.

Jawaban : A

Pembahasan Contoh Soal 11

Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) adalah lembaga pemerintah nonstructural Indonesia yang bertugas memberikan nasihat dan pertimbangan kepada presiden. Dewan Pertimbangan Presiden dibentuk pertama kali oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007. Lembaga ini merupakan kelanjutan dari Dewan Pertimbangan Agung yang telah dibubarkan setelah perubahan ke 4 UUD 1945.

Contoh Soal 12

Perang Dunia II di Eropa mulai tanggal 1 September 1939 ditandai dengan …..

a. serbuan Jerman ke wilayah Danzig, Polandia

b. serangan Italia ke wilayah Balkan

c. serbuan Jepang ke pangkalan militel Pearl Harbour

d. serbuan Jerman terhadap Inggris di Jutland

Jawaban : A

Pembahasan Contoh Soal 12

Perang Dunia II mengakibatkan kematian sekitar 55 juta orang di seluruh dunia. Perang ini adalah konflik terbesar dan paling destruktif sepanjang sejarah. Jerman memulai Perang Dunia II dengan menginvasi Polandia pada tanggal 1 September 1939. Inggris dan Prancis meresponsnya dengan menyatakan perang terhadap Jerman. Pasukan Jerman menginvasi Eropa barat pada musim semi tahun 1940. Dengan dukungan dari Jerman, Uni Soviet menduduki negara-negara Baltik pada bulan Juni 1940




2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Contoh Soal Tes TKP Dan Jawabannya - Takur Singh Page
  2. Contoh Soal SKB Farmasi CPNS 30 Soal - Takur Singh Page

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.